Tips Menjadi Content Writer Handal

3 min read

Tips Menjadi Content Writer

Di era digital seperti saat ini, Anda tentu sangat dimudahkan dalam mengakses internet dan mencari informasi. Banyaknya konten dan artikel yang tersebar di media, tentu ada orang yang berperan di baliknya yaitu content writer atau penulis konten. Simak ulasan berikut untuk mengenal lebih jauh apa itu content writer.

Apa Itu Content Writer

mengasah skill menulis
mengasah skill menulis

Sebagian orang mungkin masih cukup asing dengan content writer, termasuk Anda. Content writer adalah seorang penulis yang sudah mahir dan profesional dan memiliki tugas untuk menciptakan konten-konten menarik di media online.

Konten yang dibuat oleh content writer ini bisa berbentuk blog, artikel, kiriman (caption) di media sosial, atau tulisan apa saja yang berbasis online. Selain menciptakan tulisan, tugas content writer lainnya yaitu bertanggung jawab memastikan kesesuaian dan keselarasan antara tulisan dengan website dan gambar yang terlampir.

Seorang penulis konten harus mahir menulis artikel yang bisa menarik minat pembaca dan secara tidak langsung juga bertanggung jawab terhadap traffic sebuah website. Content writer juga terdiri dari beberapa jenis berdasarkan keahlian dan konten yang dibuat yaitu SEO writer, journalistic writer, technical writer, generalist writer, dan social media writer.

SEO writer bertugas menulis konten sesuai dengan kata kunci yang sudah diatur dan memastikan bahwa tulisan yang dibuat sudah sesuai standar SEO. Untuk journalistic writer memiliki tugas untuk menulis berita terkini (hard news) dan soft news seperti entertainment dan feature di portal berita, media online, dan website.

Untuk generalist writer memiliki tugas menciptakan konten sebanyak-banyaknya secara bebas tanpa terpatok pada tema tertentu, sedangkan untuk technical writer bertugas menulis petunjuk manual (manual guide) suatu produk.

Sementara itu, jenis content writer yang sangat berdekatan dengan kehidupan sehari-hari adalah social media writer. Tanpa disadari Anda sering membaca caption menarik dari berbagai akun brand di Instagram.

Seorang penulis konten di media sosial juga harus bisa menciptakan tulisan yang catchy, kreatif, interaktif, dan up to date untuk menarik pengguna media sosial, serta menaikkan engagement.

Cara Menjadi Content Writer

Tips Menjadi Content Writer
Tips Menjadi Content Writer

Setelah mengetahui apa itu content writer, Anda mungkin mulai tertarik terjun dalam penulisan konten. Nah, untuk menjadi seorang content writer dengan hasil tulisan yang menarik dan berkualitas, ada beberapa caranya yaitu sebagai berikut ini.

  1.   Memiliki Hobi Membaca

Menjadi seorang penulis konten tentunya akan menuntut Anda untuk banyak membaca. Karena dengan membaca, pengetahuan dan perbendaharaan kosakata Anda akan semakin banyak. Ide-ide kreatif juga akan bermunculan sebagai bahan tulisan. Jika Anda tidak menguasai banyak kosakata, hal tersebut akan menghambat kegiatan menulis Anda.

  1.   Rajin Berlatih Menulis

Untuk melatih keterampilan menulis Anda, jangan ragu untuk berlatih dan terus berlatih. Anda bisa menulis apa saja, baik menulis di folder pribadi atau mencoba menulis blog sendiri. Jika Anda rajin berlatih, maka pengalaman menulis Anda juga semakin banyak.

Baca juga : Cara Menulis Email Penawaran Bisnis Yang Benar

  1.   Mencoba Menjadi Penulis Lepas (Freelance)
Menjadi penulis lepas
Menjadi penulis lepas

Jika Anda ingin berlatih menulis sekaligus mendapat tambahan penghasilan, Anda bisa bergabung dengan agen kepenulisan atau situs freelancer seperti sribulancer atau projects.id. Dengan menjadi penulis lepas, Anda akan memperoleh banyak pengetahuan tentang dunia kepenulisan dan melatih skill menulis agar tulisan Anda semakin baik.

  1.   Mengikuti Pelatihan atau Workshop Kepenulisan

Selain bergabung dengan agen kepenulisan dan situs freelancer, Anda juga bisa mengikuti pelatihan atau workshop yang berkaitan dengan dunia menulis untuk mengasah kemampuan dan keterampilan Anda.

Baca juga : Belajar Teknik Copywriting Bisnis Online

  1.   Bergabung dengan Grup Penulis

Untuk mengasah keterampilan dan berbagi pengalaman satu sama lain, Anda bisa mencoba bergabung dengan grup kepenulisan. Dengan begitu, Anda akan belajar banyak hal, sehingga pengetahuan Anda terkait dunia kepenulisan akan semakin banyak.

  1.   Memiliki Mentor

Bagi Anda yang ingin menjadi seorang content writer professional, Anda bisa mencari mentor yang mampu membimbing dan memotivasi. Hal ini untuk mendorong karier Anda dalam dunia tulis-menulis, karena setiap pekerjaan apapun tentu memiliki rintangan dan risikonya masing-masing.

  1.   Mencari Inspirasi
Mencari inspirasi
Mencari inspirasi

Salah satu aset yang krusial bagi seorang penulis adalah inspirasi. Inspirasi sangat dibutuhkan agar tulisan yang Anda buat bisa menarik dan informatif. Sering kali yang menjadi kendala bagi para penulis adalah ide yang tumpul akibat tidak adanya inspirasi. Untuk menyegarkan pikiran, Anda bisa keluar sejenak, berjalan-jalan, menonton TV, berolahraga, atau melakukan yoga.

  1.   Terbuka dengan Kritik dan Saran

Sebagai seorang pemula, Anda harus terbuka dengan saran dan kritik untuk terus memperbaiki diri dan kualitas tulisan yang dibuat. Dengan adanya kritikan dan saran yang diberikan oleh pihak eksternal, semangat Anda juga akan terpacu sehingga bisa menciptakan tulisan yang menarik dan berkualitas.

Penjelasan di atas bisa menambah wawasan Anda mengenai apa itu content writer secara lebih jelas. Menjadi seorang content writer yang handal dan profesional memang gampang-gampang susah.

Dibutuhkan keyakinan, kegigihan, dan semangat terus belajar dan berlatih, bukan hal yang mustahil lagi Anda bisa menjadi penulis yang sukses sukses dan menjadi ladang penghasilan yang menjanjikan.

Nah agar jasa content writer Anda bisa dikenal banyak orang, Anda bisa memanfaatkan website sebagai sarana promosi yang efektif. Anda bisa menggunakan teknik SEO agar website anda berada pada halaman pertama pencarian Google.

Untuk kebutuhan website jasa content writer yang Anda buat, kami memiliki rekomendasi dari layanan penjualan domain hosting murah dari Qwords. Langsung saja Anda kunjungi websitenya di Qwords.com dan dapatkan promo menarik.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *