Teori tentang psikologi warna yang digabungkan dengan bisnis mungkin akan sedikit aneh dibicarakan, bisnis sebenarnya bukan hanya marketing dan produk saja, masih ada hal lain yang perlu diperhatikan. Warna diketahui bisa memainkan emosi, psikologi serta cara tindakan sesorang. Lalu apakah bisa diaplikasikan dalam bisnis?

Perlu diketahui bahwa setiap warna memiliki pancaran, panjang gelombang energi yang berbeda dan efek ditimbul pasti berbeda pula. Keberadaan warna yang ada saat ini bukan tercipta karena hasil alamiah, melainkan diciptakan dan memiliki makna setiap warnanya.

Apa Itu Psikologi Warna

Psikologi Warna
Psikologi Warna

Sebelum melanjutkan pembahasan mengenai warna, Anda perlu tahu dulu pengertian dari psikologi warna. Psikologi warna adalah studi yang membahas tentang warna yang dapat berpengaruh pada pandangan dan perilaku manusia. Dalam kaitannya dengan bisnis, pemilihan warna tidak boleh asal harus sesuai dengan artinya. Salah satu contoh yang paling mudah adalah dalam pemilihan warna untuk logo, bukan hanya karena suka terhadap suatu warna lalu dipakai.

Contoh lain warna-warna yang dipakai untuk beberapa Bank di Indonesia saat ini, Bank BRI, BCA, Mandiri, BTN dan kebanyakan bank lain menggunakan warna biru. Kenapa warna dominan yang dipilih biru? Karena psikologi warna biru memiliki arti kepercayaan. Untuk lebih lengkapnya pembahasan warna lain silahkan melihat daftarnya berikut ini:

Psikologi Warna

Setiap warna memiliki pengaruh terhadap psikologi seorang, berikut daftar warnanya berikut dengan pembahasannya:

  • Merah

Psikologi warna merah memiliki arti power, energi, cinta, kehangatan, percaya diri, perjuangan, dinamis, semangat. Warna merah biasanya digunakan untuk memacu tingkat emosional sesorang dan merupakan warna yang paling menarik perhatian. Contoh bisnis besar yang menggunakan warna merah seperti Canon, Coca Cola, Toyota, Honda, CNN, ACE Hardware dan Mc Donald’s.

  • Merah Muda

Warna merah muda atau pink melambangkan cinta, romantisme, kehangatan, feminim. Warna pink juga identik dengan wanita, jadi Anda bisa mengaplikasikan warna pink dalam bisnis yang ada kaitannya salah satunya dengan wanita. Contoh bisnis yang menggunakan warna pink seperti Dunkin Donuts, Barbie, Baskin Robins dan Victoria’s Secret.

Baca juga : Tips Memulai Bisnis Online

  • Orange

    Arti Warna
    Arti Warna

Arti warna orange adalah kuat, hangat, penuh ambisi, energik, keakraban, ramah, petualangan, optimis, percaya diri. Warna orange adalah perpaduan antara warna merah dengan warna kuning. Contoh logo bisnis yang menggunakan warna orange seperti website Qwords, Mastercard, Harley Davidson, Blogger, Mozila Firefox, Fanta dll.

  • Kuning

Kuning menjadi warna yang cerah menandakan keceriaan, optimis, harapan, kegembiraan, penuh energi, antusiasme. Warna kuning juga dapat digunakan untuk menarik perhatian seperti warna mearh, tetapi Anda perlu pintar-pintar mengkombinasikannya dengan warna lain agar tidak mati warnanya. Contoh bisnis yang menggunakan warna kuning seperti Ferrari, Nikon, DHL, Shell, Stanley dll.

  • Hijau

Psikologi warna hijau melambangkan dengan alam. Artinya warna hijau memiliki sifat tentang kehidupan, ketenangan, rileksasi, kemudahan, penyembuhan, kesegaran, kesejukan, jaminan. Contoh bisnis yang menggunakan warna hijau Spotify, Tokopedia, Gojek, Grab, Starbucks, Sprite dll.

  • Biru

Warna biru sering dipakai untuk bisnis-bisnis yang mengedepankan kepercayaan, seperti contoh diawal sering dipakai untuk perusahaan perbankan. Warna biru muda biasanya memberikan efek kepercayaan lebih dominan, sedangkan warna biru tua lebih memberikan kesan kecerdasan. Arti psikologi warna biru mengambarkan kepercayaan, konsistensi, ketenangan, keyakinan, keseriusan, profesionalitas. Contoh perusahaan yang menggunakan warna biru seperti BCA, BRI, Facebook, Samsung, HP, Ford, WordPress, Skype, Linkedin.

  • Ungu

Arti warna ungu melambangkan pengharapan besar, aura spiritual, misterius menarik perhatian, bermartabat, independen, sensivitas, kekuatan, imajinasi, obsesif, ambisius. Warna ungu ini unik, jarang ditemui di alam. Warna ini diciptakan dari pencampuran warna biru dengan merah. Contoh bisnis yang menggunakan warna ungu adalah Yahoo, Cadbury, Taco Bell, FedEx, Apollo, Craiglist dll.

  • Coklat

Warna coklat identik dengan sesuatu yang natural. Warna coklat adalah warna alam yang bisa dipadukan dengan warna alam lainnya seperti hijau dan biru. Wana coklat dalam psikologi warna memiliki arti kelembutan, kehangatan, dukungan, rasa nyaman, keseriusan, kesederhanaan, matang. Contoh warna coklat digunakan pada perusahaan A&W, Nespresso, M&Ms, Louis Vuitton, Dreyers.

  • Emas

Emas adalah salah satu komoditi yang berharga saat ini dan memiliki prestise yang tinggi. Warna emas melambangkan kesuksesan, kemewahan, kemenangan, kemakmuran, prestasi. Tidak banyak ditemui brand bisnis yang menggunakan warna emas sebagai warna utama.

  • Silver

Warna silver hampir memiliki kesamaan dengan warna emas. Warna silver melambangkan harta, kekayaan, glamor, canggih, harmonis. Contoh perusahaan yang menggunakan warna silver didominasi oleh pabrikan mobil ternama dunia seperti Lexus, Infinity, Peugeot, Mercedes Benz.

  • Putih

Warna putih memiliki arti keyakinan, kesucian, lemah lembut, kebersihan, steril, kemurnian, ringan, kebebasan. Warna putih ini juga banyak dipakai sebagai kombinasi dari warna-warna lain, tetapi tidak jarang warna putih menjadi warna utama dalam logo. Dalam prakteknya paling banyak ditemukan kombinasi warna hitam dan putih.

  • Hitam

Psikologi warna hitam melambangkan kekuatan, percaya diri, keamanan, melindungi, keteguhan, misterius, emosiaonal, keabadian. Banyak perusahaan yang menggunakan warna hitam, walaupun bukan warna mayoritasnya. Soalnya warna hitam jika dikombinasikan warna lain hasilnya akan jauh lebih bagus.

Memilih Warna Untuk Keperluan Bisnis

profit yang menggiurkan
profit yang menggiurkan

Neil Patel salah satu pakar Digital Marketing terkenal dunia pernah melakukan studi kasus bahawa menggunakan warna yang tepat bisa meningkatkan konversi penjualan dalam bisnis sebesar 24%. Tentunya ini kenaikan yang besar, intinya gunakan warna yang tepat dan omzet bisnis Anda akan meningkat.

Dalam studi kasus yang dilakukan oleh Satyendra Sigh, bahwa konsumen hanya butuh 90 detik untuk menentukan keputusan dan 62-90% ditentukan oleh warna produk saja. Jadi untuk menarik minat konsumen Anda perlu memilih warna-warna yang eye catching dan desain produk yang menarik. Psikologi warna dalam desain memiliki keterkaitan yang erat, desain yang bagus tanpa adanya pemilihan warna yang tepat tidak bisa memiliki efek yang besar untuk keperluan bisnis.

Untuk Anda yang membutuhkan website untuk keperluan bisnis, Kami memiliki rekomendasi WordPress Hosting untuk keperluan bisnis Anda. Mulai dengan harga Rp 50.000/bulan saja Anda sudah bisa memiliki layanan hosting kapasitas 5GB dari Qwords.com. Tunggu apalagi onlinekan bisnismu dengan website sekarang juga.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *