Benarkah web hosting bisa mempengaruhi SEO? Pertanyaan tersebut kerap kali dilontarkan oleh para blogger yang baru menekuni dunia digital marketing atau para pegiat toko online yang ingin meningkatkan omzet melalui website.

Jika Anda bertanya apakah web hosting berpengaruh terhadap nilai SEO?, maka ada beberapa opini dan pertimbangan yang bisa dijadikan sebagai landasan. Namun, sebelum sampai kepada penjelasan seputar pertanaan tersebut, alangkah baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu terkait pengertian hosting serta penjelasan apa itu SEO agar lebih mudah dipahami. Berikut selengkapnya.

Apakah Layanan Web Hosting Bisa Mempengaruhi Nilai SEO
Apakah Layanan Web Hosting Bisa Mempengaruhi Nilai SEO

Pengertian Web Hosting

 

Web hosting merupakan fasilitas yang biasa digunakan untuk menyimpan berbagai data penting yang akan ditampilkan dalam suatu website. Ibarat kata, web hosting bisa diartikan sebagai tulang punggung dari sebuah website karena memiliki peran penting dalam menopang informasi yang dibutuhkan. Website sendiri tidak akan bisa diakses jika tidak memiliki layanan hosting tempat menyimpan file.

 

Apa Itu SEO?

Secara umum SEO atau Search Engine Optimization merupakan sebuah metode yang digunakan untuk mengoptimalkan halaman website agar bisa berada di halaman pertama pencarian. SEO sendiri bisa dikategorikan dalam dua aspek, yakni optimasi SEO offpage dan SEO onpage. Keduanya memiliki peran yang sama penting untuk mendukung peningkatan nilai di mata mesin pencari,

Lantas, apa kaitan antara web hosting dengan ranking SEO? Berikut merupakan ulasan terkait faktor-faktor yang bisa Anda jadikan sebagai argumen.

 

3 Faktor yang Membuat Web Hosting Berpengaruh Terhadap SEO

 

1. Kecepatan

kecepatan
kecepatan

Kecepatan menjadi faktor penting yang dapat mempengaruhi ranking SEO website Anda. Selain berasal dari penerapan kode yang efisien serta kinerja file terkompresi, kecepatan sebuah website bisa dihasilkan dari kualitas web hosting yang digunakan.

Dengan menyewa layanan hosting cepat di perusahaan yang reliable, website Anda tentu bakal semakin bersaing dengan situs kompetitor yang menggunakan hosting asal-asalan.

Dalam update salah satu algoritmanya, Google sendiri sempat menuturkan bahwa mereka akan memprioritaskan website yang memiliki kecepatan tinggi agar lebih nyaman diakses dari berbagai jenis koneksi.

 

2. Keamanan

keamanan
keamanan

Faktor kedua adalah terkait keamanan layanan web hosting. Bagi sebagian orang, faktor ini sayangnya tidak banyak mendapat perhatian karena kurangnya informasi spesifik yang diberikan oleh perusahaan hosting.

Faktor keamanan berkaitan langsung dengan ranking SEO website karena bersinggungan langsung dengan kenyamanan pengunjung agar tidak terkena pencurian data pribadi.

Dengan menggunakan layanan web hosting yang kredibel, website Anda bakal lebih terhindar dari segala tindak penyalahgunaan, baik dari hacker atau kesalahan sistem.

Baca juga: 8 Tips Memilih Paket Hosting Murah Untuk Blog Pribadi

Untuk bisa mengukur seberapa handal tingkat keamanan suatu layanan web hosting, Anda bisa melakukan cross check dari riwayat kasus yang pernah menimpa klien sebelumnya. Selain itu,  Anda juga bisa mengetahui lewat rincian teknologi apa yang saat ini sudah digunakan oleh perusahaan.

3. SEO Awareness

SEO
SEO

Penilaian terkait SEO memang relatif berbeda-beda bagi tiap orang, begitu pula dengan perusahaan. Dari puluhan atau bahkan ratusan provider hosting di Indonesia, sayangnya tidak banyak yang sudah mengerti SEO untuk mengopimalkan kinerja website. Bagaimana website kita bisa berada di halaman pertama jika mereka saja tidak paham akan optimasi SEO yang baik dan benar?

 

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai SEO Website

 

Selain ketiga faktor di atas, SEO sebenarnya dipengaruhi oleh beberapa parameter. Inilah penjelasan dari masingmasing parameter tersebut.

1. Backlink dan Optimasi Offpage

Berdasarkan pengalaman para pakar digital marketing, Link building mempunyai pengaruh siggnifikan terhadap ranking website di hasil pencarian. Namun, dalam hal ini kategori link yang bagus adalah backlink dari website berkualitas.

Optimasi offpage sendiri saat ini sudah memanfaatkan banyak teknik link building yang lahir dari hasil pengembangan. Tidak hanya sekadar menanam backlink di halaman komentar atau menu sidebar, proses link building yang baik biasanya bersifat contextual atau ditanam di dalam artikel yang membahas topik sesuai dengan ruang lingkup perusahaan.

2. Kredibilitas Registrar Domain

Usut punya usut, kredibilitas registrar atau perusahaan tempat kita membeli layanan domain bisa menjadi faktor pendukung dalam menaikkan rangking website. Jadi, mulai sekarang Anda harus mulai teliti dalam mendaftarkan nama domain agar website Anda lebih mudah muncul di halaman pertama pencarian.

3. Optimasi Onpage

Sebagaimana disebutkan oleh Google dalam update algortma Bert bulan Oktober 2019 silam. Optimasi onpage memiliki peran yang tak kalah besar jika dibandingkan dengan link building atau kredibilitas registrar domain.

Perlu diketahui, algoritma mesin pencari saat ini sudah mulai semakin canggih, karena tidak hanya bisa membedakan antara konten original dan duplikat namun juga bisa membaca konteks di dalam artikel guna menampilkan hasil yang lebih relevan.

4. Jumlah Pengunjung dan CTR

Meski memiliki pengaruh yang tidak begitu signifikan, traffic pengunjung dan presentase CTR (Click Through Rate) bakal memberikan Anda keunggulan untuk menempati posisi awal di setiap kata kunci pencarian.

Website dengan pngunjung tinggi serta angka CTR yang besar memang relatif sering terlihat mondar-mandir di berbagai kata kunci. Sehingga hal ini cukup valid jika dijadikan sebagai salah satu faktor yang bisa mempengaruhi SEO website.

Anda tentu pernah merasakan sulitnya meningkatkan traffic dari nol ke ribuan. Namun, ketika sudah berhasil peningkatannya bakal jauh lebih cepat untuk menuju ke angka puluhan ribu.

5. Alexa Rank

Alexa Rank merupakan sebuah layanan statistik yang berperan dalam meranking website yang ada di jagat digital. Ranking Aexa kerap kali dijadikan sebagai patokan bagi agency dan beberapa blogger untuk mengukur seberapa hebat kualitas blog yang dikelola.

Baca juga: Mengenal Alexa Rank, Layanan Analisa Website Besutan Amazon

Terlepas dari itu, Alexa Rank sendiri kinerjanya akan berbanding lurus dengan performa website di halaman mesin pencari. Jadi, memasukkan Alexa Rank sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi SEO sebenarnya masih banyak diperdebatkan karena saat ini ada metrik lain seperti Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) yang kian banyak digunakan.

6. Web Hosting

Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf sebelumnya. Web hosting terbukti memiliki peran yang cukup krusial dalam hal ranking SEO. Bagimana tidak? Kinerja web hosting yang cepat dan aman merupakan dua indikator penting yang tetap dipertahankan dalam setiap peluncuran algoritma baru Google.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Web Hosting Murah

Jika menilik dari segi daya guna, web hosting memang benar-benar suatu hal yang tiak boleh dipilih dengan pertimbangan setengah-setengah karena selain bakal berpotensi menimblkan kerugian akibat kehilangan data ada juga ancaman celah keamanan berbahaya yang sengaja disisipkan.

7. Social Signal

Jika Anda masih ingat, sekitar tahun 2014 Google pernah menerbitkan sebuah anjuran agar para blogger maupun web master mengoptimalkan platform jejaring sosial Google+ untuk berkomunitas sekaligus mendongkrak traffic kunjungan.

Berkat hal ini, banyak pegiat SEO yang berasumsi jika algoritma terbaru Google telah memasukan sosial media sebagai parameter penilaian di hasil pencarian.

8. Penggunaan Sertifikat SSL

Sertifikat SSL atau Secure Socket Layer adalah suatu sistem yang berfungsi melindungi serta membuat sambungan aman melalui web browser. Dewasa ini, penggunaan sertifikat SSL sangat direkomendasikan karena masyarakat sudah lumayan banyak yang menggunakan pembayaran online.

Baca juga: 5 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Membeli SSL Certificate

Sertifikat SSL juga dimasukkan kedalam salah satu parameter penilaian ranking website karena Google memiliki kepentingan untuk melindungi pelanggan dari tindak pidana kejahatan.

 

Kesimpulan

 

Jika Anda ingin memiliki website dengan pengunjung organik berlimpah maka hal pertama yang perlu diperhatikan adalah search engine optimization (SEO). Adapun dari penjelasan di atas, kita bisa mengambil beberapa kesimpulan menarik yang suatu saat mungkin bisa Anda terapkan.

Di antaranya adalah fakta bahwa web hosting sebenarnya memang memiliki dampak pada nilai SEO sebuah website, karena kinerja web hosting nantinya bakal menentukan kecepatan serta keamanan dari sebuah website.

Anda bisa bayangkan bagaimana ranking SEO website yang sering down dengan ranking SEO website dengan uptime 99 persen. Hasil SERP keduanya tentu bakal jauh berbeda.

Oleh sebab itu, jika saat ini Anda sedang berencana membuat website untuk kebutuhan bisnis perusahaan sebaiknya langsung saja menggunakan paket web hosting Indonesia berkualitas, seperti yang ada di dalam layanan Qwords.com.

Sebagai Top 5 provider cloud hosting di Indonesia, kualitas server dan datacenter Qwords.com bakal menunjang performa website Anda agar semakin cepat sekaligus aman. Untuk perlindungan, Qwords.com juga memberikan tambahan Sertifikat SSL Premium sehingga hacker tidak mudah masuk untuk mencuri data pengunjung.

7 Replies to “Apakah Layanan Web Hosting Bisa Mempengaruhi Nilai SEO?

    1. Benar sekali kak, ini berkaitan dengan user experience visitor yang datang.
      Page speed sekarang ini sudah menjadi salah satu rangking factor dalam SEO.
      Jangan lupa untuk urusan domain hosting percayakan pada Qwords.com

  1. Saya belum mencoba hosting qword. Mungkin untuk blog baru satu lagi.

    Apapun dilakukan untuk SEO 😉

    Jadi peran hosting hanya pada tingkat uptime atau ada kinerja lain untuk menambah kecepatan Web.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *