Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Waktunya Pondok Pesantren Tampil Keren dengan PONPES.ID!

3 min read

domain .ponpes.id adalah

Berbicara mengenai domain memang seolah tiada habisnya. Saat ini, Sahabat Qwords dapat menemukan lebih dari 1000+ ekstensi domain di internet dengan keunikannya masing-masing.

Pemilihan ekstensi domain yang tepat membantu meningkatkan branding website Anda. Maka dari itu, sebagai langkah awal, Anda perlu mengetahui seperti apa kebutuhan website yang ingin dibuat.

Salah satunya adalah website untuk sebuah pondok pesantren. Secara umum, situs-situs semacam ini kerap digunakan untuk pendaftaran santri baru, sama halnya dengan situs sekolah lainnya.

Maka, alih-alih memilih nama domain .sch.id, .id, atau bahkan .com, Anda bisa memilih .ponpes.id sebagai alamatnya.

Lantas, mengapa harus .ponpes.id? Temukan jawabannya secara runtut melalui pembahasan berikut ini, ya!

Apa Itu Domain .PONPES.ID?

Domain .ponpes.id adalah sebuah ekstensi yang dikhususkan untuk pondok pesantren (ponpes) dalam upaya menciptakan kehadiran online dengan website.

Sebagai pengelola nama domain Indonesia, PANDI ingin berkontribusi kepada lembaga pendidikan yang berbasis Islam (pondok pesantren) dengan meluncurkan ekstensi .ponpes.id.

Dengan begitu, pengelola ponpes bisa memanfaatkannya tanpa perlu khawatir dengan kendala biaya atau mungkin ketersediaan nama domain.

Karena dikelola oleh PANDI, .ponpes.id menjadi ekstensi domain dalam keluarga ccTLD negara Indonesia, yang juga meliputi .sch.id, ac.id, .my.id, dan sebagainya.

Sebagaimana dengan ekstensi .id lainnya, .ponpes.id merepresentasikan website yang berasal dari Indonesia, dan dalam hal ini adalah website pondok pesantren.

Pentingnya Website untuk Pondok Pesantren

Di Indonesia, terdapat lebih dari 39.167 ribu pondok pesantren, dengan 4.85 juta santri di seluruh Indonesia, seperti dilansir dari laman resmi Kominfo.

Tentu saja, dengan data tersebut, jumlah pondok maupun santri akan terus bertambah seiring waktu.

Nah, untuk memfasilitasi pertumbuhan tersebut, diperlukan adaptasi terhadap teknologi internet agar memudahkan masyarakat yang ingin mendaftarkan diri maupun anggota keluarganya untuk masuk ke pondok pesantren.

Jika pendaftaran sekolah/kuliah sudah menggunakan sistem online, maka akan lebih baik jika pondok pesantren juga menerapkannya.

Selain mudah, proses pendaftaran dan penerimaannya juga menjadi lebih cepat. Dengan begitu, keberadaan domain .ponpes.id tentunya menjadi sebuah angin segar bagi para pengelola ponpes untuk membuat website bagi pondok pesantren agar lebih mudah dijangkau.

Walaupun sebenarnya setiap pondok pesantren dapat menggunakan domain lainnya, akan tetapi .ponpes.id menjadi yang paling ideal untuk digunakan. Pasalnya, ada beberapa kelebihan domain .ponpes.id yang tidak dimiliki oleh ekstensi lainnya.

Kelebihan Domain PONPES.ID

Setidaknya ada lima kelebihan utama yang ditawarkan PANDI melalui domain ponpes.id, antara lain:

1. Meningkatkan Branding Website Pondok Pesantren

Dalam menciptakan identitas online, branding adalah aspek yang sangat penting dan tidak boleh dilewatkan.

Maka dari itu, ekstensi domain menjadi langkah awal yang bisa dilakukan untuk membantu meningkatkan branding website pondok pesantren.

Sebab, setiap kali pengguna internet melihat alamat website beralamat .ponpes.id, maka yang terpikirkan di benak mereka adalah website yang dilihatnya merupakan representasi dari suatu pondok pesantren.

Sebenarnya ini juga tidak berlaku hanya untuk domain .ponpes.id saja, tetapi juga untuk semua ekstensi domain lainnya.

2. Masih Tersedia Banyak Nama Domain

Saat ini, ekstensi domain dengan jumlah pendaftar terbanyak adalah .com, 233.6 juta domain .com telah terdaftar, menurut laporan Colorlib pada 2021 silam.

Sedangkan, PANDI merilis statistik realtime pada situs utamanya (pandi.id) dengan menampilkan jumlah pendaftar domain .id (termasuk .ponpes.id) sebanyak 907.384 pada 16 April pukul 16.00 WIB.

Meski sebenarnya tidak apple-to-apple membandingkan jumlah pendaftar domain .com yang notabene gTLD dengan .id (ccTLD), tetapi ini bisa menjadi bukti bahwa Anda masih bisa leluasa dalam menentukan nama domain yang unik dan cantik pada ekstensi .id, khususnya .ponpes.id.

3. SEO Friendly

SEO friendly menjadi faktor penting selanjutnya yang untungnya sudah dimiliki oleh domain ponpes.id.

Dengannya, website pondok pesantren yang Anda kelola akan lebih mudah ditemukan pada mesin pencarian.

Beberapa domain memang dicap sebagai ekstensi domain spam dan sulit diindeks oleh mesin pencari.

Namun, ekstensi .ponpes.id sudah terbukti memiliki performa pada mesin pencarian dengan baik.

Jika Anda ingin membuktikannya, tuliskan site:.ponpes.id dan tekan Enter. Selanjutnya, Anda akan melihat banyak situs yang ditampilkan dengan alamat .ponpes.id.

hasil pencarian website yang menggunakan domain .ponpes.id
Ilustrasi SERP yang menampilkan daftar website dengan domain .ponpes.id

4. Harganya Terjangkau

Kelebihan domain .ponpes.id yang selanjutnya terletak pada harga yang dimilikinya. Sebab, domain ini bisa Anda daftarkan dengan cukup membayar Rp55.000 per tahunnya.

Hampir 4x lipat dengan ekstensi domain lain seperti .com. PANDI memang sengaja mematok harga domain .ponpes.id secara terjangkau agar dapat membantu pengelola pondok pesantren di seluruh Indonesia naik kelas dengan kesempatan yang sama.

Meski terjangkau, domain .ponpes.id tetap memiliki kesan yang eksklusif karena memang tidak semua orang dapat mendaftarkannya.

Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi untuk dapat mendaftarkan nama domain berakhiran .ponpes.id.

Hal itu tidak mengherankan karena sejumlah domain seperti .co.id atau .sch.id juga memiliki syaratnya masing-masing.

Nah, untuk fungsi sekaligus kelebihannya, Anda bisa membaca penjelasan berikutnya.

5. Menghindari Penyalahgunaan Nama Domain

Salah satu bentuk kejahatan di internet yang meresahkan adalah penyalahgunaan nama domain oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Karenanya, PANDI menerapkan syarat ketat bagi siapa saja yang ingin mendaftarkan domain .ponpes.id.

Jadi, tidak sembarang orang dapat memiliki domain ini kecuali mereka yang memang berasal dari pihak ponpes.

Adapun, syarat domain .ponpes.id adalah sebagai berikut:

  1. KTP/Paspor pendaftar yang telah diberikan tanggung jawab sebagai pendaftar.
  2. Surat Keterangan pimpinan pondok pesantren atau pimpinan lembaga perihal pendaftaran nama domain. (Lihat contoh).

Daftarkan PONPES.ID untuk Pondok Pesantren Anda Sekarang Juga!

Itulah tadi ulasan mengenai domain .ponpes.id beserta kelebihan yang ditawarkan. Setelah ini, Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih ekstensi yang secara khusus diperuntukkan bagi pondok pesantren ini.

Jadi, apakah Anda sudah mulai tertarik mendaftarkan nama pondok pesantren Anda dalam ekstensi .ponpes.id?

Segera cek melalui tautan berikut ini, atau ketuk tombol di bawah.

Dapatkan Promo Domain .NET

Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Cara Mengaktifkan WordPress Debug, Termudah!

WordPress telah lama menjadi CMS primadona bagi banyak pengguna di seluruh dunia. Itu karena WordPress menawarkan kemudahan dalam berbagai aspek, mulai dari mengelola konten...
Jordy Prayoga
1 min read

Perbedaan Hosting Biasa dengan WordPress Hosting,…

Bagi Sahabat Qwords yang akan membuat website, memilih hosting menjadi langkah awal yang harus dilakukan. Dari beberapa jenis hosting yang ada, termasuk hosting biasa...
Jordy Prayoga
2 min read

Mengenal Keyword Tracking dalam SEO, Apa…

Dalam strategi SEO, ranking website menjadi salah satu goals bagi para pemilik website. Cara paling mudah untuk mengetahui ranking keyword adalah dengan tools tracking...
Eril Obeit Choiri
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *