5 plugin wordpress
5 plugin wordpress

Sejak awal mula WordPress diciptakan hingga saat ini, ada puluhan ribu plugin yang telah dibuat dan dikembangkan. Jika anda menginstall plugin dalam jumlah banyak, maka akan memperlambat laju website anda. Anda harus membatasi plugin yang digunakan. Pilih beberapa plugin saja yang paling dibutuhkan. Berikut 5 plugin dari berbagai fungsi yang wajib di-install di WordPress Anda.

Plugin WordPress yang Wajib Anda Install

  • Akismet

Tugas dari plugin ini adalah mendeteksi dan memblokir komentar spam secara otomatis. Komentar spam akan dipisahkan dari komentar biasa atau langsung dilakukan auto delete sesuai pengaturannya. Selain Akismet ada pula plugin dengan fungsi serupa yakni WP Spamfree, namun bedanya, Akismet lebih ringan karena tidak menerapkan metode javascript seperti yang ada di WP-Spam Free. Akismet sudah tersedia gratis saat pertama kali Anda menginstall WordPress. Anda hanya perlu mengaktifkannya saja.

  • WP Supercache

WP Supercache berfungsi mempercepat loading website Anda. Plugin ini mempercepat akses ke halaman website dengan membuat cache berupa HTML statis yang memotong kerja prosesor dari server sehingga lebih ringan saat menampilkan halaman/post yang diingankan pengunjung website Anda. Plugin ini juga cukup ringan untuk diinstal dan sangat dianjurkan di kalangan shared Hosting Indonesia.

  • Jetpack

Awalnya Jetpack lebih dikenal sebagai plugin untuk mempercepat loading website, dengan cara membuat konfigurasi agar gambar-gambar yang kita upload di website dapat di load dengan mudah. Namun ternyata Jetpack memiliki fungsi ekstra yang dapat membantu kinerja website seperti: 1. Memantau traffic mana yang paling populer dari website kita, 2. Menjaga keamanan dari brute force (metode hacking dengan menebak password), 3. Memberikan notifikasi paling update dari website Anda seperti saat sedang mengalami down, serta 4. Melakukan publish otomatis ke media sosial yang terkonfigurasi pada website.

Jika anda mengalami kesulitan untuk menginstall plugin Jetpack, cek tutorial berikut ini

Aktivasi Plugin Jetpack pada WordPress

  • All in One SEO Pack

Sedangkan dari segi pengelolaan konten website, ada plugin yang sangat mudah digunakan dan penting untuk anda install yakni All in One SEO Pack. Sesuai namanya, plugin ini memiliki fitur-fitur yang dapat meningkatkan rating SEO pada CMS Anda. Dengan rating yang bagus, peringkat website Anda di mesin pencarian akan meningkat sehingga Google akan meletakkannya di halaman awal daftar pencarian Ada pula plugin lain untuk meningkatkan rating SEO Anda seperti Yoast SEO dan Google XML Sitemap.

  • All in One WP Security

Plugin WordPress wajib yang berikutnya adalah plugin untuk keamanan. All in One WP Security & Firewall memiliki beberapa kategori keamanan mulai dari dasar, menengah, hingga kategori canggih. Dengan memilih opsi pengamanan tambahan, Anda dapat meningkatkan skor keamanan WordPress Anda. Fiturnya pun sangat beragam mulai dari mengamankan akun user, mengamankan login dan database situs, backup dan restore .htcaccess, blokir akses berbahaya, mencegah metode hacking brute force, scanning, memblokir komentar spam, serta mencegah pencurian artikel.

TUTORIAL WAJIB UNTUK KEAMANAN WORDPRESS

2 Replies to “5 Plugin WordPress yang Wajib Anda Install

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *