Hybrid Cloud: Pengertian, Keunggulan dan Pengunaanya

3 min read

Hybrid Cloud

Apakah sahabat Qwords tahu apa itu hybrid cloud?

Dalam era digital sekarang ini, penggunaan cloud computing telah menjadi semakin penting bagi perusahaan dan organisasi.

Namun, dengan berbagai pilihan layanan cloud seperti hybrid cloud, public cloud dan private cloud, mungkin sulit menentukan mana yang terbaik.

Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian hybrid cloud secara mendalam, kelebihan kekurangan serta rekomendasinya.

Apa Itu Hybrid Cloud?

pengertian hybrid cloud

Hybrid cloud adalah sebuah teknologi yang menggabungkan antara public cloud dan private cloud.

Dari segi teori, ada beberapa tipe kombinasi antara kedua teknologi tersebut.

Namun pada prakteknya, private cloud biasanya berfungsi sebagai infrastruktur primer (utama) untuk menunjang berbagai kebutuhan penting dan rahasia.

Sementara public cloud dimanfaatkan sebagai infrastruktur cadangan atau sekunder yang hanya digunakan ketika diperlukan.

Dari segi pengguna, infrastruktur ini sendiri bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan teknologi informasi (TI) sehari-hari.

Pasalnya, cara kerja terknologi ini sama seperti infrastruktur cloud hosting pada umumnya. 

Baca juga: Mengenal Cloud Security Beserta Contoh Penerapannya

Apa Kelebihan dan Kekurangan Hybrid Cloud?

Kelebihan Hybrid Cloud

keunggulan komputasi hibrida
keunggulan komputasi hibrida

Berikut ini merupakan beberapa keunggulan hybrid cloud yang bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan ketika memilih infrastruktur digital.

1. Fleksibilitas Tinggi

Fleksibilitas menjadi salah satu poin keunggulan dari komputasi hibrida karena perusahaan bisa memilih jenis penyimpanan yang ingin digunakan.

Dengan Hybrid Cloud sahabat Qwords bisa leluasa berganti antara public cloud ke private cloud atau sebaliknya dengan mudah.

Kemampuan komputasi hibrida sendiri tidak hanya karena kemudahan integrasi antara private cloud dan public cloud tapi juga dari segi aksesnya yang sangat mudah.

2. Kendali Kontrol

Untuk kendali kontrol tidak ada yang lebih mudah dibandingkan menggunakan Hybrid Cloud. 

Anda bisa memanfaatkan Hybrid Cloud yang memiliki kontrol ekstra ketika butuh fungsi pengaturan khusus.

User atau perusahaan nantinya akan memiliki kendali control penuh pada data dan aplikasi yang dijalankan.

Hal ini memungkinkan karena pada Hybrid Cloud Anda punya akses untuk mengendalikan sistem private cloud atau public cloud.

3. Biaya Lebih Rendah

Seperti kita ketahui, salah satu kelemahan ketika menggunakan private cloud adalah biayanya yang sangat tinggi ketika digunakan untuk menyimpan data sensitif.

Sementara jika kita menggunakan public cloud biayanya rendah tapi keamanannya kurang terjamin. 

Nah, kehadiran hybrid cloud sendiri mampu menyeimbangkan antara dua pilihan tersebut agar Anda mendapat keseimbangan dari segi budget dan fitur keamanan.

Salah satu strategi yang bisa sahabat Qwords pilih sendiri yakni dengan menyimpan beberapa data sensitif ke private cloud sementara untuk data yang kurang sensitif bisa disimpan di public cloud.

4. Skalabilitas

Ketika bicara soal skalabilitas, saat ini hybrid cloud menjadi pilihan terbaik karena bisa sepenuhnya membagi beban antara private cloud dan public cloud.

Adapun jika kebutuhan resource perusahaan sudah semakin besar, Anda juga bisa meningkatkan kapasitas dengan mudah dari masing-masing sistem.

5. Dukungan Keamanan

Keunggulan berikutnya dari Hybrid Cloud adalah adanya dukungan keamanan yang diberikan. 

Anda tidak perlu khawatir terkait adanya ancaman kegagalan sistem karena semua data sensitif terjaga di private cloud.

Katakanlah sistem hybrid cloud Anda mengalami error di salah satu tipe cloud, maka Anda bisa memanfaatkan cloud lainnya untuk melakukan backup.

6. Penyimpanan

Penggunaan teknologi Hybrid Cloud kedalam bisnis memungkinkan Anda untuk mendapatkan penyimpanan yang efisien.

Hybrid Cloud sendiri menggunakan teknologi yang sudah terintegrasi antara private cloud dan public cloud sehingga kapasitasnya bisa lebih besar.

Kelemahan Hybrid Cloud

Cara Kerja Hybrid Cloud

Jika Anda tahu mobil hybrid, mesin yang digunakan ada dua yaitu mesin konvensional bahan bakar bensin dan mesin tenaga listrik.

Nah ini juga berlaku pada cloud, hybrid cloud merupakan gabungan antara public cloud dan private cloud,

Cara kerja hybrid cloud data dan beban kerja bisa berpindah antar platform cloud dan berbagi data antar cloud.

Jadi, teknologi ini adalah solusi terbaik antara gabungan teknologi private dan public cloud.

Kapan Waktu yang Tepat Menggunakan Hybrid Cloud?

data

Berdasarkan pengalaman kami, teknologi komputasi hibrida cocok digunakan untuk kebutuhan beban kerja dinamis.

Misalnya, perusahaan travel online dengan aplikasi e-commerce yang memiliki potensi peningkatan resource pada momen-momen tertentu.

Contoh kasus lain yakni pada bisnis yang membutuhkan pemrosesan data dalam ukuran besar. 

Karena data yang diolah semakin besar, maka dalam satu titik perusahaan akan butuh dukungan resource lebih besar dari private cloud sekarang.

Implementasi Hybrid Cloud

Sebelum menggunakan teknologi komputasi hibrida, setidaknya ada tiga hal yang sebaiknya dipertimbangkan oleh perusahaan.

  •  Mempersiapkan tools monitoring

Perlu diketahui, saat ini belum ada solusi terbaik yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan pemantauan atau monitoring private cloud dan public cloud secara bersamaan.

Maka dari itu, sahabat Qwords perlu mempersiapkan tools khusus untuk bisa memantau public cloud dan private cloud.

  • Menentukan Aplikasi yang Harus Dipasang

Pertimbangan selanjutnya yang harus dilakukan sebelum melakukan implementasi teknologi hybrid cloud adalah menentukan aplikasi yang harus dipasang.

Anda harus bisa menentukan bagian mana yang harus ada di public cloud dan private cloud.

Nah, hal ini harus diperhatikan karena setiap bisnis memiliki arsitektur berbeda-beda sehingga perlu pendekatan lebih dalam.

  • Sumber Daya Manusia

Masalah sumber daya manusia memang selalu menjadi penghambat utama dalam hal transformasi teknologi.

Jadi, Anda perlu mempersiapkan sumber daya manusia terbaik yang bisa  mengatur infrastruktur cloud computing serta networking.

Baca juga: Pengertian Cloud Storage dan Manfaatnya Dalam Bisnis

Rekomendasi Hybrid Cloud Terbaik

Membangun dan menerapkan teknologi hybrid cloud sejatinya adalah proses untuk memadukan antara private cloud dengan infrastruktur public cloud.

Pemanfaatan teknologi ini bisa menjadi solusi agar perusahaan memiliki fleksibilitas kontrol lebih tinggi, karena di public cloud user tidak bisa melakukan pengaturan secara suka-suka.

Saya Mau Cloud Server yang Bagus

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang mencari layanan cloud terbaik untuk mengakomodir kebutuhan website atau aplikasi, salah satu paket yang cukup recommended adalah Server Dedicated dari Qwords.com.

Nikmati mengelola Dedicated Server sendiri dengan akses remote dari seluruh dunia tanpa batas. 

Terdapat pula pilihan control panel yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Fasilitas monitoring 24×7 untuk memastikan Uptime server 99%, terdapat pula UPS keperluan backup. 

Selamat mencoba.

Domain yang Tepat untuk Website Bisnis,…

Sebelum Anda membuat website bisnis, pemilihan domain menjadi hal yang sangat krusial untuk dilakukan. Hal itu dikarenakan domain sangat berpengaruh terhadap branding bisnis di...
Jordy Prayoga
3 min read

Rekomendasi Hosting untuk CBT, Ujian Online…

Ujian online atau Computer Based Test (CBT) kini menjadi pilihan populer di berbagai institusi pendidikan dan perusahaan.  Selain menawarkan kemudahan dan efisiensi, CBT juga...
Eril Obeit Choiri
5 min read

5+ Contoh Blog Makanan untuk Referensi…

Food blogger menjadi sebuah profesi yang menjanjikan apabila ditekuni dengan baik. Sahabat Qwords memiliki tugas untuk mereviu berbagai makanan dan membagikannya ke dalam bentuk...
Jordy Prayoga
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *