emailmarketing

 

Anda seorang marketing di sebuah perusahaan? Atau anda secara berkala menjalankan fungsi tersebut? Jika iya, anda pasti akrab dengan yang disebut email marketing. Menjalankan email marketing perlu adanya koordinasi antara tim marketing itu sendiri, graphic designer, dan web programmer loh. Bagaimana sih cara terbaik memanfaatkan tools marketing yang satu ini? Yuk, simak strateginya ala blogger Qwords.

 

Rangkai sebuah tema
Layaknya penulis yang membuat alur cerita, tim marketing membuat email juga untuk menyampaikan sebuah “cerita” kepada customer/client nya. Cerita tersebut bisa berupa informasi, produk/layanan, hingga promo menarik. Agar “cerita” bisa sampai dengan menarik, perlu dirangkai sebuah tema seperti tema liburan, hari raya, tema nasionalis, dan sebagainya. Gunakan tema-tema tersebut untuk meningkatkan first impression customer anda.

 

Pilih Headline Persuasif
Jangan pernah meremehkan “The Power of Words”. Pemilihan kata-kata bisa berdampak secara langsung pada tindakan orang lain. Pilihlah kalimat yang persuasif pada subyek email dan judul/headline. Gunakan kalimat seperti “Diskon…”, “Gratis…”, “Tawaran spesial…”, “Hanya hari ini…” dan sebagainya. Kalimat ini menjadi penentu apakah customer tertarik membaca isi email lebih lanjut atau justru pergi karena tidak tertarik.

 

Sortir konten dengan informasi penting
Sebelum email dikirimkan kepada customer, baiknya anda melakukan sortir pada konten. Jika informasi yang ingin disampaikan cukup banyak, pilih dengan baik dan dahulukan informasi utama. Setiap informasi pasti ada yang lebih diprioritaskan, nah, informasi inilah yang anda gunakan. Selain itu, potong konten yang dirasa terlalu basa-basi dan kurang penting. Hal ini dilakukan untuk mengurangi tingkat kejenuhan pembaca.

Cara Efektif Promosikan Blog
Baca juga 7 Cara Efektif Promosikan Blog

Tampilan simple namun eye-catchy
Eitss, jangan terburu-buru mengirim. Seperti yang disampaikan sebelumnya, pembuatan email marketing membutuhkan kerjasama antara graphic designer dan web programmer juga loh. Isi email akan semakin menarik apabila disusun secara rapi dan menarik. Pilih jenis font yang simple serta gambar/ilustrasi yang sesuai tema.

 

Prime time is the Best Time
Setiap orang memiliki aktivitas dan kesibukannya masing-masing. Mereka tidak memiliki waktu luang full 24 jam untuk istirahat apalagi sekedar membaca email promo. Penggunaan mobile phone dewasa ini memang tinggi, namun bukan berarti kita bisa mengirimkan email sewaktu-waktu. Jika salah timing, email marketing dari anda akan diacuhkan begitu saja. Nah, dalam menjalankan fungsi marketing, anda perlu memahami jam-jam sibuk dan waktu luang customer anda. Kirimkan email marketing anda di pagi hari sebelum aktivitas kerja dimulai, pada jam istirahat siang hari, dan malam hari sebelum pukul 20.00. Selain itu, jadwalkan email blast dalam jeda satu pekan agar customer tidak dilanda kebosanan.

 

Gunakan layanan AutoResponder
Untuk membantu menjalankan strategi bisnis online, anda membutuhkan sebuah tools marketing. Salah satunya adalah email Autoresponder. Email menggunakan AutoResponder ini berbayar, namun harganya tidak kalah dengan fungsinya untuk menjaring kesempatan bisnis yang lebih besar. Layanan ini membuat email lebih interaktif dan akses cepat. Fitur di GetResponse contohnya, dapat dilengkapi link menuju landing page yang telah disiapkan marketing agar informasi terpusat dalam satu page.

Tips Memilih Nama Domain untuk Bisnis
Baca juga Tips Memilih Nama Domain untuk Bisnis Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *