Plugin page builder saat ini semakin sering ditemukan dalam paket dokumentasi template berbayar maupun gratisan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya tidak semua orang bisa merancang tampilan website dari awal hingga akhir menggunakan kode-kode HTML maupun bahasa pemrograman.

Dengan menggunakan plugin page builder masalah tersebut bisa diatasi sendiri oleh konsumen, jadi template yang sudah terpasang tidak perlu diganti lagi jika ingin menambahkan elemen ataupun melakukan kustomisasi sesuai keinginan.

Apa Itu Plugin Page Builder?

Plugin page builder WordPress merupakan sebuah komponen yang bisa digunakan untuk membantu para blogger atau web developer dalam merancang sebuah tampilan website secara instan. Jadi, Anda tidak perlu menguasai bahasa pemrograman agar bisa mendapatkan beragam desain layout untuk memenuhi kebutuhan website landing page, web company profile, blog, ataupun toko online.

Baca juga: 8 Plugin WordPress Untuk Toko Online Terbaik Saat Ini

Sebaliknya, jika theme yang Anda gunakan sudah mendukung Page Builder maka proses kustomissasi tinggal semudah drag and drop seperti ketika memainkan game anak-anak.

Plugin page builder sendiri saat ini banyak digunakan karena mampu menghemat waktu coding maupun proses desain secara signifikan. Adapun terkait masalah harga, ada beberapa page builder yang memang gratis untuk digunakan tapi ada juga yang mengharuskan pengguna untuk berlangganan.

Cara Menggunakan Plugin Page Builder WordPress

plugin page builder
plugin page builder

Layaknya plugin wordpress pada umumnya, cara menggunakan plugin page builder hanya tinggal menginstall dan setting pengaturan dasar. Kendati demikian, dalam beberapa kasus plugin ini memang tidak bisa sembarangan digunakan pada theme WordPress, karena memang perlu integrasi khusus agar bisa berjalan berdampingan.

Dibawah ini terdapat 7 jenis plugin page builder gratis dan berbayar yang bisa Anda coba untuk membuat tampilan website sesuai keinginan.

7 Plugin Page Builder WordPress Terbaik, Tinggal Drag and Drop!

 

1. Visual Composer 

visual composer
visual composer

Page builder yang satu ini merupakan plugin yang kerap kali digunakan oleh para creator theme wordpress kawakan. Visual Composer sangat populer di kalangan blogger maupun web developer karena tampilannya yang lengkap sekaligus fleksibel.

Sayangnya plugin ini tidak tersedia secara gratis alias berbayar, namun Anda bisa menikmati fasilitas didalamnya ketika menggunakan template premium seperti Soledad – Multipurpose theme atau Rehub.

Baca juga: 15 Template WordPress Gratis Terbaik

Berbekal rating lima bintang di Envato Market serta penjualan yang sudah menembus angka lebih dari 300 ribu copy, Visual Composer page builder tentu sangat direkomendasikan jika Anda sedang mencari pilihan terbaik untuk merubah komposisi website atau landing page.

2. Elementor Page Builder

elementor
elementor

Daftar page builder rekomendasi kami berikutnya adalah Elementor Page Builder yang hadir mengusung desain antarmuka simpel dan mudah digunakan. Kinerja Elementor page builder juga tidak kalah powerfull jika dibandingkan dengan Visual Composer, padahal sebagian besar fitur didalam plugin ini sampai sekarang masih bersifat gratis alias tidak perlu berlangganan.

Bagian paling menarik dari Elementor adalah proses kustomisasi website yang tinggal drag and drop sesuai halaman yang diinginkan. Sementara jika ingin melihat hasilnya bisa memilih tombol preview sebelum memutuskan untuk benar-benar mempublikasikan hasil desain.

3. Live Composer 

Live composer
Live composer

Pengalaman menggunakan plugin Live Composer pertama kali penulis dapatkan ketika mengedit tampilan website klien yang terinstal theme Consulting – Business, Finance WordPress. Secara mengejutkan, plugin ini ternyata sudah menawarkan banyak fitur keren tanpa harus membayar biaya berlangganan.

Sayang memang, di Indonesia tidak banyak blogger yang menggunakan Live Composer Page Builder sebagai senjata utama sehingga minim sharing informasi maupun tutorial berbahasa lokal sebagai antisipasi ketika website mengalami kendala pada sisi tampilan.

4. Page Builder by SiteOrigin

SiteOrigin
SiteOrigin

Tanpa dibekali kemampuan coding sama sekali, Anda akan mendapatkan tampilan website interaktif yang cukup menawan ketika menggunakan Page Builder by SiteOrigin. Terlepas dari itu, plugin yang sudah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna tersebut juga memiliki tingkat kompatibilitas cukup tinggi ketika diinstal menggunakan theme premium maupun gratisan.

Selebihnya, SiteOrigin juga memberikan fitur otentik yang disebut sebagai history editor guna mengakomodir kebutuhan pengguna saat ingin mengembalikan tampilan website tanpa perlu mengubah atau mengatur layout konten dari awal.

5. Beaver Builder

Dari sekian banyak page builder yang ada didalam artikel kali ini, nama Beaver Builder mungkin agak terdengar kurang familiar di kalangan pengguna Tanah Air. Meski begitu, Beaver Builder saat ini sudah mampu menembus angka 500 ribu unduhan secara global berkat layanan lite (gratis) dan premium (berbayar) yang ditawarkan.

Sama seperti SiteOrigin page builder, Beaver Builder juga turut memberikan layanan custom CSS agar mendorong pengguna lebih kreatif dalam membuat desain tampilan website. Berikut merupakan hasil tangkapan layar dari dalam plugin Beaver Builder versi lite (gratisan).

beaverly builder
beaverly builder

6. Divi Page Builder

Divi
Divi

Siapa yang tidak kenal dengan Divi, page builder berbayar yang dikembangkan oleh Elegant Theme ini seakan sudah melegenda berkat fleksibilitas desain serta pembaruan fitur yang selalu menyesuaikan dengan kebutuhan zaman.

Di era website yang serba responsif seperti sekarang ini, Divi page builder juga turut membekali layoutnya dengan kemampuan apik ketika diakses menggunakan perangkat mobile. Alhasil, website Anda bakal lebih SEO Friendly saat menggunakan tampilan hasil racikan plugin ini.

Terlepas dari itu, hasil kustom desain yang didapatkan dari Divi page builder nantinya juga bisa di eksport sebagai lngkah antisipasi jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk di instal di website lain maupun disimpan sebagai arsip desain.

7. Themify Page Builder

Themify menjadi plugin page builder terakhir yang menutup artikel kali ini. Kami memilih plugin ini salah satunya karena menyediakan pilihan versi gratis dan berbayar sehingga lebih mudah dalam mengatur budget sesuai kebutuhan.

Dari segi kinerja, Themify mampu memberikan akses kustomisasi mulai dari hal kecil seperti membuat tombol, icon, hingga layout seluruh halaman sesuai apa yang diinginkan. Berikut tampilan sekilas dari plugin Themify page builder.

Tampilan Themify page builder
Tampilan Themify

Penutup

Memilih dan menentukan plugin page builder yang tepat memang harus disesuaikan dengan kebutuhan serta budget yang disediakan. Jadi, jika saat ini Anda masih dalam tahap belajar sebaiknya memulai dari versi gratisan meski fitur yang didapat tidak sebanyak seperti ketika menggunakan versi berbayar.

Selain itu, agar lebih maksimal dalam belajar mengelola website berbasis wordpress Anda juga bisa memanfaatkan layanan hosting murah Value Performance dari Qwords.com yang harganya jauh lebih terjangkau dibandingkan biaya langganan paket internet selama satu bulan. Bagaimana? Sangat menarik bukan?

Jangan lupa untuk klik bagikan atau sekadar meninggalkan jejak di kolom komentar jika ada pertanyaan lebih lanjut seputar plugin page builder. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *