Internet dan intranet adalah istilah yang terkait erat. Internet dan Intranet adalah dua konsep yang serupa, beberapa orang mungkin bingung dengan istilah ini atau menggunakannya secara bergantian. Meskipun ada kesamaan, namun perbedaan internet dan intranet sangat signifikan. Internet dan intranet juga digunakan untuk tujuan yang sangat berbeda.

Apa Perbedaan Internet dan Intranet

Perbedaan Internet dan Intranet Berdasarkan Fungsi
Perbedaan Internet dan Intranet Berdasarkan Fungsi

Berikut merupakan penjelasan dari beberapa perbedaan internet dan intranet yang perlu Anda ketahui. Perbedaan yang ditampilkan berdasarkan fungsi, kegunaan, serta cara kerja dari internet dan intranet.

1.Aksesibilitas

Internet : siapa pun dapat mengakses internet

Intranet : intranet hanya dapat diakses oleh anggota organisasi yang memiliki password.

 

2.Keamanan

Internet : tidak seaman dibandingkan dengan Intranet

Intranet : aman

 

3.Jumlah pengguna

Internet : unlimited

Intranet : limited

 

4.Lalu lintas pengunjung

Internet : lebih banyak

Intranet : lebih sedikit

Baca juga: Panduan Lengkap Seputar Internet Of Things (IoT)

5.Jenis jaringan

Internet : umum (kepemilikan internet bukan milik satu atau sekelompok organisasi)

Intranet : privat (kepemilikan intranet terletak pada satu atau sekelompok organisasi)

 

6.Jaringan yang digunakan

Internet : internet terdiri dari beberapa LAN, WAN, dan MAN

Intranet : intranet terdiri dari LAN (Local Area Network) atau WAN (Wide Area Network) atau MAN (Metropolitan Area Network)

7.Informasi yang diberikan

Internet : tidak terbatas, dapat dilihat oleh semua orang

Intranet : terbatas, hanya beredar di antara anggota organisasi

 

8.Koneksi

Internet : lebih lambat

Intraner : jauh lebih cepat

 

Pengertian Internet

internet
internet

Internet adalah jaringan publik global dengan jutaan perangkat yang saling terhubung. Siapa pun dapat mengakses internet menggunakan perangkat yang terhubung ke internet, seperti komputer, laptop, ponsel, atau tablet. Tidak ada server pusat yang mengontrol internet.

Baca juga: Data Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Saat Ini

Ini adalah web perangkat jaringan (router, firewall dll), komputer, server yang terus-menerus berkomunikasi melalui jalur data dan sinyal nirkabel. Ini memungkinkan pengguna di seluruh dunia untuk berkomunikasi. Internet adalah jaringan yang dapat menghubungkan semua komputer satu sama lain di seluruh dunia.

Menggunakan alamat IP (Internet Protocol) untuk membedakan antara dua komputer, di sini komputer dapat mewakili server dan perangkat yang berbeda. Internet sebagian besar digunakan untuk berbagi data dari satu komputer ke komputer lain karena ia menggunakan banyak protokol, protokol bergantung pada jenis data dan mode apa yang dilalui data.

Istilah Internet dan World Wide Web sering digunakan berdampingan meskipun keduanya berbeda.

Saat ini semua orang mengetahui tentang Internet dan penggunaannya, seperti yang Anda ketahui bahwa setiap perangkat atau komputer atau situs web yang terdaftar di server memiliki satu set alamat IP yang unik. Alamat IP ini membantu Internet untuk mengetahui hasil yang dimi nta oleh pengguna.

Baca juga : Sejarah Singkat Internet dan Perkembanganya Sampai Saat Ini

Komunikasi adalah bagian integral dari Internet, dan Internet adalah cara komunikasi yang paling efisien dan cepat. Meskipun ada banyak masalah keamanan dan privasi yang terlihat selama beberapa tahun terakhir, dengan meningkatnya permintaan dan penggunaan internet yang entah bagaimana mengatasi masalah ini.

Sejak 1990-an internet menjadi jaringan publik dan semua orang dipersilakan untuk bergabung dengannya, oleh karena itu tidak ada satu orang atau entitas yang memiliki jaringan ini.

 

Pengertian Intranet

intranet
intranet

Intranet adalah jenis internet yang digunakan secara pribadi. Ini adalah jaringan pribadi sehingga siapa pun tidak dapat mengakses intranet. Di intranet, ada jumlah pengguna yang terbatas dan menyediakan informasi dalam jumlah terbatas bagi penggunanya. Intranet mirip dengan internet tetapi bukannya konektivitas global atau jaringan global, intranet adalah jaringan beberapa komputer.

Di sebuah perusahaan atau organisasi, mereka mengatur jaringan pribadi yang menghubungkan semua komputer mereka bersama-sama dengan komputer utama. Pengaturan jaringan komputer ini lah yang dikenal sebagai Intranet. Seperti Internet, Intranet juga digunakan untuk berbagi data antar komputer dan seperti internet, metode permintaan dan tunjukkan juga berfungsi di intranet.

Selain itu, Intranet digunakan untuk menghubungkan komputer dan mengirimkan data, file atau dokumen di dalam perusahaan. Ini adalah cara aman untuk membagikan detail, materi, dan folder karena jaringan sangat aman dan dibatasi dalam perusahaan. Ini membuat berbagai layanan seperti email, pencarian, penyimpanan data, dll.

Anda dapat mengakses informasi resmi apa pun menggunakan Internet dari sudut dunia mana pun dengan bantuan perangkat dukungan Internet apa pun, tetapi untuk mendapatkan informasi yang sah menggunakan Intranet, Anda harus hadir di tempat di mana jaringan intranet telah terbentuk dan Anda harus mengakses perangkat khusus yang terdaftar di intranet itu.

Firewall memainkan peran penting dalam fungsi jaringan. Intranet membutuhkan firewall untuk menyaring elemen yang tidak diinginkan ke server dan jaringan. Ini berguna dalam melindungi jaringan Anda dari pengganggu eksternal.

Jadi, apakah Anda sudah memahami tentang persamaan sekaligus perbedaan internet dan intranet? Secara umum, keduanya digunakan untuk memutuskan tujuan yang sama dan bekerja pada konsep yang setara tetapi implementasi dan penggunaan keduanya menunjukkan beberapa perbedaan. Meski berbeda, sejatinya baik internet maupun intranet adalah jaringan yang digunakan untuk berbagi data ke perangkat-perangkat komputer lain yang terhubung dengannya.

 

Kirim Newsletter Lebih Efektif dengan Layanan MailToGo

 

Bicara soal internet dan perkembangannya, salah satu contoh penerapan yang bisa Anda gunakan adalah email marketing. Metode menarik pelanggan dengan cara mengirimkan berbagai jenis email penawaran tersebut saat ini bisa Anda akses dengan lebih terjangkau berkat adanya layanan MailToGo.

Dengan MailToGo Anda bisa mengirim hingga 50,000 email penawaran, newsletter, campaign, dan informasi produk baru kepada pelanggan. Selain itu, tools marketing ini juga sudah dilengkapi dengan statistik dan pilihan beragam template professional yang bisa Anda sesuaikan pada masing-masing kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *