VPN merupakan kepanjangan dari Virtual Private Network, bagi Anda yang belum tahu VPN adalah layanan untuk membuat sambungan secara aman melalui server. VPN bekerja dengan membuat jaringan terenkripsi pada jaringan publik, caranya dengan membuat terowongan atau tunnel sendiri sehingga tidak ada peretas, virus dan malware yang bisa menembusnya.

Selain melindungi dalam hal keamanan data, VPN bisa digunakan untuk membuka beberapa situs yang diblokir oleh pemerintah. Contoh saja di Negara China yang memblokir seluruh layanan dari Google, tentu ini merugikan bagi beberapa kalangan orang karena masih membutuhkan layanan dari Google.

Saat ini penggunaan VPN Internet sudah menjadi kebutuhan baik untuk kebutuhan pemakaian individu atau bisnis. Apalagi untuk Anda yang membutuhkan jaringan internet yang lebih cepat dengan tingkat keamanan yang tinggi, VPN bisa menjadi pilihan.

Fungsi dan Manfaat VPN

Cara Kerja VPN
Cara Kerja VPN

Selain itu semua, ada beberapa fungsi dan manfaat lain dari VPN yang perlu Anda ketahui. Berikut daftarnya:

–          Memberikan privasi kepada pengguna

–          Memberikan jaminan keamanan

–          Menghindarkan dari pembatasan wilayah

–          Menyamarkan lokasi pengguna

–          Mempercepat koneksi internet

Baca juga : Penjelasan Lengkap Apa itu VPN

Tips dan Trik Menggunakan VPN

Tips dan Trik Menggunakan VPN Untuk Pemula
Tips dan Trik Menggunakan VPN Untuk Pemula

Untuk memaksimalkan penggunaan VPN, Anda bisa membaca tentang tips dan trik menggunakan VPN terutama untuk pemula agar lebih maksimal. Nah berikut pembahasan lanjutnya:

  • Install VPN di semua device

Satu akun VPN bisa digunakan untuk berbagai device. Jadi tipsnya agar lebih maksimal dalam penggunaannya Anda bisa install VPN pada setiap device yang dimiliki. Jadi saat butuh tinggal login memasukan username dan password.

  • Cek lokasi server VPN

Beberapa VPN menawarkan lokasi server yang berbeda negara. Jika Anda membutuhkan VPN untuk menyamarkan lokasi asli Anda saat ini, pilihlan VPN dengan support berbagai negara. Geolocation dari VPN ini juga bermanfaat untuk mengakses website-website yang diblokir oleh pemerintahan setempat yang dinilai melanggar peraturan Negara.

Semakin banyak pilihan lokasi VPN biasanya harganya akan semakin mahal, ada juga beberapa VPN yang memberikan charge untuk mengaktifkan beberapa lokasi server baru.

Baca juga : Tips Menentukan Lokasi Server Hosting

  • Kecepatan internet bisa meningkat

Tahukah Anda bahwa dengan menggunakan VPN koneksi internet bisa meningkat lebih cepat? VPN memungkinkan membuat koneksi tersendiri yang lebih cepat dan aman. Setiap Internet Service Provider (ISP) biasanya memberlakukan limit kecepatan setiap penggunanya tergantung paket yang dibeli. Nah dengan mengaktifkan VPN kecepatan internet Anda bisa semakin cepat aksesnya.

  • Cek enkripsi yang digunakan

    Algoritma Enkripsi
    Algoritma Enkripsi

Kelebihan yang dimiliki oleh VPN adalah tentang enkripsi yang digunakan. Tipsnya sebelum membeli pastikan untuk mencari tahu enkripsi yang digunakan oleh VPN. Contoh saja layanan dari Diego VPN menggunakan teknologi enkripsi Peer to Peer, Enkripsi Secure Hashing Algorithm dengan 128 bit AES dan Blowfish. Semakin bagus enkripsi biasanya harga layanan VPN akan semakin mahal, tetapi Anda perlu mempertimbangkan hal ini saat memilih VPN karena akan berhubungan dengan budget.

  • Install di router

Tips dan trik selanjutnya untuk bisa mengamankan perangkat yang tersambung dalam satu jaringan adalah dengan menginstall VPN pada Router. Jadi setiap perangkat yang terhubung sudah otomatis terenkripsi tidak perlu login lagi.

  • Pilih VPN dengan support handal

Salah satu hal yang sering diabaikan adalah masalah pelayanan pelanggan, carilah penyedia VPN yang memiliki support 24/7. Dengan support yang baik jika mengalami kendala Anda bisa langsung minta bantuan kepada tim support untuk segera diperbaiki.

  • Hindari menggunakan VPN Gratis

VPN gratis mungkin tampak menarik untuk dicoba, siapa tahu lebih baik daripada VPN berbayar. Tetapi kenyataannya salah besar, VPN gratis berbeda jauh dengan fitur yang dimiliki oleh VPN berbayar. Meskipun VPN gratis bagus dan mendukung banyak negara, tetapi perlu dihindari saja.

VPN gratis bisanya memiliki limit kecepatan untuk setiap pengguna dengan support yang kurang, enkripsi yang lemah, terbatas pilihan lokasi server dan banyak iklan yang tampil. Ada beberapa kasus VPN gratis merekam semua aktivitas pengguna, akibatnya rekening bank tiba-tiba berkurang karena ulah para peretas. VPN gratis tujuan lainnya untuk menjaring pengguna yang banyak kemudian dilakukan monetisasi dengan iklan yang tayang pada aplikasi.

Kesimpulan

Untuk masalah VPN, Kami lebih merekomendasikan menggunakan VPN berbayar saja. Terutama ini berkaitan dengan keamanan data, jangan sampai Anda menjadi korban para peretas yang memanfaatkan celah keamanan yang terbuka.

Diego VPN Pricelist
Diego VPN Pricelist

Diego VPN menjadi salah satu penyedia VPN Murah Indonesia dengan harga yang menarik. Untuk paket Diego VPN Lite harganya 20 ribuan/bulan dengan bandwidth mencapai 40GB sudah support banyak device dan support 24/7. Tunggu apalagi segera miliki VPN untuk berbagai keperluan bisnis Anda sekarang juga.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *