Buat Website Tanpa Coding dengan Website Builder Terbaik

3 min read

website builder

Layaknya bangunan, sebuah website juga memerlukan tukang dan peralatan untuk dibangun. Di masa lampau, peralatan tersebut hanya bisa dibuat oleh siapapun yang mahir mengedit kode. Tidak sembarangan orang bisa membuat dan mengembangkan website. Untungnya, Anda hidup di masa kini dimana untuk membangun website, Anda tidak memerlukan kemampuan mengedit kode. Yang Anda perlukan hanyalah sebuah website builder.

Apa Itu Website Builder

website builder
website builder

Jadi, apa itu web builder? Apakah seseorang yang tidak memiliki kemampuan khusus di bidang pengeditan kode bisa mengoperasikannya? Web builder adalah alat-alat yang digunakan untuk membangun dan mengembangkan sebuah website. Dengan menggunakan web builder, Anda tidak memerlukan kemampuan khusus di bidang pengeditan kode. Web builder dapat Anda artikan sebagai program pembuat website untuk non-praktisi IT.

Artinya, orang yang awam sekalipun bisa membangun website tanpa mahir di bidang IT. Namun, bukan berarti membangun website dengan web builder itu semudah membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan pengalaman dan keterampilan untuk mengoptimalkan sebuah web builder. Dimana Kita bisa mengakses dan mendapatkan web builder? Apakah program ini gratis atau berbayar?

Web builder sudah banyak bertebaran dan dapat Anda temukan dengan mudah di internet. Cukup menggunakan Google saja dengan kata pencarian website builder software dan Anda akan menemukan banyak web builder. Berdasarkan cara format programnya, terdapat 2 jenis web builder, yaitu web builder online dan offline. Berdasarkan edisi dan fitur, web builder dapat dibedakan ke dalam 2 jenis, yaitu web builder gartis dan web builder berbayar.

Website Builder Gratis

Tentu ada perbedaan antara website builder free dengan premium. Ambil contoh, Wix. Wix adalah web builder terkemuka yang menyediakan edisi gratis dan edisi premium. Wix menyediakan fitur komplit untuk edisi premium sementara untuk edisi gratis, fitur yang disediakan terbatas. Berikut adalah perbedaan yang biasanya muncul pada web builder edisi gratis dan web builder edisi premium.

  • Domain pada edisi gratis ditentukan web builder. Sementara edisi premium ditentukan oleh Anda. Artinya, Anda bebas menggunakan domain. Berbeda dengan edisi gratis dimana domainnya terbatas.
  • Web builder edisi gratis tidak jarang dipenuhi iklan. Web builder edisi premium bebas 100% dari iklan.
  • Kapasitas penyimpanan pada edisi gratis lebih kecil dibandingkan pada edisi premium.
  • Selain kapasitas penyimpanan, bandwith pada edisi gratis lebih kecil dibandingkan pada edisi premium.
  • Dukungan penuh dan respons cepat, termasuk dari tim VIP diberikan pada pengguna berbayar. Bukan tidak ada, dukungan yang diberikan web builder gratis tidak secepat dan seeksklusif web builder premium.
  • Web builder premium biasanya menyertakan alat pengembang tambahan, sementara edisi gratis tidak.

Perbedaan fitur tersebut dapat mewakili apa yang membedakan web builder gratis dengan web builder premium. Jika Anda pemula dan ragu untuk mengeluarkan uang untuk fitur yang belum tentu Anda perlukan, maka web builder gratis lebih direkomendasikan. Dari sekian banyak web builder gratis, Anda bisa memilih Weebly, Wix, Ucraft, Strikingly, dan XPRS. Web builder gratis tersebut populer dan mendapatkan penilaian yang baik.

Daftar Website Builder Terbaik

Ada puluhan web builder, baik online maupun offline, baik gratis maupun berbayar, yang mana yang harus dipilih. Itulah dilema yang harus Anda hadapi. Kadangkala banyak pilihan membuat memilih menjadi hal yang sulit. Untuk mempermudah pilihan, terdapat 4 website builder terbaik dengan ulasan positif dan kredibilitas yang tidak diragukan. Ke-5 website builder tersebut adalah Wix, Squarespace, Shopify, dan Weebly.

1. Wix (Free dan Premium)

Wix
Wix

Wix adalah website builder untuk Anda yang menginginkan kebebasan. Dibandingkan web builder lainnya yang terstruktur, Wix menawarkan pembuatan dan pengembangan website yang lebih fleksibel, bebas, dan kreatif. Anda akan mendapatkan dukungan berupa banyaknya opsi pengeditan web. Ada banyak theme yang bisa Anda pilih (lebih dari 500), fitur kreator yang tidak sedikit, dan integrasi dengan aplikasi lain juga tersedia.

Wix memberikan kuasa penuh pada setiap langkah pembangunan website Anda. Wix tersedia dalam edisi gratis dan edisi berbayar. Untuk edisi premium, terdapat 2 kategori perencanaan, web umum dan web ecommerce. Masing-masing kategori menyediakan paket premium yang berbeda. Paket web builder premium paling murah adalah paket Connect Domain ($5/bulan). Sementara paket termahal adalah paket VIP ($29/bulan).

Baca juga : Plugin Slider Terbaik

2. Squarespace (Free Trial dan Premium)

Squarespace
Squarespace

Squarespace adalah web builder terbaik untuk Anda yang mencari tampilan website yang elegan. Dalam urusan templates dan themes tidak ada yang mampu menandingi Squarespace. Rasakan sensasi membangun website dengan user interface yang intuitif, desain mengesankan, dan fitur-fitur yang mengesankan. Jika Anda sedang membangun website yang menitikberatkan pada kenikmatan visual (fotografi, dll) maka Squarespace untuk Anda.

Sayangnya, Squarespace ini tidak menyediakan edisi gratis. Ada opsi free trial 14 hari untuk mencoba website builder ini. Banyak dinilai mahal, Squarespace sebenarnya berusaha memberikan apa yang uang Anda dapat beli. Tidak ada satupun paket premium yang menawarkan fitur tidak berguna. Paket premium termurah adalah paket Personal ($12/bulan). Sementara paket termahal sekaligus terkomplet adalah paket Advanced ($40/bulan).

3. Shopify (Free Trial dan Premium)

Shopify
Shopify

Shopify adalah best website builder untuk website ecommerce (toko online). Sesuai dengan namanya, Anda akan mendapatkan fitur-fitur yang wajib ada untuk membangun website belanja daring. Shopify memiliki interface yang intuitif, mudah dikuasai, dan cukup sederhana. Fitur utama Shopify adalah app store dimana melalui fitur ini Anda dapat dengan bebas memilih aplikasi ecommerce, dari mulai aplikasi invoice hingga aplikasi review produk.

App store adalah pembeda utama antara Shopify dengan web builder spesialis ecommerce lainnya. Selain itu, app store ini terus berkembang dan aplikasi yang muncul seolah berusaha memenuhi kebutuhan zaman. Shopify menyediakan edisi free trial 14 hari. Edisi premium termurah dari Shopify adalah edisi Basic ($29/bulan). Sementara edisi premium termahal adalah edisi Advanced ($299/bulan).

4. Weebly (Free dan Premium)

Weebly
Weebly

Singkat cerita, Anda membutuhkan website tetapi malas utak-atik, malas coba-coba jadi kreatif dan hingga saat ini tidak menemukan program yang tepat. Jika Anda adalah orang yang sesuai dengan deskripsi tersebut, maka Anda sangat direkomendasikan untuk menggunakan Weebly. Weebly adalah simple website builder terbaik dan diperuntukkan untuk Anda yang tidak begitu paham dunia pengembangangan website.

Dari mulai tampilan hingga fitur yang tersedia, semuanya tampil sederhana. Kendati sederhana, semua yang ada di Weebly 100% fungsional dan dapat diandalkan. Weebly juga menyertakan fitur app center yang menjadi perpustakaan aplikasi. Kelebihan lain dari Weebly adalah gratis. Edisi premiumnya termurahnya adalah edisi Connect ($4/bulan). Sementara edisi premium termahalnya adalah edisi Pro ($12/bulan).

Membutuhkan bantuan untuk pembuatan dan pengembangan website Anda? Jika ya kami memiliki rekomendasi pembuatan website bisa dicustom sesuai dengan kebutuhan di bikin.website, Wujudkan website impian anda dengan berbagai pilihan template keren dan fitur lengkap untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Dengan layanan Hosting Indonesia terbaik, Qwords akan membantu Anda mewujudkan website impian Anda. Apapun jenis dan keperluannya (ecommerce, portofolio, profil perusahaan, dll) Qwords akan memberikan asistensi yang maksimal.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *