Pada artikel sebelumnya terkait pengertian Apa itu Cloud Hosting dan Keuntungannya untuk Website Anda kita sudah sedikit menyinggung bahasan seputar keuntungan cloud hosting Indonesia dari segi efisiensi biaya, keamanan data, fleksibilitas saat dibutuhkan peningkataan performa, serta stabilitas uptime server yang bisa tetap terjaga.

Nah, agar semakin memahami seputar cloud hosting Indonesia dan berbagai jenis layanannya, kali ini kami akan memberikan informasi lebih dalam seputar jenis-jenis layanan dan cara memilih cloud hosting yang tepat untuk mengakomodir potensi lonjakan traffic/pengunjung yang masuk ke dalam website Anda.

cloud hosting Indonesia
Cloud Hosting, Solusi Untuk Mengatasi Lonjakan Traffic di Website Anda

Memiliih layanan hosting untuk kebutuhan website itu susah-susah gampang. Pasalnya, kita harus pintar dalam menentukan pilihan yang tepat di antara berbagai macam spesifikasi, fitur, dan harga yang sangat beragam. Bagaimana sebuah hosting bisa dikatakan “cocok” dan “pas” juga relatif kembali kepada penilaian masing-masing pengguna, sehingga harus benar-benar tau dasar peruntukan dari website yang ada.

Perbedaan Cloud Hosting, VPS (Virtul Private Server), dan Shared Hosting

Saat Anda mengunjungi website provider hosting Indonesia seperti Qwords.com, pastinya terdapat beragam pilihan layanan hosting yang bisa Anda temukan. Misalnya saja seperti cloud hosting, shared hosting, atau Virtual Private Server (VPS). Di era perkembangaan teknologi yang semakin canggih seperti sekarang ini, ketiga pilihan tersebut umumnya menjadi patokan dasar yang ditawarkan ke konsumen. Lantas, tipe hosting manakah yang cocok untuk website Anda? Apakah Cloud hosting? VPS? Atau justru Shared hosting? Berikut perbandingannya.

1. Shared hosting vs Cloud Hosting

Kedua layanan hosting ini bisa dibilang merupakan pilihan populer yang paling banyak digunakan oleh para pengembang website pemula. Perbedaan antara shared hosting dan cloud hosting sendiri sangat mencolok, dimana cloud hosting dalam hal ini lebih recommended dan diunggulkan karena mampu menampung traffic yang lebih banyak dengan tingkat kesulitan manajemen yang sama seperti halnya shared hosting. Di sisi lain, shared hosting memiliki banderol harga yang relatif lebih terjangkau walaupun sering lemot karena masih harus berbagi resource dengan website lain.

2. VPS vs Cloud Hosting

Secara garis besar, VPS (Virtual Private Server) memiliki sistem yang hampir sama dengan shared hosting. Hanya saja fokus pembagian resourcenya bukan lagi dilihat dari spesifikasi bandwith atau kapasitas penyimpanan, melainkan sudah masuk ke ranah kebebasan konfigurasi berkat adanya dukungan perangkat keras mandiri. VPS hadir sebagai solusi bagi para pengembang website yang membutuhkan tingkat komputasi tinggi. Perbedaan antara VPS dan Cloud hosting sendiri ada pada sektor harga yang lebih mahal VPS daripada cloud hosting atau shared hosting, dan juga kerumitan manajemen server VPS lebih tinggi sehingga kurang cocok untuk para pemula yang baru belajar.

Cloud hosting Terbaik

Ada banyak sekali provider hosting yang menawarkan layanan cloud hosting Indonesia untuk memenuhi kebutuhan website Anda. Salah satunya adalah Qwords – cloud web hosting Indonesia yang sudah sejak tahun 2007 melayani para pelanggan setia dari berbagai daerah di seluruh penjuru Indonesia. Anda juga tidak perlu bingung dalam menentukan paket layanan cloud hosting terbaik karena tiap-tiap pilihan paketnya akan kita jabarkan di bawah ini khusus untuk Anda.

Macam-macam Layanan Cloud Hosting terbaik di Qwords

 

1. Value Performance

Bagi Anda yang baru mulai menjajaki dunia digital marketing, paket ini sangat cocok untuk mengakomodir kebutuhan website pribadi, email, maupun toko online yang belum banyak mendapatkan pelanggan. Harganya juga sangat bersaing, meski sudah mendapatkan fasilitas unggulan seperti SSL gratis dan unmetered kouta bandwith.

2. Medium Performance

Paket cloud hosting Medium Performance dari Qwords merupakan jalan tengah yang ditujukan bagi para profesional yang ingin memiliki sokongan resource lebih besar untuk mengakomodir aktivitas pelanggan. Layanan ini sudah bisa Anda dapatkan lengkap dengan fitur gratis SSL, website builder, private data center, addon domain, dan premium email spam filter.

3. High Performance

Layanan High Performance Cloud Hosting (HPCH) hadir untuk menjawab kebutuhan pelanggan dari kalangan korporasi yang ingin membuat website profesional sebagai penunjang operasional. Paket ini sangat menarik karena sudah dilengkapi dengan UltrafastSSD, support SSH, dan Litespeed API. Selain itu, masih banyak lagi fitur-fitur premium yang bisa didapatkan ketika memesan paket ini.

4. Unlimited Hosting

Berbeda dari ketiga paket cloud hosting sebelumya, untuk layanan unlimited hosting Qwords menawarkan spesifikasi dan fitur premium yang sangat mumpuni untuk mengakomodir berbagai kebutuhan. Paket ini juga dapat diandalkan karena sudah dilengkapi SSL gratis, jaminan uptime hingga 99,99 persen, dan kecepatan super ngebut dari web accelerator dengan modul Litespeed API Pro + CRIU.

5. WordPress Hosting

Sebagai salah satu Content Management Sistem (CMS) yang paling banyak digunakan di dunia, kehandalan wordpress tentu sudah tidak dirgukan lagi. Nah, untuk semakin mengoptimalkan performa website berbasis wordpress Anda, Qwords menawarkan paket hosting khusus yang sudah dioptimasi menggunakan tipe penyimpanan berbasis SSD, dukungan cloudflare, serta akses cPanel Litespeed Apache untuk loading lebih cepat.

Itulah, pembahasan lanjutan mengenai cloud hosting yang menjadi sambungan dari artikel sebelumnya. Jika Anda masih kurang jelas atau memiliki pertanyaan lain terkait topik di atas jangan sungkan untuk meninggalkan komentar di bawah ini ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *