Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Domain yang Tepat untuk Website Bisnis, Jangan Salah Pilih!

3 min read

Sebelum Anda membuat website bisnis, pemilihan domain menjadi hal yang sangat krusial untuk dilakukan.

Hal itu dikarenakan domain sangat berpengaruh terhadap branding bisnis di internet. Domain juga menjadi penghubung pertama ketika orang-orang di internet ingin mengunjungi website bisnis Anda.

Jadi, jangan sampai salah pilih nama dan ekstensi domain supaya branding bisnis Anda tidak mengalami kegagalan.

Dalam artikel ini, Anda akan mendapatkan beberapa rekomendasi domain untuk bisnis yang paling tepat, berikut dengan tips pemilihannya.

Fungsi Ekstensi Domain untuk Website

Sebelum Sahabat Qwords mengenal jenis-jenis domain untuk website bisnis, ada baiknya Anda tahu apa fungsi dari ekstensi domain itu sendiri.

Jadi, ekstensi domain atau akhiran domain yang biasanya ditulis setelah nama domain berfungsi untuk memperkuat identitas suatu website.

Saat ini terdapat sekitar 1600 ekstensi domain di internet. Semuanya memiliki maksud dan peruntukannya masing-masing.

Misalnya, ada .com dan .net. Keduanya memiliki arti yang berbeda. Domain .com memiliki arti commercial, yang berarti diperuntukkan bagi website komersial atau bisnis secara umum.

Sedangkan .net lebih cocok untuk website yang berkaitan dengan teknologi, khususnya jaringan, sebagaimana .net merupakan akronim dari network.

Oleh sebab itu, website dengan ekstensi domain .com (dulunya) bisa dengan mudah diidentifikasi sebagai website bisnis. Begitu pun dengan .net.

Kendati memiliki maksud dan peruntukannya masing-masing, Sahabat Qwords sejatinya bisa menggunakan kedua domain tersebut tidak pada ‘tempatnya’, misalnya digunakan untuk blog pribadi, website perusahaan dan lain-lain.

Nah, itulah sedikit latar belakang mengenai fungsi ekstensi domain. Sekarang, mari telusuri ekstensi apa saja yang cocok untuk website bisnis!

Daftar Ekstensi Domain untuk Bisnis, Dijamin

Qwords telah merangkum sepuluh domain untuk bisnis yang bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum membuat website.

Anda bisa memilih mana yang paling relevan dengan bisnis yang sedang dijalankan, sehingga dapat memperkuat branding di dunia digital.

1. .com

Rekomendasi domain untuk bisnis yang pertama adalah .com. Setiap pengguna internet pasti sudah sangat akrab dengan domain yang satu ini.

Karena domain ini juga digunakan oleh berbagai website nonbisnis, maka tidak heran apabila banyak sekali website yang menggunakan .com di internet.

Seperti yang sudah diulas pada poin sebelumnya, bahwasannya domain .com adalah berasal dari kata commercial yang disingkat, maka domain ini sangat tepat untuk merepresentasikan bisnis apa pun yang Anda miliki.

Lagi pula, ekstensi yang satu ini juga menjadi yang terpopuler di dunia, sehingga bisnis Anda lebih cepat dikenali orang lain di internet.

Untuk harganya, domain .com dibanderol Rp160 ribuan per tahun. Sangat terjangkau, bukan?

2. .co.id

Ekstensi yang satu ini biasanya kerap digunakan oleh situs-situs bisnis yang berasal dari Indonesia.

Tambahan .id di belakang .co (company) mengindikasikan bahwa website tersebut dimiliki oleh bisnis atau perusahaan berbadan hukum dari Indonesia.

Sebab, setiap pendaftaran domain .co.id mewajibkan sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh pendaftar, seperti NPWP atau sertifikat merek.

Persyaratan ini juga membuat domain .co.id terasa lebih eksklusif karena tidak semua orang bisa menggunakannya.

Ini membuat persentase penyalahgunaan domain lebih rendah, dan membantu menjaga kredibilitas website Anda.

3. .biz

Dilihat dari namanya, Anda pasti sudah tahu bahwa .biz adalah domain yang secara khusus diperuntukkan bagi website bisnis.

Jika disandingkan dengan .com, domain .biz adalah variasi lain untuk mengidentifikasi website bisnis.

Seperti yang Anda ketahui, sekarang ini domain .com telah banyak digunakan oleh website nonbisnis, sehingga ‘melunturkan’ identitasnya sebagai domain komersial.

Dengan adanya .biz, Anda memiliki pilihan yang lebih banyak terutama ketika .com sudah didaftarkan oleh orang lain.

4. .biz.id

Hampir sama dengan sebelumnya, ekstensi .biz.id berasal dari negara Indonesia, dan satu keluarga dengan .id maupun .co.id.

Domain .biz.id adalah ekstensi yang cocok dipakai oleh para pelaku UMKM, UKM, dan pemilik bisnis yang berasal dari Indonesia.

Keunggulan domain ini dibanding tiga ekstensi di atas adalah harga yang murah dan ketersediaannya yang masih sangat tinggi.

Saat artikel ini dipublikasikan, harga domain .biz.id adalah Rp12.000 per tahunnya. Namun, ada wacana bahwa harga domain akan mengalami kenaikan .biz.id pada tahun 2024 ini. Nantikan informasi mengenai harga domain ini di Qwords.com!

5. .coffee

Anda pemilik bisnis kopi, entah itu coffee shop atau yang berhubungan dengan kopi? Maka domain ini sangat cocok digunakan.

Sekarang ini memang banyak kedai kopi yang sudah menyadari potensi internet sebagai alat branding. Salah satunya dengan memiliki website.

Nah, karena persaingan bisnis kopi begitu besar, Anda perlu menunjukkan keunikan agar bisa menarik perhatian audiens secara online.

Maka cara yang bisa dicoba adalah dengan memakai alamat domain .coffee atau juga .cafe, yang sangat menggambarkan website kedai kopi. 

Tentu ini akan membantu proses branding yang Sahabat Qwords jalankan. Bagaimana, apakah Anda berminat menggunakan domain yang satu ini?

6. .store

Jika diterjemahkan, store berarti toko. Domain .store bisa Anda pakai sebagai alamat toko online agar lebih unik.

Selain itu, menggunakan domain .store juga bisa mempersingkat alamat website Anda. Alih-alih menggunakan nama garudastore.com, akan lebih singkat jika diubah menjadi garuda.store.

Singkat dan mudah diingat, bukan? 

Nah, secara performa SEO, ekstensi yang satu ini tidak berbeda dengan .com, lo. Sebab, keduanya merupakan ekstensi berkategori gTLD (generic top-level domain).

7. .id

Daftar rekomendasi domain untuk bisnis kali ini ditutup oleh .id, yang merupakan domain asli Indonesia dan dikelola oleh PANDI.

Secara umum, ekstensi ini sangatlah fleksibel karena tidak hanya bisnis saja yang cocok menggunakannya, melainkan lebih luas lagi.

Blogger, perusahaan, dan entitas lainnya sangat mungkin untuk memakai .id sebagai akhiran alamatnya.

Lagi pula, karena domain ini hanya menggunakan dua huruf, alamat website Anda nantinya akan jadi lebih singkat, lo!

Baca Juga: Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Domain

Daftarkan Domain Anda Sekarang Juga!

Itulah ulasan mengenai rekomendasi ekstensi domain yang cocok untuk website bisnis. Anda bisa memilih di antara tujuh domain yang ada, dengan menyesuaikan dengan bisnis yang dimiliki.

Setelah dirasa cocok, segera daftarkan domain tersebut ke penyedia domain seperti Qwords.com.

Daftarkan Nama Domain Anda di Sini

Kami adalah perusahaan penyedia domain dan hosting Indonesia yang telah hadir sejak tahun 2005.

Selama itu, terdapat lebih dari 100 ribu pelanggan aktif yang tersebar di seluruh dunia. Ayo, raih kesuksesan online Anda dengan website bersama Qwords!

Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Memahami Business Model Canvas Secara Lengkap

Bisnis yang sukses tentu tidak lepas dari persiapan yang baik. Sebagai orang yang baru ingin menjalankan suatu bisnis, ada sejumlah rancangan yang harus Anda...
Jordy Prayoga
3 min read

Spesifikasi Hosting Bagi Developer, Jangan Salah…

Developer website berlomba membuat website inovatif dan terbaik untuk memenuhi kebutuhan klien.  Namun, dalam mewujudkan ide tersebut, developer membutuhkan “rumah” yang tepat untuk website,...
Eril Obeit Choiri
3 min read

Virtex WA Bisa Sebabkan HP Error,…

WhatsApp sekarang ini telah menjadi aplikasi utama yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain. Meski begitu, semakin lama, banyak terjadi hal-hal yang membuat aplikasi...
Jordy Prayoga
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *