7+ Rekomendasi Website Jurnal Terbaik

3 min read

Rekomendasi Website Jurnal Terbaik

Era digital memberikan kemudahan bagi para pelajar, peneliti, ilmuwan, hingga akademisi untuk menerbitkan atau menemukan karya ilmiah secara online. Beberapa web bahkan secara khusus didesain untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Ingin tahu apa saja daftar situsnya? Artikel ini akan mengulas beberapa opsi website jurnal terbaik yang menawarkan referensi karya terlengkap dan terpercaya. Mari telusuri!  

Rekomendasi Website Jurnal Nasional dan Internasional Terbaik

Rekomendasi Website Jurnal Terbaik

1. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas)

Perpusnas menyediakan situs e-Resources atau perpustakaan digital, yang hadir dengan referensi lengkap; meliputi ebook, jurnal, serta karya ilmiah lainnya. Seluruh referensi tersebut bisa Anda akses jika sudah menjadi anggota Perpusnas dan memiliki nomor anggota. 

Menariknya, Perpusnas juga berlangganan ke beberapa penyedia referensi nasional dan internasional ternama seperti Balai Pustaka, ProQuest, Cambridge University Press, ScienceDirect, dan Princeton University Press—seluruh koleksi tersebut juga bisa diakses apabila telah menjadi member Perpusnas.      

2. Indonesian Scientific Journal Database 

Jangan pernah lewatkan website jurnal milik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), yaitu Indonesian Scientific Journal Database (ISJD). Situs ini menawarkan lebih dari 15 ribu jurnal dan sekitar 400 artikel; seluruhnya diterbitkan oleh beberapa perguruan tinggi dan lembaga penelitian.  

Untuk memudahkan Anda menemukan jurnal yang diinginkan, situs Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) memiliki fitur pencarian berdasarkan nama jurnal, judul artikel, nama pengarang, bidang/topik, penerbit, hingga tahun penerbitan.     

3. Directory of Open Access Journals (DOAJ)

DOAJ menyediakan sekitar 15 ribu jurnal dan 5 juta artikel dari 134 negara, termasuk Indonesia. Hebatnya, website ini hadir dengan tampilan sederhana dan fitur search yang komplit. Sebagai contoh, Anda dapat mencari jurnal sesuai judul, kata kunci, negara penerbit, bahasa yang digunakan, subjek, hingga nama penerbit. Adapun topik-topik jurnal yang bisa Anda cari dalam situs ini meliputi teknologi, bahasa dan literatur, hukum, ilmu politik, pendidikan, serta beberapa subjek lainnya.   

Baca Juga: Panduan Cara Menulis Daftar Pustaka dari Buku, Skripsi & Internet 

4. JSTOR

Journal Storage, atau disebut dengan JSTOR, merupakan website jurnal terpercaya yang menawarkan 12 juta jurnal, buku, serta banyak referensi lainnya dari berbagai negara. Seluruh koleksi tersebut mencakup 75 bidang ilmu; diantaranya seperti kajian Eropa, agama, kajian film, hubungan internasional, arkeologi, dan musik.

Yang paling menarik, jurnal-jurnal yang dipublikasikan di JSTOR telah melewati proses review yang ketat dan harus memenuhi kriteria tertentu. Jadi, Anda tak perlu lagi meragukan bagaimana kualitas referensi yang akan Anda dapatkan dari situs ini. 

5. Google Scholar

Google Scholar Website

Anda tentunya sudah sering menggunakan situs Google kan? Nah, Google Scholar juga mempunyai cara kerja dan fungsi yang sama dengan mesin pencarian tersebut. Bedanya, hasil pencarian di Google Scholar nantinya akan langsung diarahkan ke berbagai koleksi referensi ilmiah—seperti buku, jurnal, artikel, dan karya-karya ilmiah lainnya.

Kemudian, setiap hasil pencarian juga dilengkapi dengan keterangan mengenai berapa kali karya tersebut dikutip, jumlah versinya, serta related articles untuk menelusuri lebih dalam artikel yang berkaitan dengan karya tersebut. Tak lupa, situs ini hadir dengan filter berdasarkan tahun penerbitan dan juga relevansi topik; memberikan Anda kemudahan untuk menemukan jurnal dalam waktu singkat.    

6. Microsoft Academic

Perusahaan ternama Microsoft juga menyediakan search engine seperti Google Scholar, yang diberi nama Microsoft Academic. Di website ini, Anda bisa menemukan lebih dari 48 ribu jurnal dengan banyak pilihan topik; mulai dari ekonomi, bisnis, sejarah, matematika, sosiologi, dan berbagai bidang ilmu lainnya. 

Tak ketinggalan, Microsoft Academic juga mempunyai fitur filter yang sangat lengkap; yang diantaranya adalah pencarian berdasarkan topik dan subtopik, tahun terbit, author, institusi, reputasi, hingga seberapa banyak kutipan yang didapatkan oleh karya tersebut.

Baca Juga: Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word    

7. Sage Journals

SAGE Journals Website

Sage Publishings, sebuah perusahaan penerbit di Amerika Serikat, juga menawarkan website jurnal bernama Sage Journals. Situs ini sudah menerbitkan 1000 jurnal dari berbagai disiplin ilmu, antara lain: kriminologi, politik dan hubungan internasional, sosiologi, bisnis dan manajemen, serta bidang lainnya. Uniknya, website ini dilengkapi dengan fitur favorites yang akan memudahkan Anda membuat daftar jurnal kesukaan Anda. 

8. ResearchGate

Jika Google Scholar dan Microsoft Academic berfungsi sebagai search engines bagi para pencari jurnal, ResearchGate digunakan sebagai social networking bagi para peneliti dan ilmuwan untuk mempublikasikan dan mengakses jutaan karya ilmiah, termasuk jurnal. 

Uniknya, sebagaimana platform social networking pada umumnya, ResearchGate juga memiliki fitur-fitur menarik yang memungkinkan Anda terkoneksi dengan pengguna lain yang mempunyai fokus bidang yang sama, atau menulis pertanyaan dan mendiskusikan suatu isu dengan mereka. 

9. Academia.edu

Academia.edu juga menawarkan fungsi yang sama seperti ResearchGate; yaitu sebagai social networking untuk membagikan dan mengakses karya ilmiah, serta terhubung dengan banyak peneliti dan ilmuwan. Situs ini memiliki lebih dari 137 juta pengguna dan sekitar 26 juta karya ilmiah. Untuk mengakses dan mengunduh koleksi tersebut, Anda terlebih dahulu harus mempunyai akun di platform ini.  

Kesimpulan

Itulah daftar website yang patut Anda kunjungi untuk mengunduh atau membaca jurnal nasional dan internasional secara online. Nah jika Anda belum menemukan referensi yang dibutuhkan dari kesembilan situs di atas, Anda bisa mempertimbangkan beberapa web lainnya seperti ScienceOpen, CORE, dan ERIC; yang juga menyediakan koleksi yang tak kalah lengkap. 

Selain itu, Anda juga bisa mengakses jurnal online yang disediakan oleh Universitas dalam atau luar negeri; contohnya Cambridge University Press, Oxford University Press, Jurnal Online Universitas Gadjah Mada, Journal UI, dan ITB Journal. Atau, kunjungi website jurnal milik organisasi internasional seperti Journals of the World Health Organization, World Bank eLibrary, dan FAO Journal Articles.

Selanjutnya bagi Anda yang ingin mengunduh ebook secara gratis; atau tertarik mendalami dunia digital marketing, bisnis online, web development, hosting, dan domain; Anda bisa mengaksesnya melalui blog Qwords.com. Selamat belajar!  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *