Perbedaan AMD VS Intel, Pilih Mana?

2 min read

AMD VS Intel

Saat menggunakan laptop, tentu ada bagian yang wajib dipenuhi agar senantiasa perangkat tersebut dapat berjalan lancar. Hal tersebut tidak lain adalah processor. Hingga saat ini terdapat dua merek processor yang tengah bersaing ketat guna menguasai pasaran laptop Indonesia. Kedua processor itu adalah AMD vs Intel.

Jika ditinjau dari sisi historisnya, Intel telah diproduksi processor jauh lebih awal dibandingkan dengan AMD. Bahkan Intel sudah berhasil mempelopori penggunaan processor bagi perangkat elektronik seperti halnya komputer. Meskipun demikian, bukan berarti AMD kalah bagus dari Intel. Anda perlu lebih jauh melihat perbedaan kedua processor ini.

Perbedaan AMD VS Intel

AMD VS Intel
AMD VS Intel

Penting bagi Anda sebelum membeli laptop untuk memperhatikan dengan seksama apa saja sih perbedaan AMD dengan Intel. Dengan demikian, Anda tidak akan salah pilih dalam mendapatkan laptop sesuai keinginan.

1. Kecepatan

Saat hendak membeli laptop, tentu Anda ingin memiliki perangkat laptop yang memiliki sistem kerja cepat, bukan? Laptop yang cepat senantiasa dapat memudahkan Anda dalam membuka aplikasi tanpa membutuhkan waktu lama. Terutama saat sedang mengerjakan tugas, laptop yang cepat tentu membuat Anda tidak lagi buang-buang waktu percuma.

Apabila dilihat dari sisi kecepatan, telah didapatkan sebuah fakta menarik berdasarkan tes benchmark tentang AMD dan Intel. Intel diklaim jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan processor AMD. Walaupun tidak kalah jauh, akan tetapi mutlak bahwa Intel memiliki kecepatan yang lebih baik ketimbang AMD.

2. Grafis game

Sekarang ini ada begitu banyak sekali pilihan game menarik yang bisa dimainkan via perangkat komputer seperti halnya laptop. Salah satunya adalah game FPS yang kabarnya bisa dimainkan di semua jenis laptop. Contoh dari game first person shooter tersebut di antaranya Destiny 2, Counter-Strike, Rage 2, Call of Duty, Far Cry 5 dan sebagainya.

Kekuatan Prosesor AMD vs Intel
Kekuatan Prosesor AMD vs Intel

Dalam bermain game ini, kekuatan processor sangat penting demi lancarnya permainan game Anda. Tidak asyik rasanya apabila sedang bermain game justru terganggu dengan dengan laptop yang lemot. Jika melihat perbandingan antara AMD dan Intel dari segi grafis game, tentu AMD terbukti jauh lebih kuat. AMD mampu bertahan di posisi serupa walau suhu laptop meningkat.

3. Manajemen suhu

Saat mengoperasikan laptop, pasti suhu perangkat tersebut akan naik secara perlahan. Processor tentu berperan penting sebagai penentu suhu di samping kipas bawaan perangkat laptop tersebut. Untuk itu, sebelum membeli laptop Anda perlu memilih mana penyedia processor yang menawarkan manajemen suhu lebih baik.

Jika dilihat dari sisi manajemen suhu, Intel dirasa jauh lebih baik dibanding AMD. Terobosan terbaru ini akan menjadikan kinerja processor otomatis diturunkan ketika suhu meningkat. Dengan adanya penyesuaian suhu secara otomatis ini, processor Intel terbilang jauh lebih tenang. Selain itu, Intel juga tidak menyebabkan laptop menjadi terlalu panas layaknya AMD.

Baca juga : Tips Memilih Komputer Server Terbaik

4. Multimedia

Bagi perangkat laptop, multimedia sangat penting agar mampu memberikan beragam manfaat bagi penggunanya. Berdasarkan sisi multimedia, processor Intel dan AMD memiliki perbandingan yang cukup menggiurkan. Intel diklaim jauh lebih unggul dari AMD. Hal ini mengingat bahwa gambar yang ditampilkan oleh processor Intel jauh lebih tajam dan jelas.

AMD sedikit lebih tertinggal dibandingkan dengan Intel dari sisi multimedia. Bahkan hal ini juga sudah terbukti dalam dunia game di seluruh dunia.

5. Virus

Ketika Anda mempunyai laptop, tentu cukup khawatir apabila laptop tersebut terkena virus. Virus laptop atau malware adalah semacam program yang paling sering memberikan efek buruk bagi pengguna laptop itu sendiri. Parahnya, virus bisa memperburuk kinerja sistem laptop. Beruntungnya, dalam teknologi mutakhir processor AMD terdapat sejenis teknologi yang efektif guna mendeteksi virus,

Sebelum virus menjangkiti perangkat laptop Anda, processor AMD bakal lebih dulu tahu. Sayang sekali, Intel belum mempunyai teknologi mutakhir seperti processor AMD. Hal ini memberikan kesimpulan bahwa AMD jauh lebih unggul dibanding Intel dari sisi pendeteksi virus.

6. Harga

Perbandingan paling banyak disoroti antara processor Intel dan AMD tentu berdasarkan harganya. Persoalan harga penting sekali untuk Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli laptop dengan processor AMD VS Intel. Tidak menampik juga bahwa spesifikasi lain patut dipertimbangkan juga.

Untuk persoalan harga, processor Intel dan AMD memiliki perbedaan harga yang cukup signifikan. Saat ini laptop yang menggunakan processor Intel terbilang sedikit lebih mahal dibanding AMD.

Jika Anda ingin membeli laptop dengan harga murah tapi spesifikasi tinggi, maka bisa langsung memilih laptop dengan processor AMD. Akan tetapi, apabila Anda mau membeli laptop dengan performa multimedia yang baik maka pilihlah laptop dengan processor Intel.

Harga Prosesor AMD dan Intel
Harga Prosesor AMD dan Intel

Bukan perkara sulit untuk memahami perbedaan antara processor AMD VS Intel sebelum Anda melakukan pembelian laptop. Meskipun dari segi branding, processor Intel dirasa lebih unggul ketimbang AMD. Akan tetapi, semua tergantung dari kemauan Anda. Penting bahwa Anda membeli laptop sesuai kebutuhan dan budget yang dimiliki. Kedua processor ini sama baiknya.

Demikian pembahasan mengenai perbedaan AMD vs Intel, silahkan tentukan pilihan Anda dan sesuaikan dengan kebutuhan. Perlu diketahui selain memberikan informasi yang menarik tentang IT, Qwords saat ini menjadi salah satu penyedia hosting domain murah di Indonesia dengan layanan terbaik kepada pelanggan 24/7 hari yang siap membantu permasalahan website dan blog yang Anda miliki. Tunggu apalagi segera miliki layanan terbaik dari Kami dan onlinekan bisnismu sekarang juga.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *