Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Mengenal Nextcloud, Platform Cloud Storage Pribadi Terbaik!

2 min read

nextcloud adalah

Penggunaan cloud storage telah memudahkan para penggunanya mengakses file mereka dari mana pun dan kapan pun secara online.

Dibandingkan jenis penyimpanan seperti HDD/SSD, hingga penyimpanan cloud populer seperti Google Drive, tentu penyimpanan cloud dinilai lebih praktis.

Kendati begitu, risiko menggunakan cloud storage adalah dari aspek keamanannya. Jadi, bila Anda sembarangan dalam memilih layanan cloud storage, bersiaplah untuk menghadapi risiko pencurian data.

Nah, untuk mencegah dampak keamanan yang sangat merugikan, gunakanlah layanan cloud storage yang memang benar-benar teruji kualitasnya.

Dalam hal ini, ada sebuah client server software yang menyediakan layanan cloud storage berkualitas dan aman, yakni Nextcloud.

Untuk mengenal Nextcloud beserta kelebihannya, simak artikel berikut ini, yuk, Sahabat Qwords!

Apa Itu Nextcloud?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa Nextcloud adalah client software untuk mengelola penyimpanan yang menawarkan keamanan yang lebih baik.

Berbeda dengan Google Drive maupun layanan sejenisnya, Nextcloud merupakan platform private cloud storage.

Artinya, Anda bisa mengelola berbagai file dengan ukuran berapa pun di server Anda sendiri, alih-alih server milik penyedia layanan (e.g. Google Drive, One Drive, Dropbox, dll).

Menjadi sebuah layanan private cloud storage, Nextcloud sangat cocok bagi pengguna yang ingin menjaga keamanan file karena platform yang satu ini memberikan kontrol penuh terhadap akses file dan cara kerja layanan.

Misalnya, Anda bisa membatasi pengguna yang dapat mengakses file di dalam Nextcloud hanya melalui sebuah jaringan tertentu, sehingga mencegah pengguna yang tidak memiliki izin yang mencoba mengakses file-file pribadi Anda.

Cara Kerja Nextcloud

Karena Nextcloud adalah platform client-server, Anda perlu memasangnya lebih dulu di server Anda sendiri atau di server yang disewa melalui penyedia layanan cloud. 

Untuk mengakses penyimpanan Nextcloud ini, diperlukan software/aplikasi Nextcloud di perangkat Anda, seperti desktop, laptop, tablet, dan smartphone.

Nah, client Nextcloud akan menyinkronkan file Anda dengan server Nextcloud. 

Setelah itu, Anda bisa mengakses file yang tersimpan di Nextcloud dari mana saja, kapan saja.

Berdasarkan cara kerjanya, perlu digarisbawahi bahwa sebelum menggunakan Nextcloud, pastikan Anda sudah memiliki server terlebih dahulu, ya, Sahabat Qwords.

Nah, kebetulan Qwords adalah sebuah penyedia hosting yang juga menyediakan layanan server, mulai dari VPS, dedicated server, hingga private server.

Anda tinggal memilih jenis server yang sesuai dengan kebutuhan, kemudian mulai memasang Nextcloud untuk cloud storage yang aman dan fleksibel.

Kelebihan Nextcloud

tampilan UI Nextcloud
Ilustrasi tampilan Nextcloud (Dok. nextcloud.com)

Sahabat Qwords telah mengenal apa itu Nextcloud beserta cara kerjanya. Barangkali dengan mengetahui kelebihannya berikut ini, Anda akan tertarik menggunakannya sebagai cloud storage pribadi.

Untuk itu, simak ulasannya berikut ini, ya!

1. Aman

Nextcloud menawarkan keamanan yang lebih baik dibandingkan dengan layanan cloud storage tradisional.  Hal ini dikarenakan Nextcloud bersifat open-source, yang berarti terbuka untuk diinspeksi secara terbuka.  

Ini memungkinkan pengguna untuk memverifikasi sendiri keamanan layanan dan memastikan data mereka terlindungi dengan maksimal.  

Selain itu, Nextcloud juga menawarkan fitur keamanan tambahan seperti enkripsi end-to-end dan kontrol akses yang lebih lengkap.

2. Log dan Monitoring

Dalam upaya untuk memastikan file tetap aman dan performa server dapat diketahui secara realtime, Nextcloud juga memiliki fitur pencatatan dan pemantauan.

Setiap perubahan file pada penyimpanan, seperti penambahan, pemindahan, hingga penghapusan akan dicatat dalam log.

Tak hanya itu, Nextcloud mampu memantau kondisi server yang notabene sebagai tempat penyimpanan semua file Anda.

Pada fitur ini, beberapa kondisi seperti penggunaan CPU dan RAM, statistik penyimpanan, hingga jumlah sesi yang aktif dapat dipantau dengan mudah.

3. Bisa Diakses Kapan dan Di Mana Saja

Menyimpan file di Nextcloud memudahkan Anda untuk mengaksesnya dari mana saja, sebagaimana cloud storage pada umumnya.

Anda juga dapat menggunakan aplikasi desktop dan seluler untuk menyinkronkan file dengan perangkat lain, sehingga Anda selalu memiliki akses ke data terbaru.

4. Kontrol Penuh

Berbeda dengan layanan cloud storage lain yang dikendalikan oleh perusahaan besar, Nextcloud memberikan kendali penuh atas data Anda sendiri. 

Anda juga dapat menginstal dan menjalankan Nextcloud di server Anda sendiri, sehingga tidak perlu mempercayai pihak ketiga untuk mengamankan data Anda.  

Selain itu, Anda memiliki kontrol penuh atas cara kerja layanan dan dapat menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan.

5. Hemat Biaya

Nextcloud dapat diinstal dan digunakan secara gratis. Tentu saja, ini menjadikannya pilihan yang menarik bagi pengguna individu dan bisnis yang mencari solusi penyimpanan cloud yang hemat biaya. 

Meskipun ada versi yang berbayar dengan fitur tambahan, Anda tetap dapat menjalankan fungsi basic Nextcloud tanpa mengeluarkan biaya alias gratis.

Cara Install Nextcloud 

Jika tertarik untuk menggunakan Nextcloud, Anda bisa melakukan instalasi melalui panduan komprehensif berikut ini.
Sebelum itu, ketahui beberapa spesifikasi yang diperlukan supaya Nextcloud dapat berjalan dengan baik.

  1. Server dengan sistem operasi 64-bit, seperti Ubuntu 22.04 LTS (direkomendasikan), Ubuntu 20.04 LTS, Red Hat Enterprise Linux 9 (direkomendasikan), Red Hat Enterprise Linux 8, Debian 12 (Bookworm), SUSE Linux Enterprise Server 15, openSUSE Leap 15.5, atau CentOS Stream.
  2. RAM minimal 128 MB, direkomendasikan 512 MB.
  3. Menggunakan webserver nginx atau Apache
  4. PHP Runtime versi 8.0 s.d 8.3. Direkomendasikan versi 8.2
  5. Server menggunakan CPU 64-bit

Anda bisa mengikuti panduan di atas untuk proses instalasi. Apabila mengalami kesulitan atau kendala, jangan ragu untuk bertanya melalui kolom komentar di bawah, ya!

Itulah tadi ulasan mengenai Nextcloud beserta kelebihannya sebagai platform private cloud storage.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang membutuhkan penyimpanan cloud yang aman, fleksibel, dan tentunya hemat biaya.

Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

15 Mesin Pencari Terbaik di Dunia,…

Mesin pencari saat ini menjadi tools yang sangat berguna di berbagai perangkat mulai mobile sampai desktop.  Tidak hanya Google, ada banyak mesin pencari selain...
Eril Obeit Choiri
7 min read

2 Cara Menjadwalkan Postingan di WordPress…

Memahami cara menjadwalkan artikel di WordPress akan menjadi sebuah pengetahuan yang penting bagi Anda. Sebagai pemilik/pengelola website, tentu Anda tidak akan selalu memiliki waktu...
Jordy Prayoga
1 min read

Cara Mengaktifkan WordPress Debug, Termudah!

WordPress telah lama menjadi CMS primadona bagi banyak pengguna di seluruh dunia. Itu karena WordPress menawarkan kemudahan dalam berbagai aspek, mulai dari mengelola konten...
Jordy Prayoga
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *