Mereka yang tidak bekerja di bidang teknologi informasi khususnya jaringan komputer mungkin belum begitu familiar dengan istilah UDP dan TCP. Keduanya memang tidak dipelajari secara random, dibutuhkan skill dan pengetahuan komputer yang mumpuni untuk bisa memahami definisi maupun perbedaan UDP dan TCP dengan benar.

Pada bidang Teknologi Informasi baik UDP dan TCP masing-masing dimanfaatkan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan digitalisasi, misalnya World Wide Web (WWW). Pada prinsipnya WWW menggunakan teknologi TCP yang memungkinkan pengguna komputer mengakses informasi yang diinginkan.

Apa Itu UDP dan TCP?

Mengenal Perbedaan UDP dan TCP Dalam Jaringan Komputer
Mengenal Perbedaan UDP dan TCP Dalam Jaringan Komputer

UDP atau User Datagram Protocol merupakan bagian protocol yang masih menggunakan sistem lapisan transport TCP/IP memiliki karakter unreliable dan tanpa koneksi antara satu dan beberapa host dalam jaringan TCP/IP.

Baca juga: Pengertian dan Cara Kerja UDP (User Datagram Protocol)

Pada dasarnya, UDP digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas transfer data dengan sangat cepat. Aplikasi UDP paling banyak terjadi pada saat pengguna melakukan streaming video. Protocol ini memang lebih menonjol dalam hal kecepatan daripada keandalan.

Lantas, apa yang dimaksud dengan TCP?

TCP atau Transmission Control Procotol bisa dibilang sebagai penemuan yang sangat jenius. Keberadaan TCP yang kita gunakan saat ini memungkinkan tiap-tiap komputer untuk saling berhubungan entah mengirimkan data atau menerima data.

TCP membuat pengguna komputer bisa masuk dengan mudah menggunakan komputer kedua atau ketiga, cukup dengan satu jaringan. Ada banyak kelebihan yang dimiliki TCP, salah satunya keandalan dalam pengiriman data. Protocol ini mampu membaca data dengan cepat sehingga transfer bisa berjalan dengan lebih efisien.

Perbedaan UDP dan TCP

 

Meskipun sama-sama protocol, baik UDP dan TCP memiliki beberapa karakter yang berbeda. Berikut ini rangkuman perbedaan TCP dan UDP.

1. Karakteristik Operasional

Memutuskan menggunakan UDP, artinya Anda sudah harus mempersiapkan diri untuk menerima karakteristik operasionalnya yang tanpa koneksi. Sehingga, pesan-pesan yang ingin ditransfer oleh protocol ini bisa ditransfer begitu saja tanpa perlu mempertimbangkan hubungan konektivitas antara host-host.

Kebalikan dari UDP, TCP justru berorientasi pada sambungan. Sebelum data ditransfer oleh TCP, protocol  ini akan melakukan sesi koneksi. Apabila sambungan tidak berjalan dengan lancar otomatis TCP tidak bisa diandalkan untuk mengirimkan pesan sesuai kebutuhan.

2. Sistem Transfer Data

Perbedaan UDP dan TCP lainnya tampak pada cara mengirimkan data. UDP bekerja secara tidak berurutan, sehingga file yang dikirim secara bersamaan tidak bisa diprediksi kapan yang sampai pertama kali.

Sementara itu, TCP bekerja dengan cara mengirimkan data secara berurutan. Misalnya, Anda ingin mengirimkan file A-Z. Sistem TCP memungkinkan, Anda menerima file A-Z secara berurutan. Anda tidak perlu merasa khawatir akan kesulitan mengelola data.

3.Kecepatan VS Keandalan

Apabila bicara tentang TCP, kita selalu menyebutnya sebagai protocol yang andal. Karena TCP memiliki sistem unik yang memungkinkan pesan sampai secara utuh meskipun di tengah-tengah hubungan server terputus. Anda yang suka mengirim data untuk kebutuhan pribadi atau bisnis, tidak perlu khawatir penerima data mendapatkan data yang rusak. TCP akan segera meminta bagian data yang terputus sehingga semua data tersambung dan menjadi single data yang valid.

TCP memang berkaitan erat dengan keandalan, tapi UDP berkonotasi pada kecepatan. Tandanya, Anda mungkin akan merasa kecewa ketika mencoba mengirimkan data. Data yang dikirim tidak bisa dipastikan sudah terkirim dengan utuh atau tidak. Itulah mengapa banyak pengguna UDP yang mengeluhkan data korup setelah dicek dan dibuka.

4. Port

Perbedaan UDP dan TCP berikutnya adalah penggunaan port. Saat menggunakan TCP, para pengguna akan menerima port dengan 16-bit dan semuanya adalah bilangan bulat. Masing-masing port memiliki angka yang berbeda dan unik. Berbeda dengan TCP, port yang digunakan pada UDP diklasifikasikan pada tiga jenis. Di mana, pengguna bisa memilih untuk menggunakan port tipe apa. Entah itu port terdaftar, port terkenal atau port ephemeral. Masing-masing port tentunya memiliki karakter angka yang berbeda dan sangat unik.

5. Kemudahan Dalam Menggunakan

Beberapa orang mungkin sangat terobsesi dengan UDP, tapi tidak sedikit pula yang lebih nyaman menggunakan TCP. Dari segi kemudahan user, pada dasarnya TCP jauh lebih mudah untuk dioperasikan. TCP memiliki karakter unik yang mampu menyesuaikan kebutuhan pengguna saat berencana mengirimkan data.

Baca juga: Pengertian dan Kelebihan Dari Jaringan TCP/IP

Berbanding terbalik dengan TCP, UDP justru memberikan pekerjaan baru bagi penggunanya. Karena sewaktu data yang ditransfer tidak terkirim semuanya. Pengguna harus mencari sendiri di mana kekeliruannya. Akan mudah jika data yang dikirimkan jumlahnya sedikit, coba bayangkan jika Anda mengirimkan puluhan atau ratusan data? Membutuhkan waktu yang lama untuk menemukan kesalahannya.

Kesimpulan

Memahami karakter UDP dan TCP bisa menjadi pelajaran berharga terutama jika Anda berminat mempelajari bidang jaringan komputer. Karena dibandingkan dengan bidang pekerjaan lainnya,  pekerjaan di bidang komputerisasi memiliki potensi yang tinggi. Dan UDP dan TCP termasuk jenis protocol yang paling familiar dalam bidang jaringan komputer.

Tidak hanya menguasai basic UDP dan TCP, Anda juga harus bisa memahami perbedaan UDP dan TCP dengan baik entah saat sedang menempuh studi maupun bekerja. Tanpa pemahaman yang baik tentang keduanya, akan sulit untuk mempelajari pengetahuan yang lebih mendalam.

Sekian pembahasan pada artikel kali ini, jangan lupa klik share untuk membagikan informasi ini kepada pengguna lain yang sedang membutuhkan. Sementara itu, apabila saat ini Anda sedang membutuhkan web hosting bisnis dengan kualitas terbaik, Anda bisa menggunakan paket Business Cloud Hosting yang sudah dilengkapi sistem penyimpanan berbasis SSD, teknologi LiteSpeed API, serta gratis domain .COM untuk pembelian selama satu tahun. Jadi, tunggu apa lagi, segera miliki layanan Anda sekarang juga!

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *