domainlife

 

Sebuah domain biasanya memiliki masa aktif selama 1 tahun. Namun bisa saja sebuah domain memiliki masa aktif 2 sampai 10 tahun, tergantung dari pemilik domain sendiri membeli untuk jangka waktu berapa lama. Bagaimana denganstatus domain setelah expired status domain setelah expired? Domain yang sudah expired atau sudah habis masa aktifnya, tidak bisa diregistrasi secara langsung. Domain expired baru bisa didaftarkan kembali setelah 80 hari atau hampir 3 bulan setelah expired. Jadi seandainya anda mengincar sebuah nama domain yang bagus tapi sudah expired, anda harus mengecek apakah domain tersebut sudah bisa diregistrasikan setelah 80 hari.

Mengapa sebuah domain expired baru bisa diregistrasi setelah 80 hari?

Karena domain tersebut akan masuk ke beberapa periode tahapan dahulu sebelum benar-benar available. Ketiga tahapan tersebut adalah Renewal Grace Period, Redemption Grace Period dan Pending Delete. Mari kita bahas satu-satu satu tahapan tersebut :

1. Renewal Grace Period.

Ketika sebuah domain sudah expired, maka domain tersebut masuk ke dalam Renewal Grace Period. Periode ini berlangsung rata-rata selama 30 hari dan bisa dikatakan sebagai masa tenggang. Pemilik domain masih bisa merenew domain tersebut dengan biaya normal. Pada masa ini, domain name yang telah expired biasanya diparkir oleh registrar ke halaman komersial.

2. Redemption Grace Period.

Domain yang belum diperpanjang sampai masa renewal grace periode berakhir, maka otomatis akan masuk ke dalam tahapan redemption grace periode. Domain pada masa ini secara manual telah dihapus oleh registrar. Domain sudah tidak bisa diakses dan tidak diparkir. Namun pemilik domain masih bisa mendaftarkan ulang namun dengan biaya yang lebih mahal (10 x lipat) dibandingkan biaya perpanjangan atau pendaftaran domain baru. Masa ini umumnya terjadi selama 30 hari untuk sebagian besar ekstension.

 

3. Pending Delete.  

Ini merupakan periode masa persiapan untuk dilepaskan ke umum dan domain name sudah tidak bisa diperpanjang lagi. Masa pending delete terjadi 5 hari dan biasanya pada hari ketujuh domain sudah bisa diregistrasi lagi seperti layaknya domain baru.

Informasi Status Domain di Qwords

Bagi Anda pemilik Domain, kami himbau untuk melakukan pengecekan rutin terhadap status Domainnya sebelum expired. Jika Anda membeli Domain di Qwords.com web hosting Indonesia maka Anda akan mendapatkan informasi jatuh tempo Domain 30 hari sebelum, 14 hari sebelum, dan pada hari Domain Anda expired. Aktifkan selalu email yang Anda gunakan saat mendaftarkan Domain di Qwords.com agar selalu update akan informasi.

Terima kasih telah memilih Qwords ?
Jangan lupa share kepada sahabat Qwords lainnya!

48 Replies to “Status Domain Setelah Expired

  1. Nyesal juga beli domain di Idhostinger. Masak domain klien saya masih dalam masa tenggang koq main diparkirin seenaknya. Pas waktu diperpanjang eh dikasih domain yang mirip doang..

  2. Oh begini toh cara kerjanya, selama ini punya domain ga pernah mikirin status ini. Soalnya klo udah ga niat ya emang beneran ga diperpanjang, ini ada satu domain yang penting tapi ga bisa diperpanjang langsung karena satu dan lain hal

  3. Wadaw, ada blog ane yg kelupaan ga diperpanjang, tau2 udah masa redemption periode. Tapi pas di cek di layanan penyedia domain kok stattusnya tersedia ya?
    Tadinya mau langsung beli, cuma takut hrus bayar 0x lipatnya 🙁

  4. owalah mekanismenya bgini toh, baru tau saya, pantesan tadi check domain kok hargany lebh mahal dari umumnya padahal baru ekpired 1 bulan, udah paham saya, sangat membantu

  5. jadi begitu prosesnya, saya sudah lama nunggu domain yang expired dan bisa diorder lagi. ehh setelah dicek harganya jadi selangit .hehe
    thanks buat artikelnya, nambah pengetahuan juga 😀

  6. aku gatau ternyata kalo domain udh kuat tuh punya potensi bagus, dulu punya domain yang udh sering pageone ga saya perpanjang sampai akhirnya diperpanjang orang lain , tulisannya jadi jepang 🙁

  7. Lebih tragis saya, Beli domain perusahaan di masterweb udeh aktif, upload sarat, bayar, eh besokan nya bisa di beli sama orang, kan parah banget tuh masterweb trus dia bersedia ganti tapi domain lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *