Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Cara Mengatasi The Site is Experiencing Technical Difficulties

3 min read

Mengenal-dan-Mengatasi-Error-The-Site-is-Experiencing-Technical-Difficulties

Menguasai hampir 35% dari Internet, WordPress adalah salah satu CMS (content management system) yang banyak dipilih oleh pemilik website.

Bukan hanya fleksibel dan open-source, WordPress juga dikenal sebagai platform yang cukup mudah untuk digunakan — bahkan untuk pemula sekalipun.

Namun, meski WordPress adalah platform CMS yang hebat, Anda tetap mungkin akan mengalami beberapa masalah teknis saat menggunakannya.

Salah satu WordPress error yang mungkin akan Anda temui adalah error blank page yang bertuliskan The site is experiencing technical difficulties. Please check your site admin email inbox for instructions.

Apa penyebab error ini terjadi dan bagaimana cara mengatasinya? 

Pada artikel kali ini, kami akan membahas semua tentang error “The Site is Experiencing Technical Difficultiesdan cara mengatasinya.

Penyebab Error The Site is Experiencing Technical Difficulties

Error yang biasanya muncul pada WordPress versi 5.2 ke atas ini sebenarnya hampir mirip dengan error white screen of death yang ada pada WordPress versi lama.

Penyebab utama dari error The Site is Experiencing Technical Difficulties adalah code PHP yang tidak valid.

Namun, ada juga beberapa kemungkinan lainnya seperti kesalahan pada versi PHP, tema, dan plugin yang ada pada situs Anda.

Dengan banyaknya kemungkinan penyebab error the site is experiencing technical difficulties ini, Anda mungkin perlu melakukan troubleshooting dan debugging pada situs Anda untuk mengetahui penyebab pasti dari error tersebut.

Kita akan lanjutkan mengenai cara mengatasi The Site is Experiencing Technical Difficulties pada pembahasan dibawah.

Baca Juga: 12 Error Paling Sering Terjadi Pada WordPress dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Error The Site is Experiencing Technical Difficulties

Saat error the site is experiencing technical difficulties ini terjadi, Anda mungkin tidak akan bisa mengakses area admin dari situs Anda. 

tangkapan layar error the site is experiencing technical difficulties

Hal ini memang terdengar menakutkan, namun jangan khawatir sahabat Qwords.

Ada beberapa hal mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

1. Cek Email Kiriman WordPress

Email berisi instruksi mengatasi error the site is experiencing technical difficulties

Seperti yang bisa Anda lihat pada pesan yang muncul dengan error  the site is experiencing technical difficulties ini, WordPress telah mengirimkan pesan error log yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui penyebab utama error tersebut.

Biasanya, email ini akan dikirimkan ke alamat email admin situs Anda. Jika email ini tidak ada di inbox utama, Anda bisa coba untuk memeriksa folder spam email Anda.

Selanjutnya, Anda hanya perlu mengikuti semua instruksi yang ada pada email tersebut.

Jika Anda tidak mengakses alamat email admin Anda, dibawah ini ada beberapa cara lain yang bisa Anda coba untuk mengatasi error the site is experiencing technical difficulties.

2. Gunakan Debug Mode WordPress

Debugging Mode WordPress

Cara termudah untuk mengetahui dan mengatasi penyebab error the site is experiencing technical difficulties adalah dengan menggunakan WordPress debug mode.

WordPress debug mode akan menampilkan kesalahan yang ada pada file PHP setiap kali Anda mencoba untuk mengakses situs Anda. 

Debug mode ini juga bisa digunakan untuk menghasilkan error log file yang bisa Anda temukan pada root direktori situs Anda.

Berikut cara mengaktifkan Debug mode WordPress:

  • Untuk mengaktifkan Debug mode WordPress, Anda hanya perlu menemukan file wp-config.php situs Anda melalui File Manager
  • Caranya, cukup login ke kontrol panel akun hosting Anda dan temukan fitur File Manager. Buka dan cari folder direktori dari situs Anda. Umumnya direktori in bernama public_html.
  • Selanjutnya temukan file wp-config.php dan klik kanan untuk Edit.
  • Tambahkan kedua kode snippet di bawah ini di atas baris /That’s all, stop editing! Happy blogging./

define(‘WP_DEBUG’, true);

define(‘WP_DEBUG_LOG’,atas true);

  • Lalu, tekan Save dan buka kembali folder direktori situs Anda untuk menemukan error log yang baru saja Anda buat di dalam folder /wp-content/.
  • Terakhir, buka error log yang Anda temukan dan cari baris kode yang dimulai dengan tulisan “PHP fatal error…”. Baris tersebut akan menunjukan penyebab dari error yang muncul pada situs Anda secara detail. 

Bacalah dengan saksama untuk mencari tahu tema atau plugin mana yang menyebabkan error the site is experiencing technical difficulties.

3. Menonaktifkan Tema Situs Anda

Menonaktifkan Tema WordPress

Jika penyebab dari error the site is experiencing technical difficulties adalah kesalahan tema yang ada pada situs WordPress Anda, solusi pertama yang bisa Anda lakukan adalah menonaktifkan tema tersebut.

Karena area dashboard situs Anda tidak dapat diakses, Anda bisa mencoba untuk mematikan tema WordPress yang ada pada situs Anda melalui File Manager akun hosting Anda atau FTP client.

Caranya, Anda hanya perlu untuk mengakses folder themes di dalam direktori wp-content dan cari file tema yang sedang Anda gunakan. 

Lalu, tekan kanan untuk Rename file tersebut. Tambahkan kata disabled atau deleted pada file tersebut tanpa menggunakan spasi dan tekan enter.

Muat ulang situs Anda dan coba akses area admin dashboard. Jika error masih saja muncul, kembali ke wp-content direktori dan Rename folder themes dengan metode yang sama. 

Cara ini akan menonaktifkan semua tema yang ada pada situs Anda.

Jika masih tidak berhasil, hubungi customer support penyedia hosting Anda.

4. Menonaktifkan Plugin Situs Anda

Menonaktifkan Plugin

Jika penyebab error the site is experiencing technical difficulties adalah plugin yang pernah Anda install, nonaktifkan plugin tersebut dengan cara mematikan tema sudah yang kami bahas sebelumnya.

Ini versi singkatnya:

  1. Masuk ke File Manager dan cari root direktori situs Anda..
  2. Buka folder wp-content > folder plugin dan klik kanan untuk Rename.
  3. Tambahkan kata disabled atau deleted tanpa spasi dan tekan enter untuk menyimpan perubahan.

Jika dengan cara ini error the site is experiencing technical difficulties masih muncul, coba nonaktifkan semua plugin secara bergantian. 

5. Perbarui Versi PHP yang Anda Gunakan 

perbarui versi PHP yang Anda gunakan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, umumnya penyebab utama dari error the site is experiencing technical difficulties adalah kesalahan PHP yang terjadi pada situs Anda.

Permasalah tersebut bisa terjadi karena ada kesalahan dalam skrip file PHP dan bisa juga karena versi PHP yang situs Anda gunakan sudah tidak didukung oleh WordPress.

Versi PHP yang tidak cocok memang bisa menimbulkan banyak masalah pada situs Anda, error ini adalah salah satunya. 

Karena itu, sangat disarankan unutk memilih penyedia hosting yang menggunakan PHP versi terbaru pada web server Anda. Untuk saat ini, WordPress menganjurkan penggunaan PHP 7.3 dan seterusnya.

Untuk pengguna cPanel, Anda bisa menggunakan fitur Select PHP Version yang ada pada kategori Software. Pilih pilihan Options pada menu bar kanan atas dan pilih versi PHP yang didukung oleh WordPress.

Hosting Terbaik Untuk Website

Nah, itu tadi sahabat Qwords apa saja penyebab dan cara mengatasi error the site is experiencing technical difficulties.

Mari kita rekap lagi beberapa solusi efektif dari error ini.

  1. Menggunakan email kiriman WordPress
  2. Mengaktifkan debug mode WordPress
  3. Menonaktifkan tema di situs Anda.
  4. Mematikan plugin situs Anda.
  5. Memperbarui versi PHP yang Anda gunakan.

Cukup mudah kan? Untuk menghindari error seperti ini terjadi pada situs Anda, sebaiknya Anda memilih penyedia layanan WordPress hosting yang menggunakan versi PHP paling update seperti Qwords.com.

Ada banyak pilihan paket hosting yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan website Anda saat ini.

Hosting Uptime Server Terbaik

Dapatkan juga banyak promo dan hal menarik lainnya seperti cashback dan gratis domain jika Anda membeli hosting terbaik dari Qwords.

Selamat mencoba!

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Review Qwords, Provider Hosting dengan Layanan…

Provider hosting yang memiliki layanan lengkap adalah Qwords, sudah lama membangun reputasi sebagai penyedia layanan hosting dengan keunggulan layanan yang lengkap dan berkualitas. Sebagai...
Eril Obeit Choiri
5 min read

6 Tips Menjadi Wirausaha Sukses dari…

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, berbagai aktivitas bisa dilakukan dengan fleksibel dan mudah. Salah satunya adalah menjalankan bisnis dari rumah. Mundur tiga hingga empat...
Jordy Prayoga
2 min read

Review Qwords, Hosting Cloud Cepat, Aman…

Qwords, mungkin ada dari beberapa pembaca blog ini yang belum mengenal secara detail tentang Qwords.  Qwords memiliki layanan utama penjualan domain hosting dengan berbagai...
Eril Obeit Choiri
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *