Ukuran Thumbnail YouTube yang Pas dan Tips Membuatnya

3 min read

Ukuran Thumbnail YouTube yang Pas dan Tips Membuatnya

Tahukah Anda kalau ada 500 jam video yang diunggah ke YouTube setiap harinya. Artinya, Anda bukanlah satu-satunya orang yang ingin videonya mendapatkan views dan traffic yang banyak. 

Persaingan yang tidak mudah tersebut tentunya menuntut Anda untuk memperhatikan detail-detail kecil, termasuk thumbnail YouTube—yang tanpa diragukan lagi merupakan salah satu faktor kunci keberhasilan video Anda. 

Jika Anda masih belum mengerti apa itu thumbnail YouTube, berapa ukurannya yang sesuai, serta bagaimana membuatnya agar lebih memikat; artikel ini akan membahas beberapa poin penting tersebut agar video Anda bisa lebih bersaing. Ukuran Thumbnail YouTube yang Pas dan Tips Membuatnya

Apa Itu Thumbnail YouTube?

Ketika Anda membuka halaman muka YouTube, Anda akan melihat banyak gambar kecil yang bisa diklik dan mengarahkan Anda ke halaman video bukan? Nah, itulah yang dinamakan thumbnail. Selain di homepage, YouTube biasanya juga menampilkan gambar-gambar tersebut di halaman video—yakni di bagian kanan halaman (jika Anda membuka video dalam mode default) dan di akhir pemutaran video sebagai suggestions.   

Ada dua jenis thumbnail yang bisa Anda pilih. Pertama, default atau automatic thumbnail. Jadi ketika selesai mengunggah video, Anda akan mendapatkan tiga pilihan thumbnail yang secara otomatis diambil dari bagian video Anda. Kedua, custom thumbnail—yaitu gambar yang Anda buat sendiri dan diunggah untuk menggantikan custom thumbnail.

Lalu, apa fungsi dan kegunaan dari thumbnail tersebut? Mari simak uraian berikut: 

  • Memberikan Gambar Singkat Tentang Video Anda

Layaknya cover sebuah buku, thumbnail memberikan gambaran singkat yang mewakili keseluruhan konten video Anda kepada penonton. Selain gambar, Anda juga bisa menambahkan tulisan sehingga membuatnya semakin informatif. 

  • Menarik Perhatian Pengunjung

Meskipun sangat populer peribahasa “don’t judge a book by its cover”, hal tersebut tidak sepenuhnya berlaku bagi video YouTube Anda. Karena faktanya thumbnail adalah salah satu faktor penting yang menentukan impresi pertama penonton Anda dan meyakinkan mereka untuk menonton video Anda.

  • Meningkatkan Conversion Rates

Ketika video Anda dibagikan ke platform lain, baik itu di web ataupun social media, thumbnail juga akan ditampilkan sebagai sampul video Anda. Semakin menarik dan interaktif thumbnail yang Anda pilih, semakin besar pula kemungkinan video Anda memperoleh views dan traffic yang lebih tinggi.    

Baca Juga: Bagaimana Cara Menjadi Youtuber Dengan Penghasilan Besar?

Berapa Ukuran Thumbnail Youtube yang Pas?

Bagi Anda yang tertarik membuat custom thumbnail, jangan lupa juga perhatikan ukurannya agar sesuai dengan standar YouTube. Nah merujuk kepada rekomendasi dari YouTube Studio App Help Center, detailnya adalah sebagai berikut:

  • Resolusi gambar 1280×720 dengan lebar minimum 640 pixels
  • Format gambar yang bisa diunggah meliputi JPG, GIF, BMP, atau PNG 
  • Ukuran maksimal file gambar Anda adalah 2MB 
  • Gambar memiliki aspek rasio 16:9 

Tips dan Trik Membuat Custom Thumbnail Keren

Sudah siap membuat YouTube thumbnail untuk video Anda, simak dulu beberapa tips dan trik berikut:   

1. Pahami Aturan

YouTube mempunyai pedoman komunitas yang juga mengatur tentang thumbnail. Pastikan Anda telah menaati aturan-aturan tersebut agar thumbnail Anda tidak ditolak atau dihapus oleh YouTube. Sebagai contoh, YouTube melarang konten-konten terkait kekerasan, pornografi, hate speech, dan hal-hal terlarang lainnya untuk ditampilkan dalam thumbnail.  

2. Gunakan Template Terbaik

Kalau Anda kebingungan bagaimana caranya membuat thumbnail yang keren dan menarik, tak usah khawatir. Ada banyak online tools maupun mobile apps yang akan membantu Anda mendesain thumbnail layaknya seorang pro. Beberapa opsi tools terbaik diantaranya adalah:  

  • Canva — web browser, desktop app, dan mobile app
  • Snappa — web browser
  • Adobe Spark — web browser dan mobile app  
  • PicMonkey — web browser dan mobile app
  • Crello — web browser, desktop app, dan mobile app
  • Placeit — web browser
  • PixTeller — web browser 

3. Padukan Gambar dengan Grafis 

Salah satu cara populer untuk membuat thumbnail YouTube menarik adalah memadukan gambar dengan grafis. Untuk gambarnya sendiri, Anda dapat mengambilnya dari potongan video. Kemudian, tambahkan elemen grafis untuk membuatnya lebih unik dan atraktif. Nah, cara ini juga digunakan oleh perusahaan ternama seperti Oberlo.Buat Thumbnail YouTube dengan Memadukan Gambar dengan Grafis

4. Tambahkan Judul atau Keyword Video Anda

Selain menambahkan grafis, jangan lupa juga menuliskan judul atau kata kunci video Anda. Menariknya, tulisan tak hanya akan mengkomunikasikan konteks video Anda, namun juga bisa menjadi elemen desain yang menawan. Skema ini digunakan oleh banyak channel YouTube terkenal seperti Adidas.

Tambah Judul Atau Keyword ke Thumbnail YouTube5. Pilih Font yang Tepat

Konsistensi penggunaan font dalam thumbnail juga sangat penting. Ingat, YouTube juga bisa jadi saluran terbaik untuk branding, sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengenalkan personalitas dan keunikan Brand Anda. Sebagai inspirasi, channel YouTube milik Nike ini bisa dijadikan contoh.Pilih Font yang Tepat

Baca Juga: Jenis Dan Ide Konten Youtube Untuk Menambah Subscriber

Saatnya Membuat Thumbnail YouTube Keren 

Sekarang Anda sudah semakin paham kan apa itu YouTube thumbnail serta manfaatnya bagi video Anda. Yang pasti, jangan sampai usaha keras Anda membuat konten video menjadi sia-sia hanya karena meremehkan desain thumbnail Anda. 

Selain itu, jangan lupa juga gunakan ukuran thumbnail YouTube yang sesuai dengan detail rekomendasi YouTube Studio App Help Center. Dan untuk menjadikannya lebih memikat, tak ada salahnya lho mencoba beberapa tips dan trik yang telah dipaparkan di atas—yang faktanya juga telah banyak diterapkan oleh Brand ternama.

Bagaimana, pastinya sudah banyak ide-ide cemerlang untuk membuat thumbnail YouTube keren kan? 

Selanjutnya, terus perbaharui terus wawasan Anda mengenai social media, bisnis online, digital marketing, website, serta materi menarik lainnya di blog Qwords.com. Anda juga bisa berlangganan newsletter agar tak ketinggalan artikel mengenai topik-topik kekinian, sekaligus mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan penawaran hosting murah, nama domain, serta hal-hal menarik lainnya.

Good luck!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *