Apa Itu QRIS? Ini Manfaat QRIS Untuk Penjual dan Pembeli

2 min read

Apa Itu QRIS Ini Manfaat Menggunakan QRIS Untuk Pembayaran

Pernahkah sahabat Qwords mendengar istilah QRIS? QRIS adalah salah satu project baru dari Bank Indonesia yang saat ini digunakan untuk menstandarkan QR Kode untuk pembayaran digital.

Mungkin dari beberapa pembaca sudah mengenal apa itu QRIS, terutama bagi generasi milenial yang sudah terbiasa melakukan transaksi jual-beli menggunakan uang digial.

Tapi apakah Anda sudah tahu manfaat dan keuntungan menggunakan QRIS dari sisi pembeli dan penjual? Nah, artikel kali ini secara khusus akan mengajak Anda untuk mengenal QRIS dan manfaatnya agar kedepannya Anda bisa lebih sering menggunakan layanan ini, termasuk untuk membayar langganan cloud hosting murah dan beli nama domain di Qwords.com.

 

Apa Itu QRIS?

Apa Itu QRIS Ini Manfaat Menggunakan QRIS Untuk Pembayaran
Apa Itu QRIS Ini Manfaat Menggunakan QRIS Untuk Pembayaran

QRIS adalah singkatan dari Quick Response Indonesia Standard. Untuk lebih mudahnya, QRIS merupakan QR Code yang sudah dirancang mengikuti standar nasional Indonesia. Standar Nasional QR Code ini diluncurkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) sejak 17 Agustus 2019 lalu.

QRIS ini hadir sebagai jawaban atas transaksi pembayaran online yang semakin massive. Sebagaimana kita ketahui, saat ini banyak penyedia layanan pembayaran digital yang bisa di pakai. Ketika Anda ingin membeli sesuatu, Anda cukup scan QR Code yang tersedia dan transaksi bisa diproses dengan cepat.

Sebagai informasi, sebelum adanya QRIS tiap-tiap aplikasi pembayaran digital di Indonesia memiliki QR Code-nya sendiri. Contohnya, jika ada 10 aplikasi pembayaran digital yang ingin Anda gunakan, maka Anda perlu memiliki 10 jenis QR Code.

Baca juga: Macam-Macam Alat Pembayaran dan Cara Penggunaannya

Hal ini tentu tidak efektif karena bisa memakan tempat dan membuat ribet kedua pihak, baik dari sisi pedagang maupun pembeli.

Sebagai solusi atas kondisi tersebut, Bank Indonesia dan ASPI mengeluarkan kebijakan terkait QRIS. Kehadiran QRIS memungkinkan satu QR Code bisa digunakan untuk berbagai aplikasi pembayaran digital yang tersedia di Indonesia.

Jika sebelumnya pedagang harus menyediakan 10 QR Code untuk 10 aplikasi pembayaran digital yang berbeda-beda, maka kini mereka cukup memiliki satu QR Code saja, yakni QRIS (Quick Response Indonesia Standard).

 

Manfaat QRIS

QRIS Adalah
QRIS Adalah

QRIS dihadirkan dengan tujuan yang baik, yaitu mempermudah transaksi dengan aplikasi pembayaran digital. Untuk itu, QRIS juga menawarkan manfaat untuk pihak-pihak yang menggunakannya, yaitu pedagang dan pembeli.

Apa saja manfaat QRIS dari sisi pedagang dan sisi pembeli? Berikut ulasannya.

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Bisnis UKM Wajib Go Online

Manfaat QRIS Untuk Pedagang

Manfaat QRIS untuk pedagang
Manfaat untuk pedagang

Untuk pedagang, QRIS memiliki beberapa manfaat sebagai berikut ini :

 

1.Proses Transaksi Lebih Mudah

Tidak dipungkiri lagi, kehadiran QRIS otomatis membuat proses transaksi menjadi lebih mudah dan praktis. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda hanya perlu memiliki satu QR Code saja untuk melayani berbagai aplikasi pembayaran digital yang sudah mendapatkan izin di Indonesia.

Hal ini juga membuat tampilan meja kasir menjadi lebih modern dan lebih rapi karena tidak perlu memasang QR Code berjejer-jejer. Setiap satu merchant hanya perlu menempelkan QR Code yang didapat dari QRIS.

2.Mencegah Beredarnya Uang Palsu

Manfaat yang kedua adalah mengurangi risiko mendapatkan uang palsu. QRIS merupakan kode pembayaran digital. Dengan demikian, tidak ada lagi pertukaran uang tunai yang terjadi. Hal ini juga berarti kemungkinan mendapatkan uang palsu semakin kecil, termasuk juga mencegah penyakit yang bisa ditularkan lewat bersentuhan langsung di saat musim pandemi COVID-19 seperti sekarang ini.

3.Pendaftaran Merchant atau Toko Lebih Mudah

Keuntungan yang ketiga ada pada pendaftaran merchant atau toko yang lebih mudah. Tanpa QRIS, Anda perlu mendaftar sebagai merchant di aplikasi pembayaran digital. Dengan QRIS, Anda hanya perlu mendaftar sekali untuk menerima pembayaran digital melalui aplikasi apapun.

 

Manfaat QRIS Untuk Pembeli

manfaat untuk pembeli
manfaat untuk pembeli

1.Alternatif Pembayaran Semakin Beragam

Dengan QRIS, pembeli semakin diuntungkan karena alternatif pembayarannya semakin beragam. Anda bisa menggunakan aplikasi pembayaran apapun yang sudah mendapat izin di Indonesia.

 

2.Transaksi yang Mudah

Transaksinya mudah karena Anda tidak perlu lagi membawa uang tunai dalam jumlah banyak. Anda pun tidak perlu menunggu uang kembalian karena semuanya sudah otomatis.

 

Bayar Tagihan Hosting dan Domain di Qwords Pakai QRIS

 

Sebagai top 5 provider cloud hosting di Indonesia, Qwords.com saat ini juga sudah mendukung sistem pembayaran digital menggunakan QRIS. Jadi, ketika Anda memesan hosting, domain, sertifikat SSL, ataupun VPN Anda bisa langsung melakukan pembayaran menggunakan Gopay, OVO, LinkAja, atau DANA. Sangat menarik bukan?

Nah, itulah pembahasan tentang apa itu QRIS lengkap dengan manfaat QRIS untuk pedagang dan pembeli. Maka dari itu, mari menggunakan QRIS karena layanan ini jauh lebih mudah untuk para penjual maupun pembeli, jangan ragu untuk mulai bertransaksi secara non-tunai dan manfaatkan aplikasi pembayaran digital yang ada secara optimal.

Sekian dari kami, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *