15+ Website Belajar Coding Gratis Terbaik Untuk Pemula

5 min read

Website Belajar Coding

Belajar coding tidak perlu kuliah? Nah sekarang ini sudah banyak website yang menyediakan akses untuk belajar coding untuk pemula sekalipun. Ini menjadi angin segar bagi Anda yang berencana belajar coding tanpa harus mengenyam pendidikan kuliah, karena jika kuliah pasti membutuhkan waktu tidak sedikit. Tetapi untuk Anda yang sudah berencana menjadi engineer dari awal saya lebih menyarankan untuk masuk jurusan IT agar memiliki basic ilmu lebih dalam pemrograman.

Kebutuhan programmer saat ini masih terbilang kekurangan cukup banyak, terutama di Indonesia pekerjaan programer memang belum begitu banyak orang yang menguasainya. Karena jika dilihat pekerjaan sebagai programmer kurang menarik hanya berhubungan dengan layar komputer dan script saja. Padahal dibalik itu ada candu yang membuat banyak para programmer betah berlama-lama di depan komputer bahkan sampai lupa waktu.

Jika Anda belum tahu, penghasilan seorang programmer termasuk menduduki peringkat atas jika dibanding pekerjaan yang lain. Silahkan lihat grafik salary tahun 2019 kemarin dari Amerika Serikat berikut ini:

Job Salary In US
Job Salary In US

Daftar Website Belajar Coding

Nah bagaimana sudah tertarik untuk belajar coding dasar? tidak perlu khawatir karena materi yang diberikan secara online melalui website, tidak perlu belajar coding secara otodidak karena terlalu lama dan rawan terjadi kesalahan karena tidak ada modul materi dan guru yang mengajarkan. Nah langsung saja berikut website belakar coding gratis terbaik untuk pemula:

1. W3schools

W3schools
W3schools

W3schools menjadi rekomendasi pertama untuk belajar coding online dari kami. W3schools cocok untuk Anda yang sedang belajar khususnya dalam web developer. Kelebihan yang dimiliki w3shools adalah tersedianya compiler online, sehingga hasil code yang Anda tulis bisa terlihat langsung apakah ada error atau tidak. Fitur ini bermanfaat sekali untuk Anda yang ingin belajar materi secara langsung.

Bahasa pemrograman yang didukung oleh w3schools ini meliputi HTML, CSS, JavaScript, SQL, PHP, jQuery, Java dan Python. Jika Anda sudah menyelesaikan modul ini semua bisa dipastikan sudah mahir dalam pemrograman web dan siap bekerja sebagai web developer.

2. Code Academy

Code Academy
Code Academy

Web belajar coding yang kedua dari Code Academy. Jika dibandingkan dengan W3school, Code Academy lebih lengkap dalam pembahasan materinya. Ada beberapa kategori cara belajar coding untuk Web Development, Programming, Data Science, Design dan Game Development. Untuk bahasa yang digunakan juga beragam seperti HTML, CSS, Python, JavaScript, Java, SQL, Bash, Shell, Ruby, C++, R, C#, PHP, Go, Swift dan masih banyak lagi.

Untuk Anda yang ingin memulai belajar disini bisa menggunakan versi belajar coding gratisnya terlebih dahulu sebelum lanjut ke yang berbayar. Untuk biaya versi PRO hanya 15.99$ perbulan, tentu ini sangat murah untuk ilmu-ilmu yang akan Anda dapatkan nantinya. Selain itu terdapat beberapa perbedaan fitur yang didapatkan antara versi gratis dan berbayarnya.

3. Udemy

Udemy
Udemy

Udemy merupakan website belajar online dengan materi tidak hanya pemrograman saja, ada banyak kategory yang tersedia seperti Web Development, Mobile Apps, Game Development, Finance, Enterpreneurship, Data Analytic, IT Certification, Personal Transformation, Graphic Design, Digital Marketing dan lainnya. Untuk materi coding di Udemy tidak perlu diragukan lagi karena mentor yang mengajar adalah orang-orang yang ahli dalam bidangnya. Tersedia materi yang gratis dan berbayar yang bisa Anda pilih, sebelum itu pastikan Anda melihat rating dari mentor yang mengajar.

Baca juga : Cara Membuat Website Sekolah

4. Coursera

Coursera
Coursera

Coursera berdiri tahun 2012 oleh dua orang profesor dari Stamford Computer Science yang ingin membagikan ilmu yang dimiliki untuk semua orang. Coursera sekarang ini memiliki kategori yang beragam seperti yang ada di Udemy. Bedanya Coursera ini kebanyakan materi pengisinya dari berbagai kampus-kampus ternama dunia, jadi tidak perlu ragu lagi dalam materi yang diajaran.

5. Free Code Camp

Free Code Camp
Free Code Camp

Dari namanya saja sudah terlihat kalau Free Code Camp ini gratis tidak memiliki paket berbayar seperti yang lainnya. Terdapat 5000 lebih tutorial secara online yang bisa Anda pelajari secara gratis. Kelebihan dari FreeCodeCamp ini berdasarkan tutorial yang dipraktekan secara langsung dengan penjelasan lengkap, jadi bisa lebih memudahkan Anda dalam memahami tentang materi yang disampaikan.

6. CodeWars

CodeWars
CodeWars

CodeWars mengkhususkan materi belajar khusus pemrograman saja, ada berbagai materi pemrograman yang bisa Anda pilih. Terdapat pula paket pilihan materi untuk perusahaan dan pribadi, keduanya memiliki fitur dan harga yang berbeda pula. Anda bisa melakukan request untuk free trial selama beberapa hari. Untuk testimony dari beberapa klien yang sudah menggunakan layanan dari CodeWars seperti Apple, Domino’s, Andela, Accenture, Klana dan masih banyak lainnya.

7. PVTuts

PVTuts
PVTuts

Jika Anda membuka website belajar coding dari PVTuts mungkin akan terlihat kuno berbeda dengan yang lainnya. Tetapi dari segi penyampaian materi PVTuts ini terbilang lengkap mulai dari dasar sekali. Selain itu PVTuts tersedia juga video yang bisa Anda lihat agar lebih jelas lagi dalam memahami pemrograman. Untuk materi yang tersedia meliputi belajar coding HTML dan jenis web programming lainnya saja. Tetapi ini bisa Anda coba alternative lain dari w3schools.

8. Treehouse

Tree House
Tree House

Treehouse memang tidak gratis, tetapi Anda bisa mencoba untuk paket free trial terlebih dahulu. Sudah ada 300 lebih course, 278 workshops, 23 topics dan 50K lebih student yang terdaftar. Untuk materi yang tersedia sampai saat ini ada Front End Web Development, Full Stack JavaScript, PHP Development dan UX Design. Kabar baiknya Treehouse memiliki partnerships dengan Google Developers, IBM Waston, Amazon Alexa dan Microsoft.

9. The Odin Project

The Odin Project
The Odin Project

The Odin Project menjadi website online untuk belajar pemrograman spesialisasi pada web development. Kenapa kebanyakan website belajar coding materinya tentang web development? karena memang saat ini paling banyak dibutuhkan adalah yang menguasai pemrograman terutama pada bidang web development. Disini Anda juga bisa mendapatkan peluang untuk project pertama sebagai programmer pemula.

10. EdX

edX
edX

EdX ini tidak berbeda jauh dengan Coursera, materi yang diajarkan banyak sekali pilihannya, termasuk materi belajar pemrograman pemula juga tersedia. EdX sudah menjalin kerja sama dengan beberapa universitas ternama dunia seperti Harvard University, Massachusetts Institute of Technology, Berkeley University of California, Stamford Online, Boston University dan masih banyak universitas lainnya.

Baca juga : Apa Saja Manfaat Memiliki Website?

11. Code Avengers

Code Avengers
Code Avengers

Code Avengers memiliki tagline “Fun & Efective Online Learning” dengan tiga level pembelajaran yang berbeda mulai dari kelas Junior untuk anak usia 5-14 tahun, kelas Pro untuk usia 15 tahun keatas dan yang terakhir kelas Education untuk pengajar sekolah. Materi yang diajarkan sangat detail sekali cocok untuk anak-anak yang baru mengenal pemrograman, untuk Anda yang masih awam dalam programming bisa mengambil kelas beginner agar lebih tahu dasar-dasar pemrograman.

12. Khan Academy

Khan Academy
Khan Academy

Khan Academy menjadi website nonprofit dengan misi memberikan edukasi berbagai materi secara gratis, termasuk didalamnya materi komputer science. Terdapat pilihan tiga tipe yang bisa mendaftar sebagai Learners, Teachers dan Parents. Website Khan Academy ini mendapatkan support salah satunya dari Bill & Melinda Gates Foundation yaitu pemilik utama dari Microsoft.

13. Evanto tuts +

Envantotuts+
Envantotuts+

Envanto bukan hanya sebagai marketplace digital yang menjual themes dan plugin saja, tetapi envanto juga menyediakan website untuk belajar coding pemula. Tersedia berbagai course populer dari berbagai kategori seperti Code, Web Design, Illustration, Photo & Video, Business dan sebagainnya. Silahkan Anda mendaftar untuk mendapatkan semua fitur yang dimiliki oleh envanto.

14. CodeSaya

Code Saya
Code Saya

CodeSaya menjadi situs belajar coding satu-satunya yang menggunakan bahasa Indonesia. Jika Anda memiliki kendala dengan pengunaan bahasa inggris maka CodeSaya ini bisa menjadi solusi terbaiknya. Sudah ada sekitar 83.000 lebih anggota yang belajar di CodeSaya, jadi Anda tidak perlu khawatir silahan daftar secara gratis untuk memulai belajar menjadi programmer yang handal.

15. Codechef

Codechef
Codechef

Nah yang terakhir ini lebih praktek langsung, akan ada contest programing yang diadakan oleh Codechef secara langsung. Anda bisa melakukan join kontes untuk beberapa level kelas berbeda mulai dari Beginner sampai Hard dan ada juga level Challenge dan Peer. Setiap bisa menyelesaikan dengan benar maka Anda akan mendapatkan nilai, nah dari nilai iniliah setiap bulannya dilakukan perangkingan mana yang paling tinggi. Dari peringkat ini mungkin saja Anda bisa langsung dihubungi untuk dijadikan seorang programmer.

Nah demikianlah pembahasan mengenai website belajar coding gratis terbaik untuk pemula. Silahkan Anda memilih salah satu yang menurut Anda paling baik. Untuk Anda yang membutuhkan server untuk keperluan develop website, Kami memiliki rekomendasi layanan Dedicated Server Terbaik dari Qwords.com. Dengan menggunakan server Anda memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dengan resource yang besar, sehingga cocok untuk keperluan belajar coding. Tunggu apalagi miliki server Anda sekarang juga.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *