Internet mempunyai peran penting dalam kehidupan manusia di era digital ini. Internet mempunyai kecepatan koneksi untuk memudahkan dalam proses pencarian. Kecepatan internet dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Internet yang bermasalah biasanya akan lamban dan tidak bisa diakses sehingga Anda harus mengetahui tes kecepatan internet agar jaringan tetap stabil dan cepat.

Cara Tes Kecepatan Internet

tes kecepatan internet
tes kecepatan internet

Anda dapat mengecak koneksi internet tanpa harus menghubungi operator atau sebagainya. Untuk melakukan tes kecepatan internet ini diperlukan sinyal atau jaringan internet yang stabil. Karena dengan mengetahui kecepatan internet, Anda dapat mengestimasi penggunaan internet sesuai kebutuhan Anda. Sehingga tidak mengalami masalah hilang atau putus koneksi saat dibutuhkan.

Tes kecepatan internet juga dapat dilakukan untuk mengetahui kecepatan saat melakukan proses download atau searching. Anda dapat mengetahuai kecepatan internet untuk PC atau laptop ataupun untuk android dengan cara yang mudah dan simple. Berikut cara melakukan tes kecepatan internet online saat mengalami gangguan.

1. Speedtest.net

Test Kecepatan di Speedtest
Test Kecepatan di Speedtest

Mengecek kecepatan internet secara online dapat dilakukan dengan menggunakan website yaitu speedtest.net. Anda harus mempunyai koneksi atau sinyal internet yang stabil agar dapat mengakses website tersebut. Anda harus mengunjungi website speestest.net dan pilih opsi GO pada bagian tengah halaman untuk mulai melakukan testing.

Speedtest.net akan menghitung kecepatan internet Anda saat ini. Tunggu hingga hasil perhitungan selesai. Saat mengecek kecepatan internet tersebut, jangan membuka media atau situs lainya agar hasilnya lebih tepat. Dalam hasil tersebut terdapat ukuran data saat Anda mendownload atau mengupload sesuatu.

Speestest juga dapat digunakan untuk mengecek kecepatan internet untuk android. Untuk melakukan tes kecepatan internet untuk android ini dilakukan dengan menginstal aplikasi tersebut. Anda bisa melihat hasil perhitungan kecepatan download atau upload secara real time. Untuk melakukan tes di android ini, Speedtest akan mengecek secara otomatis sesuai keinginan Anda.

2. Indihome Speedtest

Anda juga dapat melakukan tes kecepatan internet indihome dengan mudah dan akurat. Cara pengecekanya juga sangat mudah dan dilakukan dengan secara online. Buka website Indihome Speedtest. Dan pilih menu yang tertulis GO. Pilih opsi GO tersebut untuk mengecek kecepatan internet dari Indihome.

Selama proses pengecekan, tunggu hingga hasil muncul. Jangan buka aplikasi lain agar hasilnya lebih tepat. Indihome Speedtest akan menampilkan hasil perhitungan pada layar monitor. Hasil tersebut merupakan akumulasi saat mendownload dan mengupload data atau file. Anda juga dapat mengetahui ping dan jitter dari hasil perhitungan tersebut secara otomatis.

3. CBN Speestest

CBN Speed Test
CBN Speed Test

Tes kecepatan internet juga dapat dilakukan dengan website CBN Speestest. Situs ini merupakan penyedia jasa pengecekan kecepatan internet yang akurat. Sebelum melakukan pengecekan, PC atau laptop harus sudah mempunyai aplikasi Adobe Flash Player. Kunjungi website CBN Speestest dan pilih menu “Begin Test” untuk memulai proses.

Secara otomatis, CBN Speestest akan melakukan proses perhitungan untuk internet Anda. Proses selesai jika CBN Speestest menampilkan hasil pengecekan pada layar. Hasil perhitungan tersebut mencakup kecepatan upload, download, ping dan sebagainya untuk internet Anda. Dengan hasil tersebut, Anda dapat memperkirakan penggunaan internet dengan masa habis kuotanya.

4. Fast Com.

Cara tes kecepatan internet di PC dengan Fast Com lebih simple. Kunjungi situs tersebut dan secara otomatis, Fast Com akan mengecek kecepatan internet Anda. Setelah proses selesai, hasil akan ditunjukan pada layar secara otomatis pula. Jika diperjalanan proses pengecekan terjadi kendala sinyal atau jaringan, Anda dapat memilih menu refresh dan proses bisa dilanjutkan.

Hasil dari pengecekan Fast Com menunjukan hasil kecepatan upload, dan download. Tidak bisa menunjukan kecepatan ping. Namun, Anda dapat melakukan cara ini untuk melihat hasil pemakaian internet Anda sehingga dapat memperkirakan kebutuhan internet dengan kecepatan yang dihasilkan oleh internet.

Baca juga : Tips Mengakses Internet Dengan Aman

5. Aplikasi Master Net

Master Net merupakan situs yang digunakan untuk melakukan tes kecepatan internet. Anda dapat mengunjungi website tersebut dan memilih opsi Start Test. Secara otomatis, server akan melakukan proses pengecekan dan perhitungan dengan cepat. Setelah selesai, hasil akan ditampilkan pada layar PC meliputi kecepatan upload, download serta ping.

6. Bandwidth Place

Test Kecepatan di Bandwidth Place
Test Kecepatan di Bandwidth Place

Website Bandwidth Place bisa digunakan untuk mengecek kecepatan internet secara online. Anda dapat mengunjungi website tersebut dan pilih menu Start. Tunggu hingga Bandwidth Place melakukan proses perhitungan. Hasilnya akan ditampilkan berupa kecepatan ping, upload dan juga download.

7. Ping Test Net

Ping Test Net merupakan salah satu aplikasi tes kecepatan internet yang paling mudah. Situs ini memberikan fasilitas berupa pengecekan dan perhitungan kecepatan internet Anda. Hasil yang diberikan berupa kecepatan download, ping dan upload. Anda hanya perlu masuk ke situs tersebut dan memilih opsi Power pada halaman Ping Test Net.

8. Aplikasi V SPEED Test

V SPEED merupakan aplikasi yang digunakan untuk melakukan perhitungan dan pengecekan kecepatan internet pada android. Aplikasi V SPEED sudah banyak diunduh oleh pengguna smartphone karena memberikan kemudahan dalam perhitunganya. V SPEED memberikan hasil berupa kecepatan download dan upload.

V SPEED juga memberikan fasilitas untuk mencari jaringan atau sinyal Wifi saat Anda membutuhkanya. Sehingga lebih hemat dalam penggunaan data internet. Anda juga dapat menginstallnya secara gratis pada Play Store.

9. Fast Speed Test

Test Kecepatan di Fast.com
Test Kecepatan di Fast.com

Fast Speed Test juga merupakan aplikasi yang digunakan untuk melakukan tes kecepatan internet android. Aplikasi ini dikeluarkan oleh Netflix yang hampir sama dengan versi untuk websitenya. Fast Speed Test dapat bekerja secara otomatis. Sehingga Anda tidak perlu mengklik menu apapun.

Setelah Anda menginstal aplikasi Fast Speed Test pada smartphone, secara otomatis server akan mengecek kecepatan internet Anda. Hasilnya akan ditampilkan berupa kecepatan download dan upload.

Baca juga : Cara Menghasilkan Uang Dari Internet

10. Aplikasi Internet Speed Test

Aplikasi pengecekan kecepatan internet selanjutnya adalah Internet Speed Test. Aplikasi ini dikeluarkan oleh Yuhi Development yang memberikan fasilitas pengecekan kecepatan internet pada android. Anda dapat mengunduh Internet Speed Test dan menginstallnya pada smartphone.

Setelah aplikasi terinstal, pilih menu Perform untuk mengetahui dan mengecek kecepatan internet Anda. Secara cepat, Internet Speed Test akan memberikan hasil perhitungan yang meliputi kecepatan upload dan download. Sehingga penggunaan data internet lebih optimal dan hemat.

Anda juga dapat melakukan pengecekan internet untuk aplikasi google dan sebagainya dengan cara melakukan tes kecepatan internet google. Hasil pengecekan dapat berupa penggunaan internet saat melakukan browsing atau download. Dengan tes kecepatan tersebut, Anda dapat memperkirakan penggunaan internet dengan kapasitas yang masih tersedia.

Saat ini banyak cara untuk melakukan tes kecepatan internet baik untuk PC atau android. Untuk keperluan akses website yang cepat Anda juga dapat menggunakan layanan VPS Indonesia  dari Qwords.com. Qwords.com memberikan value performance yang sangat baik dan optimal dengan harga yang ekonomis.

Qwords.com cocok untuk website blog atau website simple lainya. Qwords.com memberikan paket hosting dengan disk space hingga 3GB. Sehingga dapat meningkatkan peringkat website Anda secara teratur dan konsisten. Tunggu apalagi miliki VPS Anda sekarang juga.

Terima kasih

2 Replies to “Cara Tes Kecepatan Internet Paling Mudah dan Simple

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *