Para pengguna WordPress tentu sudah familiar dengan fungsi plugin afiliasi yang bisa membantu banyak pekerjaan. WordPress menawarkan segudang plugin gratis maupun berbayar agar website Anda semakin mudah diatur dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Nah, di era digital seperti sekarang, plugin afiliasi untuk WordPress sangat banyak dibutuhkan karena semakin banyak perusahaan yang menawarkan program Affiliate Marketing. Sahabat Qwords bisa memanfaatkan plugin ini untuk mendapatkan penghasilan tanpa perlu keluar rumah. Bagaimana caranya? Tenang, pada artikel kali ini akan dibahas seputar berbagai jenis plugin afiliasi wordpress yang wajib diketahui, terutama jika Anda ingin mendongkrak pendapatkan ditengah pandemi covid-19.

 

Plugin Afiliasi WordPress yang Bisa Memaksimalkan Pendapatan

 

10 Plugin WordPress Affiliate Marketing Terbaik
10 Plugin WordPress Affiliate Marketing Terbaik

1. Pretty Link

Pretty Links
Pretty Links

Plugin Pretty Link merpakan salah satu senjata andalan bagi para pengguna WordPress, terutama untuk yang memanfaatkan sistem monetasi berbasis program afiliasi. Umumnya, para pemasar online, affiliater, atau blogger menggunakan Pretty Link untuk menyingkat alamat URL sehingga lebih mudah dan praktis ketika dibagikan.

Jika dibandingkan dengan plugin affiliate marketing lain, Pretty Link cukup lengkap dari segi fitur, karena hanya dengan menginstall satu plugin Anda sudah bisa menyingkat URL, melihat statistik tautan yang banyak diklik, serta menyortir informasi berdasarkan alamat IP, lokasi geografis, waktu terjadinya klik, dan masih banyak lainnya.

Data internal tersebut tentu akan sangat bermanfaat bagi blogger untuk memaksimalkan campaign guna mendongkrak potensi keuntungan yang lebih besar.

Plugin ini bisa didownload melalui halaman resmi WordPress secara gratis. Sementara untuk kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi karena sudah memperoleh 200 ribu lebih pengguna aktif serta rating hampir sempurna.

 

2.MonsterInsights

Plugin MonsterInsight
MonsterInsight

Salah satu rahasia yang menjadi kunci kesuksesan mengikuti program afiliasi adalah kemampuan dalam hal analisa strategi. Nah, untuk bisa menyusun strategi yang baik dan efektif, maka Anda setidaknya memerlukan data atau statistik dari pengunjung untuk diolah.

Plugin MonsterInsight bakal menjawab kebutuhan data traffic yang masuk kedalam website Anda secara gamblang langsung dari dashboard WordPress. Kinerja plugin MonsterInsight sendiri banyak disukai karena bisa mengakomodir berbagai fitur tracking Google Analitycs hanya dalam beberapa kali klik.

Dengan berbagai kecanggihan fiturnya, sampai saat ini MonsterInsight sudah didownload lebih dari 2 juta pengguna aktif serta mendapatkan review hampir sempurna.

 

3. AffiliateWP

 

Jika Anda merupakan tipe blogger yang mengandalkan monetize melalui aktifitas penjualan. Maka, sangat disarankan untuk memiliki plugin AffiliateWP sebagai salah satu tools untuk menunjang pemasaran.

Plugin AffiliateWP merupakan salah satu tools yang cukup powerfull dan mudah digunakan. Selain bisa menunjang aktivitas pengaturan link menuju produk afiliasi, Anda juga bisa mengatur tracking penjualan yang terintegrasi langsung dengan website e-Commerce.

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang Dari Internet dengan Affiliate Marketing

 

 

4.MailChimp for WordPress

 

Plugin MailChimp fo WordPress adalah salah satu komponen penting bagi para blogger untuk memperluas opsi pemasaran link afiliasi. Pasalnya, dengan menginstall plugin yang satu ini Anda tidak hanya akan mendapatkan potensi penjualan dari banner atau artikel website semata, tapi bisa juga dari email marketing yang berisi newsletter, weekly catalogue, bahkan dari formulir subscribe yang dikirimkan personal melalui email.

Sayangnya, layanan MailChimp sendiri mengharuskan blogger untung membayar biaya berlangganan untuk bisa menikmati fitur-fitur yang ada secara optimal. Sementara jika ingin mencoba versi trial atau gratisan, Anda hanya diberikan fasilitas untuk membuat tiga form dan tidak bisa menyimpan kontak secara leluasa.

Secara umum, plugin ini masih sangat layak dicoba, jika Anda ingin mendapatkan potensi keuntungan lebih besar dari sekarang.

 

5. ThirstyAffiliates

 

Ada yang salah dengan sistem kerja Anda jika di tahun 2020 ini masih mengatur dan mengelola website afiliasi secara manual. Selain bakal sangat melelahkan, cara manual juga tidak direkomendasikan bagi para peminat program afiliasi pemula karena akan sangat lama untuk bisa mengimbangi jumlah link yang dimiliki para pemain afiliasi yang sudah ada.

Sebagai jawaban atas kondisi tersebut, Anda bisa mencoba memasang plugin ThirstyAffiliates yang tercatat menawarkan berbagai fitur kekinian untuk mempermudah Anda mengelola link afiliasi dari dashboard WordPress.

Fitur yang membuat plugin ThirstyAffiliates banyak disukai adalah kemudahan dalam mengorganisir link secara massal, sehingga sangat menghemat waktu kerja. Selain itu, pihak pengembang juga menawarkan fitur handal seperti kemudahan dalam memasukkan link afiliasi ke dalam artikel postingan, mengkategorikan link berdasarkan referal, hingga menyembunyikan link afiliasi jika dirasa sudah tidak menguntungkan lagi. Sangat menarik bukan?

 

6. OptinMonster

 

Bicara soal afiliate marketing, tentu pembahasannya tidak akan terlepas dari traffic an kemampuan dalam mendorong lead. Nah, untuk memaksimalkan traffic yang masuk tpi tidak sempat melakukan klik maupun pembelian, Anda bisa memprospeknya untuk menjadi subscriber.

Plugin OptinMonster bakal memberikan keleluasaan bagi Anda untuk mengatur dan mengarahkan pengunjung agar mau berlangganan via email atau nomor telepon. Dengan begitu, Anda memiliki dua keuntungan, yang pertama yakni database pelanggan potensial, dan yang kedua berupa peluasan channel penjualan melalui email marketing.

 

7. Ultimate Affiliate Pro

Ultimate Affiliate Pro
Ultimate Affiliate Pro

Ultimate Affiliate Pro adalah plugin afiliasi untuk WordPress yang bisa terintegrasi dengan e-Commerce untuk mengaktifkan sistem membership serta pemeringkatan berdasarkan kinerja referal. Plugin ajaib yang satu ini bisa memberikan keleluasaan bagi pemilik website untuk mengatur skema MLM (Multi Level Marketing) lengkap dengan sistem level komisi, bonus, serta reward yang berbeda-beda.

Baca juga: Mengenal Program Afiliasi dan Cara Menjalankannya

Sebagai pendukung para pemain Afiliasi, Ultimate Affiliate Pro tercatat mampu memberikan fungsi spesial untuk menghadirkan diskon spesial, link generator, hingga sistem dompet digital jika bersedia berbelanja langsung melalui website yang bersangkutan.

Terlepas dari segudang fitur canggih yang diberikan, sayangnya plugin Ultimate Affiiate Pro hanya bisa dinikmati dalam versi berbayar. Harganya sendiri berkisar antara Rp500 ribu sampai Rp800 ribu untuk satu lisensi, tergantung kurs dollar.

 

8. EasyAzon

 

Amazon memang belum terlalu familiar di kalangan para shopaholic Indonesia. Namun, situs ini sudah lebih dulu terkenal di kalangan blogger karena memberikan komisi menarik untuk program afiliasi barang.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk mengais rejeki melalui program afiliasi dari Amazon Anda bisa menggunakan plugin EasyAzon yang memungkinkan pelanggan untuk langsung mencari barang melalui blog Anda.

 

9. Affiliates Manager

Plugin Affiliates Manager
Affiliates Manager

Plugin Affiliates Manager sangat cocok digunakan oleh para pelaku UMKM untuk mendorong penjualan barang atau jasa secara global. Anda bisa mengintegrasikan plugin ini dengan website berbasis WooCommerce, WP eCommerce, dan lain sebagainya untuk memberikan komisi penjualan kepada siapa saja yang mengikuti program afiliasi.

 

10. Easy Affiliate Links

 

Plugin WordPress terakhir yang wajib digunakan oleh para pemain Affiliate Marketing adalah Easy Affiliate Links. Dengan menggunakan plugin ini Anda bisa mengatur link referal, mulai dari memperpendek, hingga membatasi masing-masing link yang akan ditampilkan.

 

Penutup

 

Itulah 10 plugin WordPress Affiliate Marketing terbaik yang perlu Anda ketahui. Untuk bisa mengoptimalkan pendapatan, Anda dapat melakukan sedikit eksperimen atau uji coba menggunakan beberapa plugin afiliasi di atas sehingga mampu menemukan formula yang tepat untuk karakteristik pengunjung website.

Saat ini, ada banyak layanan yang menawarkan program afiliasi menarik. Salah satunya adalah Qwords.com yang memberikan komisi hingga 70%. Proses pencairan komisi member afiliasi Qwords.com juga lebih cepat karena ditransfer langsung melalu rekening yang didaftarkan.

Anda bisa mendaftar program afiliasi Web Hosting Indonesia dari Qwords.com Gratis melalui tautan berikut ini:

Daftar Program Afiliasi Qwords, Komisi 70%

 

Sekian artikel pada kesempatan kali ini, jika ada pertanyaan, kritik, maupun saran Anda bisa menghubungi kami melalui kolom komentar. Jangan lupa untuk klik bagikan karena share itu gratis.

Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *