Perbedaan Zoom Gratis dan Berbayar, Pilih Mana?

3 min read

Perbedaan Zoom Gratis dan Berbayar

Aplikasi zoom cloud meeting menjadi salah satu perangkat online yang banyak digunakan di masa pandemi sekarang ini. Namun, aplikasi zoom ini ada dua versi, yaitu zoom gratis dan juga zoom berbayar. Dan pada artikel ini anda dapat mengetahui apa saja perbedaan zoom gratis dan berbayar.

Walaupun aplikasi zoom sudah banyak digunakan di berbagai kalangan masyarakat, pasti masih ada beberapa masyarakat yang belum mengetahui apa itu zoom. Sehingga, sebelum membahas mengenai perbedaan kedua versi zoom tersebut, kita akan membahas tentang pengertian aplikasi zoom.

Apa Itu Zoom

zoom
zoom

Terdapat berbagai aplikasi atau media yang menyediakan berbagai fitur untuk mendukung kegiatan secara online yang perlu melakukan tatap muka atau video conference, salah satunya adalah Zoom cloud meeting yang tentunya sudah sering digunakan oleh masyarakat.

Zoom atau zoom cloud meeting merupakan aplikasi yang diciptakan oleh miliarder, Eric Yuan, yang dirilis pada bulan januari 2013. Zoom merupakan aplikasi komunikasi jarak jauh dengan menggunakan video yang dapat digunakan diberbagai perangkat seluler, desktop, hingga telepon dan sistem ruang.

Fitur Zoom Meeting

Fitur Zoom Meeting
Fitur Zoom Meeting

Biasanya, para pengguna menggunakan aplikasi ini untuk melakukan meeting atau konferensi video dan audio untuk kegiatan perkantoran maupun pembelajaran secara daring atau online. Pada aplikasi

Ini juga terdapat berbagai fitur yang dapat mendukung berbagai kegiatan online, diantaranya adalah:

1. Video dan audio HD

Dengan menggunakan aplikasi zoom cloud meeting, anda tidak perlu khawatir dengan kualitas gambar dan audio yang dihasilkan. Karena aplikasi ini sudah didukung dengan kualitas HD (High Definition).

2. Keamanan

Untuk sistem keamanannya, anda tidak perlu khawatir, karena pada aplikasi ini terdapat sistem end-to-end encryption untuk semua meeting yang dilakukan. Selain itu, juga terdapat perlindungan dengan menggunakan kata sandi, sehingga akan lebih aman.

3. Recording/rekaman

Dengan adanya fitur ini, anda bisa merekam jalannya rapat atau online meeting dengan aplikasi ini. Untuk jenis rekamannya terdapat dua jenis, yaitu dalam bentuk video ataupun dalam bentuk gambar.

4. Sistem jadwal

Dalam aplikasi zoom ini, anda bisa mengatur jadwal meeting online, sehingga anda bisa tahu kapan saja kegiatan meeting anda dan bisa mempersiapkannya.

5. Virtual background

Dengan fitur ini, anda bisa mengganti background pada video anda selama meeting atau video conference berjalan.

Namun, fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi zoom ini tentunya berbeda, terkait dengan perbedaan zoom gratis dan berbayar. Walaupun perbedaannya tidak terlalu banyak.

Untuk cara menggunakan zoom ini, ada beberapa tahap yang perlu dilakukan. Pertama yaitu menginstal aplikasi zoom cloud meeting terlebih dahulu jika anda ingin menggunakan zoom sebagai aplikasi. Zoom ini dapat diinstal di smartphone maupun laptop atau PC anda.

Setelah terinstal, anda bisa mendaftarkan diri dengan menekan tombol Sign Up, lalu masukkan email dan data diri anda pada halaman tersebut. Kemudian mengaktivasi akun anda dengan menekan “Activate Account”, dan anda bisa menggunakan zoom meeting secara gratis.

Untuk mengikuti meeting yang sudah tersedia, anda bisa bergabung melalui link atau dengan memasukkan ID meeting dan password yang tersedia. Dan pastikan sebelum menggunakan aplikasi zoom, perangkat anda harus terhubung dengan jaringan internet.

Baca juga : Mengenal Google Workspace, Penganti Layanan G Suite

Perbedaan Zoom Gratis dan Berbayar

Zoom Premium vs Zoom Free
Zoom Premium vs Zoom Free

Dalam menyelenggarakan meeting, terdapat dua pilihan untuk menggunakan zoom yaitu versi gratis atau menggunakan zoom versi berbayar. Kedua versi tersebut tentunya memiliki fitur-fitur yang berbeda.

Jika anda hanya sebagai peserta dalam sebuah meeting, anda tidak perlu menggunakan zoom berbayar, karena sebagai peserta fitur-fitur yang tersedia pada zoom gratis maupun berbayar relatif sama.

Biasanya, aplikasi zoom versi berbayar direkomendasikan kepada para pengajar dan perusahaan. Contohnya untuk guru atau dosen pengajar yang memang membutuhkan fitur zoom yang lebih baik, agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar. 

Selain itu, zoom berbayar digunakan untuk tujuan jangka panjang atau memang kebijakan dari suatu perusahaan. Namun, jika anda menggunakan zoom hanya untuk tujuan jangka pendek atau sekedar berkomunikasi singkat, menggunakan zoom versi gratis sudah sangat cukup.

Berikut merupakan perbedaan zoom gratis dan berbayar.

1. Jumlah peserta meeting

Pada aplikasi zoom cloud meeting versi gratis, ruang meeting hanya dapat menampung sekitar 100 peserta saja. Sedangkan pada versi berbayar, jumlah peserta meeting dapat mencapai 500 hingga 1000 peserta, tergantung dengan besar biaya yang digunakan.

Sehingga dalam hal daya tampung, untuk zoom versi berbayar memang lebih unggul daripada zoom versi gratis. Walaupun memerlukan biaya untuk menggunakannya.

2. Durasi meeting

Dari situs resmi zoom, diketahui bahwa aplikasi zoom untuk versi gratis durasi meetingnya hanya 40 menit saja untuk setiap group meeting. Namun, untuk meeting dengan peserta 1 orang saja, durasinya tidak dibatasi.

Jika anda ingin melakukan group meeting dengan durasi yang lebih lama, anda harus mengupgrade zoom anda ke versi berbayar. Karena untuk zoom versi berbayar memiliki durasi yang lebih lama hingga 24 jam meeting.

Untuk menunjang kelancaran pekerjaan remote dan Work From Home (WFH), kami memiliki saran untuk menambahkan VPN agar semua data-data pekerjaan penting bisa terenkripsi dengan aman. Nah rekomendasi kami anda bisa mencoba layanan VPN Murah dari Diego VPN by Qwords.com.

VPN memiliki keunggulan untuk melakukan enkripsi keamanan datanya sendiri sehingga terbebas dari pencurian data. VPN memiliki jalannya sendiri sehingga dari kecepatan koneksi juga bisa lebih cepat dibandingkan dengan koneksi internet biasa. Fitur lainnya Anda bisa membuka akses-akses pada website yang terkena blokir pemerintah.

Bagaimana tertarik untuk menambahkan layanan VPN untuk keamanan kerja dari rumah?

Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *