Memanfaatkan kecanggihan inovasi teknologi dan komunikasi seakan tidak ada habisnya, terutama bagi mayoritas pngguna dengan hobi berselancar di dunia maya. Hobi yang bermanfaat menghasilkan keuntungan dan berguna bagi orang lain salah satunya dengan mengembangkan situs web. Akan tetapi, sebelum mulai mengeksekusi setidaknya Anda perlu memahami perbedaan hosting dan domain terlebih dulu agar tidak salah kaprah.

Selain perbedaan, Anda juga perlu mengetahui definisi, pembuatan, sekaligus pengembangan situs web dari segi fungsi dan kegunaan. Setelah itu, dengan adanya website Anda dapat menyalurkan bakat kreatif untuk memulai suatu usaha atau bisnis menjanjikan.

Berikut ini merupakan beberapa istilah seputar website yang perlu Anda ketahui.

Perbedaan Hosting dan Domain yang Jarang Diketahui
Perbedaan Hosting dan Domain yang Jarang Diketahui

Apa Itu Domain?

Ketiga istilah untuk memulai mengembangkan situs seperti yang telah disebutkan di atas yakni hosting, domain, dan server. Ketiganya saling terkait dan memiliki pengaruh satu sama lain dari segi fungsi. Namun, Anda juga perlu memahami tentang perbedaan domain, hosting, dan server untuk dapat menjalankan fungsi situs website dengan tepat.

Sebenarnya banyak sekali orang-orang yang sedang menjalankan atau memanfaatkan sebuah situs website namun tidak mengerti domain. Definisi terkait apa itu domain sendiri secara umum bisa diartikan sebagai nama singkat yang terletak di bagian akhir alamat situs. Domain merupakan komponen yang berfungsi memberi pengarahan untuk menuju ke alamat server hosting atau IP address, pengelolaan nama domain sendiri berada di bawah pengaturan instansi regulasi domain global atau ICANN.

Apa Itu Hosting?

apa itu hosting
apa itu hosting

Ada perbedaan mendasar antara hosting dan domain yang perlu Anda ketahui sebelum berselanjar ke dunia maya. Sebelumnya Anda sebaiknya mengetahui pengertian hosting terlebih dahulu, yang kaitannya sangat erat dengan akses sebuah situs. Hosting juga memberi pengaruh besar bagi adanya beragam fitur pada situs web.

Hosting merupakan sebuah ruang penyimpanan data yang sangat besar atau bisa disebut juga sebagai file pada komputer. Bentuk fisik dari hosting ini seringkali disebut sebagai server. Beberapa server fungsinya mirip seperti perangkat PC biasa, antara lain seperti prosesor, RAM, hard disk, dan sebagainya.

Fisik dari server juga dapat dibentuk sesuai dengan kebutuhan para pengguna agar lebih mudah untuk disimpan di rack server, atau rak penyimpanan. Setiap server selalu berhubungan dengan hosting, dan disimpan di sebuah pusat data lengkap bersama dengan UPS. Server hosting tersebut akan terhubung dengan pusat jaringan internet dari seluruh dunia.

Baca juga: Perbedaan Shared Hosting dan Cloud Hosting, Pilih Mana?

Setelah memahami tentang definisi seputar server hosting, selanjutnya Anda bisa melanjutkan pemahaman pada perbedaan hosting dan domain. Banyak pengguna web hosting yang belum mengetahui hal tersebut sehingga penjelasan ini perlu disertakan sebagai sumber referensi penting jika Anda ingin bergelut di dunia digital.

 

4 Perbedaan Domain dan Hosting

 

Ada beberapa perbedaan hosting dan domain yang jarang dilihat oleh para pengguna situs website atau server hosting. Keduanya sangatlah berbeda, hal tersebut dapat terlihat dari fungsi serta berbagai aspek lainnya yang sangat mendasar. Jika Anda terbiasa melakukan pencarian informasi tentang pengembangan situs tentu akan mengetahuinya.

Berikut beberapa aspek perbedaan yang sifatnya mendasar untuk menjelaskan tentang apa itu domain dan hosting.

1. Fungsinya

Sebenarnya sebagian besar orang memiliki pertanyaan umum yang sama, yakni tentang apa perbedaan domain dan hosting? Bagi sebagian orang yang belum terbiasa tentu sama sekali belum memahaminya termasuk Anda. Perbedaan tersebut bisa dilihat jika Anda mengetahui secara detail tentang definisi domain, hosting, sekaligus server.

Aspek perbedaan mendasar dari keduanya yakni fungsi, hosting maupun domain memiliki fungsi yang sangat berbeda. Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa hosting merupakan sebuah sebutan terhadap penyimpanan data dalam perangkat komputer. Hosting juga menjadi pusat penyimanan yang dapat terkoneksi secara luas antar perangkat.

Hosting memiliki fungsi utama sebagai penyimpanan data, namun sebutannya akan berubah jika fungsi dan penggunaannya juga berbeda. Hosting pada komputer umumnya tidak memerlukan kinerja dari server. Namun, berbeda ketika hosting digunakan sebagai tempat penyimapan sejumlah data pada situs website, ini disebut sebagai web hosting.

Sedangkan domain memiliki fungsi utama yakni sebagai media untuk mempermudah akses terhadap suatu situs yang mengarahkan perangkat ke alamat IP addres. Dengan bantuan domain, perangkat nantinya dapat terhubung pada alamat server hosting. Meskipun keduanya berbeda, tetapi fungsinya memiliki kaitan sangat erat.

2. Bentuknya

Perbedaan hosting dan domain yang mendasar selanjutnya bisa Anda lihat dari bentuk keduanya. Secara umum, hosting dapat dilihat bentuk fisiknya dengan kasat mata terutama jika hosting pada komputer biasa. Bentuknya dapat menyerupai perangkat keras maupun perangkat lunak, contohnya seperti hard disk, RAM, prosesor, dan sebagainya.

Sedangkan bentuk hosting yang ada pada sebuah situs website jauh lebih besar dan tak kasat mata. Untuk mengaksesnya Anda membutuhkan server hosting serta koneksi internet agar kecepatan yang diakses tidak mengalami gangguan.

Berbeda dengan hosting, domain bentuknya berupa URL tulisan yang berada di belakang nama sebuah situs tertentu. Domain ini yang memberikan arahan bahwa situs berada di bawah naungan lembaga atau entitas khusus. Hal kepemilikannya pun sangat beragam tergantung cara Anda memilihnya. Contoh dari domain antara lain, seperti .com, .id, .ac.id, dan yang lainnya.

3. Kegunaan Serta Tugas Keduanya

Memahami perbedaan domain dan hosting sudah sangat jelas jika Anda tetap menyimak seluruh penjelasan sebelumnya. Sebagai ruang penyimpan data, hosting selalu tepat bagi Anda untuk menyimpan beragam file data, mulai dari dokumen tulisan, video, gambar, zip, dan sebagainya.

Hosting juga berguna agar sebuah situs website menjadi lebih hidup dengan berbagai variasi fitur, mulai dari tampilan gambar, video, atau beberapa ikon lainnya. Tugas hosting juga sebagai media untuk menjaga kestabilan koneksi selama berselancar di dunia maya. Namun, hal tersebut tergantung pada besarnya ruang pada server hosting tiap situs.

Sementara itu, secara umum domain memiliki tugas dan kegunaan yang sangat dibutuhkan bagi user untuk mengakses server hosting. Anda tidak akan dapat terhubung pada sebuah jaringan ruang penyimpanan data server tanpa bantuan domain. Anda juga tidak dapat mengembangkan website tanpa domain, mengingat tugasnya mengarahkan pada alamat IP.komputer.

 

4. Pengembangan Server Hosting dan Domain

Selanjutnya Anda juga dapat melihat perbedaan hosting dan domain melalui pengembangan keduanya yang berasal dari web developer tertentu. Domain sangat mempengaruhi kegunaan server hosting begitupun sebaliknya. Hal ini juga tergantung pada proses pengembangan pada server hosting sekaligus domain yang Anda gunakan.

Apabila Anda menggunakan domain yang cukup bagus seperti .com, atau .co.id, maka jaringan perangkat komputer yang terhubung ke server hosting akan lebih banyak. Namun, kecepatan akses pada server hosting ini sangat dipengaruhi oleh kapasitas ruang simpan. Situs akan ramai dikunjungi ketika domain bagus serta kapasitas hosting cukup besar.

 

Penutup

Bagaimana ? Apakah Penjelasan tentang perbedaan domain dan hosting di atas sudah sangat jelas sebagai modal awal untuk mulai mencoba mengembangkan situs website sendiri? Hosting dan domain sendiri saat ini sudah bisa didapatkan oleh masyarakat umum dengan harga yang cukup masuk akal.

Untuk layanan web hosting toko online misalnya, Anda bisa mendapatkan penawaran paket VPS Indonesia dari Qwords.com dengan harga mulai dari Rp130.000 saja per bulan. Harga tersebut tentu sudah termasuk storage Raid SSD 10GB, uplink 100 Mbps, serta Bandwidth unmetered.

Satu tips dari kami, gunakanlah paket hosting dan domain sesuai dengan kebutuhan agar budget tidak menguras kantong. Misalnya untuk keperluan web pribadi, bisnis, ataukah untuk sekedar menyebarkan informasi penting karena masing-masing website tantu memiliki karakteristik penanganan yang beragam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *