Pengertian Cloud Storage dan Manfaatnya Dalam Bisnis

2 min read

Pengertian Cloud Storage dan Manfaatnya Dalam Bisnis

Cloud storage adalah salah satu inovasi yang saat ini mulai marak digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Ada beragam fungsi dan manfaat yang bisa kita dapatkan dari penggunaan teknologi berbasis jaringan internet ini, mulai dari untuk memenuhi kebutuhan personal, bisnis, hingga edukasi.

Dalam praktek bisnis, cloud storage juga kian diminati oleh perusahaan dalam negeri untuk mengakomodir kebutuhan penyimpanan data yang lebih aman dan fleksibel. Tercatat ada cukup banyak departemen yang bisa memanfaatkan cloud storage mulai dari divisi kreatif, pemasaran, hingga manajemen yang harus memantau data-data harian. Yuk, kita kenali apa itu cloud storage lebih dalam lagi.

 

Manfaat Cloud Storage Dalam Bisnis

Pengertian Cloud Storage dan Manfaatnya Dalam Bisnis
Pengertian Cloud Storage dan Manfaatnya Dalam Bisnis

Setelah mengetahui tentang defnisi atau pengertian cloud storage, kini saatnya kita akan mencari tahu manfaat dan fungsi cloud storage untuk menunjang aktivitas bisnis.

Baca juga: Memanfaatkan Cloud Computing saat WFH di Masa Pandemi Corona

1.Membantu Proses Arsip Data

Memasuki era baru yang serba digital seperti sekarang ini, data menjadi aset utama setiap bisnis yang wajib dijaga. Bisa dibayangkan bagaimana kacaunya manajemen sebuah perusahaan jika data-data penting terkait kontak pelanggan, histori penjualan, hingga dokumentasi rusak atau hilang karena disimpan di dalam media penyimpanan konvensional

Sebagaimana kita ketahui, cloud storage mampu meminimalisir kejadian ini karena sistem yang digunakan sepenuhnya sudah online dan terkoneksi via internet. Alhasil, arsip data yang disimpan ke dalam komputasi awan (Cloud) bisa dibilang relatif lebih aman dan mudah di kolola seiring waktu berjalan.

 

2.Cloud Storage Sebagai Alat Berbagi

Sahabat Qwords, tau nggak sih kalau cloud storage sebenarnya bisa juga digunakan sebagai media file sharing? Ya, jadi dengan mengupload data perusahaan maka kita bisa membagikannya dengan mudah hanya dalam beberapa kali klik.

Menariknya, mayoritas layanan cloud storage juga sudah memberikan fitur auto-syncronize sehingga kita tidak perlu repot lagi untuk mengunggah file satu persatu kedalam platform yang digunakan.

 

3. Mengoptimalkan Administrasi Bisnis

Menindaklanjuti manfaat cloud storage pada poin sebelumnya, teknologi ini tercatat juga mampu mengoptimalkan administrasi bisnis perusahaan berkat efektifitas dan efisiensi sharing data. Untuk perusahaan jasa pengiriman yang memiliki kantor cabang di tiga kota berbeda misalnya. Bagian admin bisa lebih mudah melihat data dari kantor di kota lain secara real time tanpa perlu mengirim kemudian mendownload file terlebih dahulu. Begitu pula dengan jajaran eksekutif perusahaan, setiap waktu bisa mengecek data perusahaan dari manapun tanpa harus membawa media penyimpanan eksternal yang kurang efektif dan memerlukan perawatan ekstra.

 

4. Cloud Storage Mampu Menghemat Biaya

Penghematan biaya yang dimaksud dalam pembahasan kali ini adalah biaya untuk kebutuhan penyimpanan data atau arsip perusahaan. Hal ini bisa terjadi karena ketika sudah menggunakan cloud storage maka perusahaan sudah tidak perlu lagi membeli harddisk sebagai media penyimpanan. Selain itu, dengan tidak adanya komponen fisik seperti harddisk maka kita tidak membutuhkan dana darurat untuk melakukan maintenace maupun biaya perbaikan ketika mengalami kerusakan.

 

5. Kontrol Data Agar Tidak Bocor

Salah satu kelemanan dar proses penyimpanan data konvensional adalah rwan kebocoran data akibat sulitnya memantau akses untuk tiap-tiap pengguna. Sebagai pengguna, kita juga sering kali dibuat bingung dengan file yang sudah dikerjakan, karena ada banyak orang yang memiliki akses ke data tersebut.

Dengan bantuan manajemen cloud storage, tentu ada banyak fitur yang bisa digunakan, misalnya seperti pelacakan user terakhir yang mengedit dokumen hingga mengatur siapa saja yang bisa mendapatkan akses agar data perusahaan tidak bocor ke tangan kompetitor.

 

6. Cloud Storage Lebih Ramah Lingkungan

Cloud storage atau penyimpanan berbasis komputasi awan biasanya menggunakan teknologi server yang sudah dioptimalkan untuk bisa beroprasi scara efisien. Selain itu, kita juga tidak menghasilkan sampah dari barang-barang bekas harddisk rusak karena tidak memerlukan perangkat fisik.

Baca juga: Cloud Hosting, Solusi Untuk Mengatasi Lonjakan Traffic di Website Anda

Contoh Cloud Storage

cloud storage adalah

Ada banyak platform cloud storage yang saat ini bisa didapatkan secara gratis maupun berbayar. Berikut beberapa contoh cloud storage beserta ulasannya:

1. Google Drive

Google Drive bisa dibilang merupakan platform cloud storage paling populer saat ini, selain sudah terintegrasi langsung dengan akun Google, layanan Google Drive juga menawarkan kapasitas penyimpanan hingga 15GB secara gratis tanpa perlu berlangganan. Penawaran tersebut tentu sangat cocok bagi para pebisnis kecil yang sedang merintis usaha.

2. Dropbox

Selain Google Drive, Dropbox juga menjadi layanan cloud storage yang mampu menarik minat banyak orang Indonesia. Sayangnya kapasitas penyimpanan gratis yang ditawarkan Dropbox tidak sebesar Google Drive meski fiur dan antarmukanya relaif lebih user friendly menurut kami.

3. OneDrive

Layanan cloud storage milik Microsoft ini biasanya langsung tersedia jika Anda merupakan pengguna sistem operasi Windows terbaru. Untuk memaksimalkan penyimpanan data, tak ada salahnya jika Sahabat Qwords memanfaatkan layanan OneDrive sebagai salah satu pilihan storage.

 

Penutup

 

Itulah akhir dari pembahasan tentang apa itu cloud storage, mulai dari pengertian, manfaat, hingga contoh-contoh layanannya. Terlepas dari itu, jika Sahabat Qwords saat ini sedang mencari layanan web hosting terbaik untuk memembuat media promosi di masa pandemi corona covid-19 seperti saat ini, maka jangan ragu untuk memilih paket Business Cloud Hosting dari Qwords.com yang sudah dibekali dengan fitur-fitur masa kini. Segera tingkatkan level bisnis Anda dengan memanfaatkan teknologi cloud storage serta website sebagai media promosi.

Sampai jumpa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *