7 Plugin Ongkos Kirim Paling Banyak Digunakan Website Toko Online

3 min read

7 Plugin Ongkos Kirim Paling Banyak Digunakan Website Toko Online

Kehadiran plugin ongkos kirim di website toko online merupakan salah satu bentuk komitmen penjual dalam mengoptimalkan kenyamanan pelanggan. Pasalnya, besaran ongkos kirim kerap kali menjadi faktor krusial yang digunakan sebagai patokan apakah jadi membeli produk atau batal.

Sebagai penjual yang baik, menyediakan pengalaman optimal kepada calon pelanggan merupakan salah satu kewajiban jika ingin bisnisnya semakin maju dan berkembang. Maka dari itu, Anda perlu menyediakan salah satu plugin ongkos kirim rekomended berikut ini agar pengunjung bisa lebih mudah dalam memperkirakan total biaya yang nantinya akan dikeluarkan.

Dari belasan atau bahkan puluhan plugin ongkos kirim yang bisa kita temukan. Ada beberapa plugin yang memang benar-benar bisa dikategoikan sebagai plugin cek ongkir wordpress terbaik, karena selain populer dan banyak digunakan, layanan yang ditawarkan juga sudah teruji kehandalannya. Berikut ulasan selengkapnya.

7 Plugin Ongkos Kirim Paling Banyak Digunakan Website Toko Online
7 Plugin Ongkos Kirim Paling Banyak Digunakan Website Toko Online

Plugin Ongkos Kirim Paling Banyak Digunakan Website Toko Online

 

1. Plugin Ongkos Kirim by Tonjoo Studio

Tonjoo Studio tidak hanya terkenal sebagai developer software dan website, tapi mereka ternyata juga mengembangkan beberapa plugin penting seperti Plugin Ongkos Kirim yang banyak membantu para pelaku bisnis toko online di Indonesia.

Kelebihan plugin ongkos kirim dari Tonjoo Studio di antaranya yakni sudah menggunakan API mandiri sehingga tidak lagi bergantung pada API pihak ketiga.

Plugin ini tersedia dalam versi gratis ataupun berbayar, untuk versi gratis pengguna bisa mendapatkan layanan cek ongkos kirim hingga level kecamatan dari JNE, J&T, Wahana, POS, Tiki, dll. Akan tetapi, website yang bisa digunakan hanya bisa 1 buah dengan masa aktif selama 14 hari pemakaian.

Sementara untuk paket berbayar, terdapat empat pilihan versi mulai dari paket personal, multi, dan developer yang dibanderol paling mahal Rp700.000 per tahun.

2. Raja Ongkir

Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung di ranah jual beli online pastinya sudah tidak asing lagi dengan nama Raja Ongkir. Seiring perkembangan zaman, Raja Ongkir kini sudah berekspansi menghadirkan layanan API cek ongkos kirim yang bisa digunakan dalam bentuk widget ataupun plugin di website toko online.

Jadi, selain bisa dimanfaatkan untuk melakukan tracking resi pengiriman, Raja Ongkir sekarang bisa digunakan juga untuk mempermudah calon pelanggan dalam mengecek biaya ongkos kirim.

3. Ongkoskirim.id

plugin ongkos kirim - ongkoskirim.id

Plugin rekomendasi berikutnya merupakan layanan dari Ongkoskirim.id yang selain sudah terintegrasi dengan WooCommerce juga menawarkan paket versi gratis dengan fitur terbatas. Kendati demikian, kinerja dari plugin versi gratis ini masih terbilang wort-it karena bisa bertahan tanpa masa kadaluarsa alias selamanya.

Baca juga: Cara Install Plugin WooCommerce Sampai Selesai

Terlepas dari itu, layanan Ongkoskirim.id mampu memberikan informasi besaran biaya ongkos kirim hingga level kecamatan untuk 1 website. Hanya saja pemilik website tidak bisa menampilkan pilihan ekspedisi selain layanan reguler. Misalnya, seperti JNE YES, JNE OKE, dan sebagainya.

4. Epeken

Plugin ongkos kirim Epeken
Epeken

Epeken melengkapi pilihan plugin cek ongkos kirim terbaik yang paling banyak digunakan oleh website toko online. Plugin yang sudah terintegrasi dengan WooCommerce tersebut awalnya masih dibangun menggunakan API dari JNE, kemudian oleh sang developer dikembangkan sedemikian rupa hingga menjadi seperti saat ini.

Menurut informasi dari laman website resmi, asal-usul dari kata Epeken sendiri berasal dari kata “Peken” atau dalam bahasa jawa berarti Pasar. Selanjutnya, sejak beroperasi pertama kali pada tahun 2015 silam hingga kini Epeken tetap eksis melayani ratusan website toko online yang membutuhkan akses ke plugin cek ongkos kirim.

Keunggulan Epeken yang paling mencolok adalah penggunaan fitur Dropship Readiness yang memudahkan para dropshipper untuk melakukan pengecekan ongkos kirim berdasarkan kota. Sedangkan untuk calon pngguna yang masih ragu unuk mencoba disediakan paket langganan perbulan dengan biaya Rp25 ribu saja.

5. Woongkir by Sofyan Sitous

Woongkir merupakan salah satu plugin lokal buatan dalam negeri yang bisa dimanfaatkan oleh para pengguna WoCommerce. Plugin ini fungsinya sama seperti plugin ongkos kirim lain, yakni membantu mengkalkulasi besaran biaya ongkos kirim secara otomatis tanpa perlu input manual.

Plugin yang menggunakan API dari layanan Raja Ongkir tersebut hingga kini sudah diunduh lebih dari 2000 kali oleh pengguna WordPress. Jadi, performanya tentu sudah tidak perlu diragukan lagi.

6. WooCommerce JNE Shipping by AgenWebsite

Plugin ongkos kirim WooCommerce JNE
WooCommerce JNE Shipping

Berbeda dibandingkan plugin Raja Ongkir, plugin cek ongkir yang satu ini merupakan layanan yang khusus ditujukan untuk mengecek biaya ongkos kirim menggunakan layanan ekspedisi Jalur Nugraha Ekakurir (JNE). Meski begitu, plugin ini cukup banyak digunakan karena JNE masih menjadi ekspedisi terbesar di Indonesia.

Sampai artikel ini dibuat, plugin WooCommerce JNE Shipping telah diinstal sebanyak 700 kali. Sementara pilihan paketnya terdiri dari tiga opsi, yakni JNE Free, JNE Full, dan JNE Exclusive. Bagaimana apakah Anda tertarik untuk menggunakan plugin ini?

7. WooCommerce Indo Ongkir WordPress Plugin

Plugin Indo Ongkir merupakan salah satu plugin yang sudah mendukung fitur Shipping Zone dari WooCommerce. Jadi, pemilik website toko online bisa memilih konfigurasi antar zona seperti untuk pengiriman menuju ke Jawa Tengah menggunakan JNE, ke Jawa Barat menggunakan J&T, dan gratis ongkir via J&T untuk pengiriman di seputaran wilayah DKI Jakarta.

Sayangnya pihak pengembang plugin ini tidak memberikan layanan versi gratis atau trial sehingga calon pengguna yang tertarik untuk mencoba setidaknya harus mengeluarkan biaya kurang lebih sekitar Rp300 ribu per tahun.

Sampai versi update yang paling baru, Plugin Indo Ongkir mengklaim sudah mendukung lebih dari 10 perusahaan ekspedisi di Indonsia untuk memaksimalkan jangkauan para pengguna. Sementara untuk fleksibilitas dalam penyesuaian dari sisi penjual, diberikan pilihan kustomisasi dari segi nama layanan pengiriman maupun mark up harga.

Penutup

Itulah daftar 7 plugin cek ongkos kirim WordPress terbaik yang paling banyak digunakan oleh website toko online. Apakah toko online Anda sudah menggunakan plugin semacam ini? Jika belum sangat direkomendasikan untuk menambahkan salah satu plugin ini agar calon pelanggan semakin mudah dalam mengambil keputusan sebelum membeli.

Sebagai Top 5 provider Cloud web hosting Indonesia, Qwords.com selalu berkomitmen untuk membagikan berbagai informasi menarik seputar tips dan trik pengembangan website untuk mendukung keberlangsungan usaha Anda. Jadi, jangan lupa untuk meninggalkan jejak di kolom komentaar atau membagikan artikel ini ke sosial media jika dirasa bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *