15 Text Editor Terbaik Untuk Programmer

4 min read

text editor terbaik

Memilih aplikasi text editor terbaik memang menjadi pekerjaan yang susah-susah gampang. Bagi sebagian programmer ataupun web developer, aplikasi text editor ibarat peralatan medis yang menunjang kinerja dokter.

Maka dari itu, agar sahabat Qwords bisa menemukan aplikasi text editor yang sesuai kebutuhan, pada artikel kali ini kita akan menghadirkan daftar 15 aplikasi text editor windows, MacOS dan Linux lengkap dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Baca juga: Mengenal Ubuntu dan Keuntungan Menggunakannya

 

Apa itu Text Editor?

Secara umum, pengertian text editor adalah sebuah aplikasi atau software yang berfungsi untuk memudahkan programmer dalam menulis kode pemrograman. Apapun bahasa pemrograman yang dipakai, baik itu Ruby, C++, JavaScript, PHP, atau GoLang, text editor berperan penting dalam proses penulisan.

Saat ini ada banyak aplikasi text editor yang bisa digunakan untuk coding sebuah program atau untuk mempercantik tampilan website. Lantas, aplikasi text editor apa yang terbaik? Berikut tips cara menentukannya.

 

Tips Memilih Text Editor

text editor terbaik
text editor terbaik

Dalam memilih text editor yang sesuai kebutuhan setidaknya ada empat faktor yang perlu dipertimbangkan. Berikut pembahasannya:

 

1.Fitur

Fitur menjadi pertimbangan penting ketika memilih text editor, karena setiap aplikasi memiliki fitur berbeda-beda. Ada aplikasi text editor yang sengaja dibuat minim fitur agar ringan dijalankan di PC dan laptop, ada pula yang memiliki fitur lengkap guna menunjang berbagai kebutuhan.

 

2.Gratis vs Berbayar

Jika Anda masih bingung dalam menentukan text editor untuk coding, maka Anda bisa membagi aplikasi text editor berdasarkan biaya yang perlu dikeluarkan. Jika masih dalam tahap belajar, Anda bisa menggunakan text editor gratisan seperti Vim, Visual code, Notepad++, atau Sublime text yang menawarkan trial. Sementara untuk kebutuhan profesional, Anda bisa menggunakan aplikasi berbayar dengan support dan fitur yang tentunya lebih powerful.

 

3.Spesifikasi Komputer

Demi kelancaran operasional software, Anda juga perlu mempertimbangkan spesifikasi komputer yang digunakan untuk menjalankan aplikasi text editor. Beberapa bagian yang perlu mendapat perhatian lebih di antaranya seperti, kapasitas RAM, sisa storage, hingga sistem operasi yang digunakan.

 

4.Bahasa Pemrograman

Terakhir, Anda perlu menyesuaikan text editor dengan jenis bahasa pemrograman yang digunakan. Misalnya, ketika sahabat Qwords ingin mengembangkan aplikasi memakai bahasa pemrograman C#, maka kerja Anda akan lebih kompatibel jika menggunakan aplikasi Visual Studio sebagai text editor.

 

15 Text Editor Terbaik

text editor terbaik
text editor terbaik

1.Emacs

Emacs adalah aplikasi text editor yang sudah eksis sejak tahun 1976. Aplikasi ini pertama kali dikembangkan oleh GNU Project dari Richard Stallman, uniknya Emacs tercatat memiliki file manager di dalam aplikasi yang bisa digunakan untuk menjalankan game tetris.

2.Vim

VIM

Bicara soal text editor tentu tidak bisa dilepaskan dari nama besar Vim. Software ini bisa dibilang menjadi salah satu text editor terbaik dengan jumlah pengguna yang tersebar di seluruh dunia. Vim bisa berjalan di atas sistem operasi Linux, Windows, maupun MacOS dengan kecepatan yang tidak perlu dipertanyakan lagi.

Vim sangat fleksibel karena sudah mendukung ribuan jenis bahasa pemrograman. Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan secara gratis tanpa perlu membayar biaya berlangganan sepeserpun. Sangat menarik bukan?

3.Notepad++

Notepad++ biasa digunakan oleh para pemula yang ingin belajar coding lebih dalam. Aplikasi text editor ini bersifat gratis tanpa adanya batasan fitur, namun sayangnya hanya bisa dijalankan pada perangkat komputer dengan sistem operasi Windows.

4.Sublime Text

Bagi sebagian programmer, Sublime Text mungkin dianggap sebagai aplikasi text editor terbaik karena konsumsi sumber dayanya yang relatif rendah. Secara umum, Sublime Text memang layak dinobatkan sebagai salah satu aplikasi text editor terbaik berkat fitur-fitur handal pintasan cepat, pengeditan terpisah, dan lain sebagainya.

5.Atom

Atom adalah aplikasi text editor yang dikembangkan oleh GitHub, kemudian pada tahun 2018 Atom diakuisisi oleh Microsoft. Atom sangat cocok digunakan untuk mengerjakan project coding secara bersamaan, karena aplikasi ini bersifat cross-platform berdasarkan pada kerangka electron. Alhasil, setiap proyek yang kita buat dengan Atom bisa dibagikan dan diedit secara real time.

 

6.Visual Studio Code

Visual Studio Code

Visual Studio Code bisa dibilang menjadi aplikasi text editor yang usianya masih muda di antara text editor lainnya. Kendati demikian, sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2015 silam, Visual Studio Code sudah mampu membangun komunitas pengguna yang luar biasa solid.

Aplikasi yang bisa berjalan di atas sistem operasi Windows, Mac, dan Linux tersebut bersifat open source sehingga sangat fleksibel digunakan oleh para pelajar atau mahasiswa.

7.Bluefish

Bluefish terkenal sebagai aplikasi editor text multi-platform yang stabil dan ringan ketika dijalankan. Keunggulan utama dari Bluefish adalah kemampuannya yang bisa menangani file dengan ukuran besar secara berkala sembari menjaga kecepatan pemrosesannya. Beberapa fitur Bluefish yang bisa menambah produktivitas kerja adalah pencarian, toolbar, format baris kode, dan fitur snippet.

8.Brackets

Brackets adalah text editor terbaik yang diperuntukkan bagi para pengembang website (web developer). Selain sudah mendukung banyak sistem operasi, Brackets juga memiliki keunggulan dari segi tampilan yang modern, bersih dan nyaman dipandang.

Anda bisa memaksimalkan fitur Live Preview untuk mendapatkan tampilan langsung dari hasil CSS/HTML yang sudah dikerjakan. Caranya cukup diakses menggunakan browser default dari komputer.

9.Intype

Jika dibandingkan text editor lain, Intype termasuk software yang relatif kurang berkembang. Bayangkan saja, update terakhir dari aplikasi ini tercatat pada bulan Desember 2009, dan hingga sekarang belum ada perkembangan. Meski begitu, Intype termasuk dalam text editor yang memiliki kecepatan loading ringan sehingga sangat nyaman untuk digunakan.

10.Geany

Geany adalah pesaing utama Notepad++, namun khusus untuk sistem operasi Linux. Beberapa fitur unggulan Geany yang biasa digunakan adalah code folding, syntax highlighting, code navigation, autocompletion programing dan lain sebagainya. Geany sangat ringan dijalankan karena hanya membutuhkan library GTK+ runtime.

11.Adobe Dreamweaver CC

Adobe Dreamweaver CC adalah aplikasi text editor premium yang canggih dan powerful. Sama seperti produk Adobe lainnya, Dreamweaver CC menjadi software close-source yang dirancang untuk bisa saling terintegrasi dengan ekosistem Adobe.

12.Netbeans

Netbeans adalah aplikasi text editor yang mendukung bahasa pemrograman JavaScript, Java, HTML5, PHP, C/C++, dan lainnya. Kinerja aplikasi ini cukup bagus karena sudah dibekali cukup banyak fitur canggih.

13.AIDE

AIDE adalah text editor terbaik untuk membuat aplikasi Android. Aplikasi ini dapat di build dengan SDK, Phonegap, NDX hingga Java sehingga sangat cocok untuk membuat program yang berhubungan dengan bahasa tersebut.

14.Ultraedit

aplikasi text editor

Ultraedit merupakan aplikasi text editor handal yang bisa digunakan untuk menulis beragam bahasa pemrograman. Fitur-fitur yang tersedia antara lain seperti autocomplete, Add ons, template, debugging, shortcut, live preview, dan lain sebagainya.

15.Komodo Edit

Jika Anda sedang mencari text editor terbaik dengan performa kuat dan tampilan sederhana, maka Komodo Edit bisa menjadi salah satu opsi yang layak untuk dicoba. Aplikasi ini bersifat gratis untuk pengguna sistem operasi Windows dan Mac OS. Sementara untuk pengembangan, Komodo Edit bersifat open source yang bebas di modif oleh siapapun.

Itulah ulasan terkait 15 text editor terbaik yang bisa Anda gunakan. Pada dasarnya, masing-masing text editor mempunyai kelebihan dan kekurangan sesuai dengan kebutuhan tiap user. Jadi, sebagai pengguna, pertama-tama Anda harus tahu kebutuhan serta fitur yang ingin digunakan. Selanjutnya, perhatikan juga spesifikasi perangkat komputer atau laptop yang ada agar aplikasi bisa berjalan secara optimal.

Sekian pembahasan kali ini, jangan lupa untuk berlangganan newsletter Qwords agar lebih update terkait promo domain murah dan hosting terbaik di Indonesia setiap bulannya. Terlepas dari itu, Anda juga bisa menyampaikan kritik, saran, atau keluhan melalui kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *