Mengenal Perbedaan Artikel dan Jurnal

2 min read

Perbedaan Artikel dan jurnal

Bagi seorang penulis profesional, perbedaan artikel dan jurnal bukanlah hal yang asing lagi. Namun, bagi Anda yang baru saja mendapatkan tugas pembuatan artikel dan jurnal, tentu perlu memahami dan mempelajari terkait perbedaan dari dua karya tulis tersebut. Kenali pengertian dan jenis tulisan keduanya sebelum mulai mengerjakan riset, ya!

Perbedaan Artikel dan jurnal
Perbedaan Artikel dan jurnal

 

Pengertian Artikel dan Jenisnya

 

Artikel merupakan karya tulis yang dibuat dalam jurnal atau kumpulan tulisan yang dibuat berdasarkan pedoman tertentu. Penulisan artikel tidak boleh sesuka hati sebab Anda wajib memperhatikan sistematika penulisan, hasil penelitian di lapangan, kajian pustaka atau hasil pemikiran yang memiliki landasan konkrit.

Artikel memiliki dua macam berdasarkan sistematika dan isi yaitu :

 

1.Artikel Penelitian

Artikel penelitian adalah jenis karya tulis ilmiah yang memberikan informasi terkait temuan penelitian, pembahasan hasil penelitian dan kesimpulan. Isi artikel penelitian terdiri dari bagian utama dan sub bagian yang wajib mentaati prosedur penulisan.

Model artikel penelitian bisa ditulis dalam bentuk laporan teknik dengan tujuan, laporan teknis dan artikel jurnal.

Susunan penulisan artikel penelitian harus runtut mulai judul, nama penulis, sponsor hingga bagian penutup. Jangan lupa juga untuk menambahkan daftar isi serta daftar pustaka sebagai referensi akhir. Masih bingung cara menulis daftar isi otomatis? Atau kesulitan membuat daftar pustaka? Anda bisa membaca tutorial menulis daftar isi otomatis dan panduan cara membuat daftar pustaka yang baik dan benar.

 

2.Artikel Non Penelitian

Artikel non penelitian merupakan jenis karya tulis ilmiah yang tidak mengacu pada laporan hasil penelitian. Ciri artikel non penelitian biasanya terdiri dari 10-20 halaman saja dan hanya mencantumkan hal-hal penting selain abstrak dan kata kunci.

Unsur pokok yang ada pada artikel non penelitian hampir sama dengan artikel penelitian, dimana mencakup judul, nama penulis, pendahuluan, dan lain-lain.

Anda bisa menghasilkan artikel yang bermutu dengan melakukan riset mendalam. Siapa tahu artikel yang Anda tulis bisa menghasilkan uang dari internet, lumayan untuk menambah pemasukan ditengah wabah virus corona COVID-19 seperti sekarang. Yakin tidak ingin mencoba skill menulis artikel berkualitas?

 

Pengertian Jurnal dan Jenisnya

koran
koran

Banyak orang yang masing bingung mengenai perbedaan artikel dan jurnal dalam sebuah karya tulis. Bahkan tidak sedikit orang yang menganggap baik artikel dan jurnal merupakan karya yang sama.

Sebenarnya jurnal merupakan publikasi periodik yang terdiri dari artikel yang telah diterbitkan dalam kurun waktu tertentu. Jurnal bisa diterbitkan dalam waktu beberapa bulan atau tahunan sesuai dengan kebutuhan.

Agar Anda lebih memahami tentang jurnal, sebaiknya ketahui jenis jurnal yang dipublikasikan berikut:

 

1.Professional or Trade Journals

Trade Journals
Trade Journals

Merupakan jenis jurnal yang ditargetkan pada profesi tertentu saja, misalnya jurnal kesehatan. Ulasan tentang industri atau profesi tertentu bisa memberikan gambaran kepada pembaca yang tertarik bidang tersebut.

 

2.Popular Journal

Popular Journal
Popular Journal

Jenis jurnal yang satu ini merupakan tulisan yang diminati banyak orang karena didalamnya berisi fitur, pendapat atau karya yang menghibur. Dengan bahasa yang mudah dimengerti, pembaca popular journal umumnya jauh lebih beragam. Apalagi model popular journal saat ini mayoritas juga dilengkapi ilustrasi, iklan dan foto yang menarik minat pembaca awam.

 

3.Scholarly Journal

Scholarly Journal
Scholarly Journal

Scholarly Journal adalah jenis jurnal yang dikenal dengan nama jurnal akademik, jurnal wasit dan jurnal peer-review. Sangat cocok untuk pembaca yang haus informasi dan ingin mendapat banyak ilmu pengetahuan terbaru.

Baca juga: Google Scholar, Sumber Referensi Kaum Cendekiawan

Tidak hanya menampilkan hasil penelitian atau penemuan terbaru, scholarly journal juga berisi kritik dan saran yang membangun. Temuan-temuan baru akan termuat dalam jurnal yang memiliki peminat sendiri ini.

 

Kesimpulan

 

Perbedaan artikel dan jurnal bisa menjadi acuan bagi sahabat Qwords yang ingin belajar menulis karya ilmiah. Sebelum menulis skripsi yang mengacu pada hasil penelitian, tidak ada salahnya untuk belajar menulis karya berupa artikel.

Siapa tahu artikel ilmiah Anda bisa diterbitkan menjadi jurnal yang memberi manfaat kepada banyak orang. Yuk, coba kemampuan menulis artikel dan jurnal!

Manfaatkan kemudahan membuat website atau blog pribadi sebagai keuntungan di era digital. Anda bisa memulai dengan membeli nama domain populer seperti ekstensi domain .com, .id, atau .my.id yang biaya pertahunnya hanya Rp12 ribuan saja.

Bagaimana? Sangat menarik bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *