Sebagai pelaku bisnis digital, tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan SEO dan SEM. SEO dan SEM menjadi salah satu strategi yang biasa digunakan oleh pelaku bisnis digital untuk memaksimalkan bisnis yang dimilikinya. Keduanya sama-sama bermain di ranah search engine, namun keduanya memiliki perbedaan antara SEO dan SEM. Sebelum dilanjutkan tentang perbedaan SEO dan SEM, kita bahas dulu apa itu SEO dan apa itu SEM secara lengkap.

Apa Itu SEO

Search Engine Optimization
Search Engine Optimization

Search Engine Optimization atau biasa disebut SEO adalah salah satu teknik optimasi untuk menempatkan website pada posisi pertama halaman SERP (Search Engine Result Page) sesuai dengan kata kunci yang sudah ditargetkan. Tujuan utama dari SEO sendiri adalah mendatangkan traffic yang besar menuju website dengan berada pada peringkat pertama terutama di Google.

Kenapa kita berpatokan pada Google? Karena saat ini Google menjadi search engine yang paling banyak digunakan, jadi Google bisa dijadikan patokan untuk teknik SEO. Salah satu faktor yang menjadi indikator berhasil atau tidaknya SEO adalah posisi website berada di halaman pertama pada kata kunci tertentu di search engine.

SEO sendiri masih dibagi menjadi dua kategori yaitu:

  • On Page SEO

On Page SEO atau bisa disebut On Site SEO adalah salah satu teknik SEO untuk memaksimalkan semua yang ada pada website agar lebih disukai oleh mesin pencari terutama Google. Contoh penerapan SEO On Page ini adalah loading website yang cepat, penggunaan heading, meta description, meta tag, permalink URL yang baik, relevansi konten, internal linking dan masih banyak lainnya.

  • Off Page SEO

Off Page SEO adalah teknik yang lebih ke aktifitas optimasi diluar website seperti mempromosikan website, memberikan link dari website sejenis, guest post, pemberian backlink dan lainnya. tujuan utama dari off page ini adalah meningkatkan reputasi website Anda di mesin pencari Google, semakin banyak website lain yang merekomendasikan website Anda berarti reputasi website Anda akan baik, tetapi perlu hati-hati dalam menggunakan teknik off page SEO ini karena jika salah bisa dianggap SPAM oleh mesin pencari salah satunya Google.

Kedua teknik On Page dan Off Page SEO tersebut bila diaplikasikan secara bersama dan benar maka untuk mendapatkan peringkat pertama dihalaman mesin pencari Google bukanlah hal yang sulit. Tetapi Anda juga perlu mengetahui TOS (Term of Service) dari Google apa saja yang diperbolehkan dan apa saja yang dilarang oleh Google.

Baca juga : Strategi Marketing Yang Efektif Untuk Bisnis

Apa Itu SEM

Search Engine Marketing
Search Engine Marketing

Search Engine Marketing atau SEM sebenarnya mirip dengan teknik SEO yaitu menampilkan website pada halaman pertama Google. Tetapi untuk caranya berbeda, SEM untuk bisa mendapatkan peringkat pertama haruslah mengeluarkan biaya untuk iklan. Untuk itu Anda bisa menggunakan layanan iklan dari Google yaitu Adwords.

Google Adwords adalah layanan iklan milik Google dimana Anda dapat mengatur iklan di Google Search, Google Display, Youtube dan Google Shopping. Untuk Youtube sudah berbeda media, bukan lagi di Google search melainkan iklan di Video Youtube. Untuk bisa berada dihalaman pertama pencarian Google dengan media iklan, Anda harus bersaing dengan advertiser lain masalah keyword dan budget untuk beriklan.

Perbedaan SEO dan SEM

Kedua teknik tersebut antara SEO dan SEM sudah berbeda dari segi teknik dan biaya yang dikeluarkan. Kelebihan dari SEO adalah optimasi yang dillakukan hampir bisa dibilang gratis untuk bisa sampai dihalaman pertama Google. Selain itu teknik SEO akan lebih awet berada dihalaman pertama Google jika sudah dilakukan dengan benar. Untuk kekurangannya SEO paling hanya membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dioptimasi bisa sampai dihalaman pertama Google.

Kelebihan dari SEM adalah mudah sekali untuk bisa berada dihalaman pertama Google. Tetapi kekurangannya Anda harus siap mengeluarkan uang untuk beriklan agar bisa berada dihalaman pertama Google. Jika budget uang Anda habis bisa dipastikan iklan Anda tidak bisa tampil, bahkan tidak bisa ditemukan oleh pengguna internet. Kekuatan uang akan sangat berpengaruh disini, semakin besar budget iklan Anda akan semakin mudah iklan Anda tampil dan dilihat banyak orang.

Lebih Baik SEO atau SEM?

Jika ada pertanyaan lebih baik mana SEO atau SEM? Jawabnya adalah keduanya baik. Untuk lebih baiknya Anda bisa menggunakan SEO dan SEM untuk optimasi website bisnis Anda. Ada banyak website bisnis skala besar yang menggabungkan teknik SEO dan beriklan di Google Adwords, semakin besar kata kunci target bisnis berada dihalaman pertama Google maka semakin besar pula peluang bisnis Anda ditemukan oleh customer.

Untuk memaksimalkan SEO dan SEM, Anda perlu menggunakan website yang mumpuni. Rekomendasi dari kami silahkan menggunakan layanan VPS Murah dari Qwords.com untuk keperluan bisnis Anda. Cukup dengan biaya 135.000/bulan Anda sudah bisa menikmati layanan VPS SSD dengan kapasitas 10GB dengan RAM 1GB. Tunggu apalagi buat website terbaikmu sekarang juga.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *