Sistem Operasi Windows merupakan OS terpopuler di kalangan pengguna komputer desktop dan laptop. Tak hanya itu, bahkan sekarang ini sistem operasi dari sebuah PC identik dengan Windows. Walaupun ada perangkat lunak lain yang bersaing dengan produk besutan Microsoft ini.

Dengan berbagai perbaruan, Windows yang satu ini menyajikan kemajuan desain interface yang lebih halus. Walau sudah menggunakan GUI (Graphical User Interface), Windows tetap menggandeng Command Prompt sebagai salah satu commander-nya.

Sebenarnya apa itu Command Prompt? Dan apa saja fungsi serta perintah Command Prompt Windows 10? Berikut ini uraian lengkapnya!

Apa itu Command Prompt?

Apa Itu Command Prompt
Apa Itu Command Prompt

Command Prompt didefinisikan sebagai aplikasi berbasis text yang berfungsi untuk menerjemahkan perintah yang dimasukkan oleh user. Command Prompt ini hanya ada di aplikasi Windows, dan merupakan cikal bakal dari sistem operasi Windows yang kita kenal hingga sekarang.

Microsoft Windows 10 memang memiliki kemudahan akses pada aplikasinya karena berbasis GUI. Namun ada beberapa perintah yang hanya bisa dilakukan dengan menggunakan Command Prompt Windows.

Berbagai fungsi dari Command Prompt Windows diantaranya adalah menjalankan fungsi pengecekan jaringan (ping), memeriksa kondisi partisi harddisk, mengetahui alamat IP dan MAC Adress komputer, serta melakukan fiksasi bad sector pada harddisk. Selain itu, masih ada banyak lagi kegunaan dari perintah satu ini.

Ada berbagai shortcut Command Prompt yang bisa digunakan untuk menjalankan perintah-perintah melalui Command Prompt Windows. Di bawah ini kami sertakan berbagai perintah Command Prompt yang akan berguna bagi kehidupan anda.

Jenis-jenis Perintah Command Prompt

Perintah Command Prompt
Perintah Command Prompt

Command Prompt berisi perintah-perintah yang harus di-input-kan secara tertulis oleh user. Berbagai tips hacks Command Prompt bisa dilakukan dengan memasukkan perintah tertentu pada aplikasi. Berikut ini berbagai perintah Command Prompt yang sekiranya bermanfaat untuk anda.

1. Ping

Perintah aplikasi Command Prompt yang paling terkenal adalah Ping. Perintah yang satu ini bertujuan untuk mengecek koneksi jaringan, baik jaringan internet maupun antar komputer yang digunakan untuk file transfer. Cara penggunaan perintah yang satu ini adalah dengan mengetikkan “ping …” dengan alamat IP atau alamat web pada bagian titik-titik.

Ping yang berhasil akan menampilkan tulisan “Reply …”. Hal ini menandakan kualitas jaringan anda baik. Namun jika perintah tersebut tidak menghasilkan tulisan apapun, berarti ada yang salah dengan jaringan.

2. Ipconfig

Perintah Command Prompt ini digunakan untuk mengetahui alamat IP dari komputer yang anda gunakan. Ipconfig merupakan singkatan dari IP Configuration, dan memiliki berbagai kombinasi perintah lain sesuai dengan yang dibutuhkan.

Apabila anda ingin mengetahui alamat jaringan komputer anda sendiri, anda bisa mengetikkan “ipconfig” saja. Berbagai kombinasi perintah lain dari Command Prompt yang berkaitan dengan IP dan DNS diantaranya adalah :

  • Ipconfig /all : untuk menampilkan konfigurasi IP lengkap
  • Ipconfig /displaydns : untuk menampilkan DNS cache
  • Ipconfig /flushdns : untuk menghaspus DNS cache
  • Ipconfig /release : melepas semua koneksi
  • Ipconfig /renew : memperbarui semua koneksi
  • Ipconfig /registerdns : melakukan pendaftaran ulang DNS
  • Ipconfig /showclassid : menunjukkan DHCP pada Class ID
  • Ipconfig /setclassid : melakukan modifikasi terkait DHCP Class ID

3. Chkdsk

Salah satu perintah pada Command Prompt ini berkaitan dengan partisi harddisk. Fungsi ini akan menampilkan kondisi terkini dari sebuah disk, dan mendeteksi kesalahan yang ada di sana. Selain itu, Command Prompt shortcut ini juga mampu digunakan untuk memperbaiki kesalahan yang melekat pada harddisk.

4. Calc

Tahukah anda, “calc” adalah metode Command Prompt hacks yang mampu memudahkan kegiatan anda ketika ingin menghitung angka. Dengan mengetikkan perintah tersebut, anda tidak perlu susah-susah mencari aplikasi kalkulator pada menu Start Windows.

Baca juga : Tips Mengakses Internet Dengan Aman 

5. Diskpart

Perintah untuk Command Prompt yang satu ini juga masih berkaitan dengan adanya harddisk. Ketika anda mengetikkan “diskpart” pada Command Prompt Windows, maka anda akan melihat manajemen disk secara tertulis pada aplikasi tersebut.

Dengan visibilitas sebuah partisi, anda akan lebih mudah melakukan format partisi, hapus partisi, dan berbagai fungsi lainnya dengan menggunakan fungsi tersebut.

6. Notepad

Selain bisa membuka aplikasi kalkulator, melalui Command Prompt Windows kita juga bisa membuka aplikasi Notepad. Aplikasi Notepad berfungsi sebagai catatan tertulis yang kemungkinan akan anda butuhkan sewaktu-waktu.

7. Taskmgr

Perintah dari Command Prompt Windows 10 yang satu ini berfungsi untuk memanggil Task Manager dari sebuah komputer. Task Manager merupakan pengelola aplikasi yang sedang berjalan secara realtime.

Melalui aplikasi ini, anda bisa mengecek kapasitas CPU dan Memory yang sedang digunakan. Selain itu, anda juga mampu menyudahi laju aplikasi jika sewaktu-waktu aplikasi not responding.

8. Shutdown

Shortcut Command Prompt yang satu ini memang sangat familiar. Perintah ini bisa anda gunakan untuk mematikan komputer tanpa harus melalui aplikasi Shutdown yang ada di dalamnya. Jadi, mematikan laptop dengan CMD akan terasa lebih mudah.

Berbagai perintah dari Command Prompt Windows di atas bisa anda gunakan pada aplikasi CMD. Penggunaan aplikasi command prompt tanpa mengetahui fungsinya seringkali mampu membuat error sistem operasi. Jadi, selalu hati-hati, ya!

Untuk Anda saat ini yang membutuhkan hosting untuk keperluan website, Kami memiliki rekomendasi WordPress Hosting yang sesuai kebutuhan website WordPress Anda. Dengan menggunakan WordPress memiliki banyak keunggulan dibandingkan website biasa. Tunggu apalagi wujudkan website Anda bersama Qwords.com sekarang juga.

Terima kasih

7 Replies to “Tips dan Trik Hack Dari Command Prompt Windows 10

    1. Sama-sama kak,
      Terima kasih sudah berkunjung di Qwords Blog, jangan lupa kalau urusan domain hosting percayakan pada Qwords saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *