10+ Template Blogger Gratis Terbaik yang Patut Dicoba

3 min read

Template Blogger Gratis Terbaik yang Patut Anda Coba

Mempunyai budget yang terbatas, bukan berarti Anda akan kesulitan menemukan template yang bagus, dan tidak bisa membuat desain web yang sesuai dengan keinginan Anda.

Tak usah khawatir! Ada banyak template blogger gratis yang dapat Anda coba di luar sana. 

Nah tapi, sebelum memilih mana template yang sesuai dengan niche website dan personalitas Anda, ada baiknya memperhatikan hal-hal berikut:

  • Responsive ‒ Cari tahu apakah template yang Anda pilih bisa secara otomatis menyesuaikan dengan berbagai ukuran layar perangkat pembaca—baik desktop, tablet, maupun mobile phone.  
  • Mobile-Friendly Menurut Statista, sekitar 50% pengunjung mengakses website dari perangkat mobile phone. Jadi, selalu utamakan kenyamanan mereka dengan memilih template mobile-friendly.
  • Fitur Beberapa template gratis hanya menawarkan fitur yang terbatas. Oleh karena itu, pastikan opsi pilihan Anda minimal membawa fungsionalitas yang Anda butuhkan.
  • Header Ketika mengakses website, hal pertama yang dilihat pengunjung adalah bagian header. Desain header yang menarik akan memberikan kesan yang baik kepada pembaca dan membuat mereka semakin tertarik menjelajahi website Anda. 
  • Area Konten Setiap template menawarkan desain area konten yang berbeda. Ada yang lebih menekankan ke gambar, teks, video, bahkan slideshow. Tentunya, selalu sesuaikan dengan niche website Anda.
  • Kompatibilitas ‒ Tak kalah penting, pastikan juga jika template blogspot Anda kompatibel dengan semua jenis browser, baik Chrome, Firefox, Internet Explorer, Safari, dan selainnya.

Template Blogger Gratis Terbaik untuk Website Anda

Template Blogger Gratis Terbaik yang Patut Anda CobaSetelah mengetahui beberapa aspek penting dalam memilih template blogger gratis, mari kita ulas beberapa opsi terbaik yang bisa Anda pertimbangkan.  

1. Rosemary

Rosemary Template Blogger Anda seorang beauty blogger yang sedang mencari template blogspot gratis dengan tampilan minimalis, bersih, dan elegan? Rosemary bisa jadi pilihan yang pas.

Sebenarnya Rosemary merupakan multipurpose template yang bisa dimanfaatkan untuk semua jenis blog. Namun template ini terlihat lebih ideal jika digunakan untuk lifestyle, beauty, maupun fashion blog.

Kabar baiknya, Rosemary menawarkan desain yang responsif dan juga kompatibel dengan banyak browser. Template ini juga dilengkapi dengan widget sosial media dan recent post yang akan membuat area samping web Anda semakin menawan. 

2. Featured

Featured Template Blogspot GratisJika Anda menginginkan template sederhana tapi tetap terlihat elegan, Featured bisa jadi pilihan. Template ini hanya mempunyai satu kolom dan tanpa sidebar. Sebagai gantinya, akan ada tombol hamburger di pojok kanan blog Anda—di mana Anda bisa memasang widget yang Anda inginkan. Bisa dibilang, tombol hamburger ini berfungsi sebagai sidebar tersembunyi agar blog Anda tetap terlihat minimalis dan bersih.   

Tak kalah penting, Featured juga dibekali dengan fitur optimasi SEO, 404 custom page, dan social sharing—yang mana akan membantu Anda meningkatkan performa SEO dan mendapatkan audiens yang lebih banyak.

3. WriteUp

WriteUp Blogger Template WriteUp paling ideal digunakan untuk website berita atau majalah. Yang spesial adalah, template ini akan secara otomatis mengubah ukuran thumbnail image konten Anda, sehingga menjaga performa waktu loading web Anda tetap stabil.  

Bagi Anda yang ingin mengunggah video, WriteUp juga mendukung pemasangan Youtube thumbnail di konten Anda. Tak ketinggalan, template ini juga sudah sepenuhnya responsif dan bisa diakses dari perangkat yang berbeda. 

4. Nivan

Nivan Template Blogger GratisNivan dibekali dengan slider header berukuran besar, featured post dengan thumbnail, ikon sosial media, dan menu navigasi di area atas—membuatnya terlihat elegan, profesional, dan menarik. 

Template ini secara khusus didesain untuk para tech bloggers. Akan tetapi, Anda juga bisa menggunakannya untuk mendesain website portofolio dan memamerkan karya seperti foto, desain, maupun produk kreatif lainnya.

5. The Freelancer

The Freelancer Template Blogger GratisSelain Nivan, Anda juga bisa mempertimbangkan the Freelancer—salah satu template terbaik untuk menunjukan profil diri beserta portofolio secara profesional. Di bagian atas, Anda dapat menampilkan gambar full screen dan tombol call to action sebagai header.

Template ini juga hadir dengan galeri dalam tampilan grid yang dilengkapi dengan fitur pagination. Dan yang lebih spesial lagi adalah, foto-foto dalam galeri Anda akan dibekali dengan hover effect, yang akan membuat pengunjung maupun calon klien Anda semakin terkesan.    

Baca juga: 10 Kesalahan Blogger Pemula yang Sering Terjadi

6. Lily Fashion

Lily Fashion Template Blogspot GratisSebagaimana namanya, Lily Fashion adalah salah satu pilihan template terbaik untuk para fashion blogger. Template ini menyajikan perpaduan warna yang lembut dan feminin—memberikan efek tenang dan nyaman kepada para pembaca.

Di samping itu, Lily Fashion juga menawarkan fitur navigasi yang cukup menjanjikan dan ramah pengguna—seperti drop down menu, page navigation menu, dan breadcrumb navigation.         

7. Folio 

Folio Template Blogspot GratisBagi Anda yang tertarik mendesain single page website yang terlihat mempesona, Folio bisa jadi pilihan terbaik. Dengan gambar layar penuh, animasi typing effect, dan ikon sosial media sebagai header, Anda akan memiliki website yang elegan dan tak pernah gagal memikat para pengunjung.    

Folio secara khusus dirancang untuk website portfolio. Oleh karena itu, ada banyak fungsionalitas spesial seperti area untuk menuliskan informasi diri, skills, produk atau jasa yang ditawarkan, testimoni, dan kontak—semuanya memudahkan Anda mempromosikan diri dengan cara yang lebih unik dan berkelas.

8. Martin

Martin Template Blogspot GratisSelain Folio, Anda juga bisa mempertimbangkan Martin untuk mendesain single page portfolio online yang menawan. Yang menarik, template ini mempunyai desain header yang hampir sama dengan Folio, seperti full size image, animasi typing effect, dan ikon sosial media. Kemudian, area galeri di template ini juga dibekali dengan hover effect.

Yang membedakan Martin dari Folio adalah tidak tersedianya fitur testimoni, animasi counter stats, dan featured post di template ini.    

9. Pilvia

Pilvia Template Blogger Jika Anda belum yakin dengan Folio ataupun Martin, mungkin Pilvia pilihan yang lebih tepat untuk Anda. Sebagaimana Folio ataupun Martin, template ini juga memiliki desain header memukau dengan animasi typing effect dan gambar layar penuh. 

Bedanya, Pilvia dilengkapi dengan tombol call to action yang mengarahkan pengunjung ke bagian portofolio dan kontak. Kemudian, Pilvia juga mengusung warna hitam sebagai warna latar.           

10. Lexel

Lexel Template Blogspot Lexel menawarkan beberapa fitur istimewa yang tidak banyak dimiliki oleh template lain, seperti retina ready dan grid based design. Teknologi retina membantu Anda menampilkan konten visual dengan resolusi dan warna yang lebih baik, sehingga dapat diakses dengan sempurna oleh semua pengguna, termasuk mereka yang menggunakan retina devices.

Kemudian, konten dengan desain grid juga membuat tampilan website Anda lebih bersih dan rapi. Tak ketinggalan, Lexel juga memiliki fitur social sharing dan Whatsapp Sharing yang memudahkan Anda menjangkau audiens yang lebih luas.       

11. Plate

Plate Blogspot TemplateDari namanya saja, kita sudah bisa menebak kalau Plate adalah template blogger gratis bagi para food blogger. Namun, Anda juga bisa menggunakannya untuk niche lain seperti beauty, lifestyle, maupun travel blog.

Yang membuat template ini semakin menarik adalah kemampuan loading time-nya yang cepat serta dibekali dengan fitur SEO. Selain itu, Plate juga dibekali dengan drop down menu dan tombol back to top yang semakin memudahkan navigasi website Anda. 

Itu dia beberapa template blogspot gratis terbaik yang bisa Anda pilih untuk mendesain ulang website Anda. Jadi, apakah Anda sudah menemukan template yang sesuai dengan niche, personalitas, dan preferensi desain Anda?  

Nah jangan lupa, desain saja tidak akan cukup untuk membuat website Anda menjadi lebih menarik dan terlihat profesional. Ada baiknya Anda juga mulai menggunakan custom domain. Misalnya jika nama website Anda saat ini adalah websitesaya.blogspot.com, sebaiknya buatlah domain baru seperti websitesaya.com.  

16 Replies to “10+ Template Blogger Gratis Terbaik yang…”

  1. dari beberapa pilihan ini, saya memilih WriteUp untuk template blogger saya. Selain rapi dan bersih, kecepatannya juga tidak perlu diragukan

    1. Terima kasih kak,
      Silahkan download template yang disukai.
      Jangan lupa jika butuh domain hosting percayaakan pada Qwords.com

    1. Silahkan kak coba mana yang paling menarik untuk dicoba,
      Kalau butuh domain hosting bisa pesan di Qwords ya,
      Terima kasih

    1. Siap kak,
      Terima kasih ya sudah berkunjung di Qwords.
      Kami juga memiliki produk domain hosting untuk kebutuhan website loh.

  2. Kalau beli template milik Kak Eril berapa ya harganya?

    Karna yg di download hnya bertuliskan gratis tapi gak bisa di edit footer n sebagian lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *