Eril Obeit Choiri Graduating with an IT degree, Eril falls in love with Digital Marketing especially with Search Engine Optimization and Content Writing.

Ini Dia Perbedaan 32 Bit & 64 Bit Pada Windows

3 min read

Perbedaan 32 Bit Dan 64 Bit Pada Windows

Windows sekarang ini masih memimpin menjadi salah satu sistem operasi dengan pengguna terbesar di dunia. Bahkan rata-rata komputer dan laptop yang Anda temui saat ini pasti menggunakan sistem operasi Windows. Tetapi tahukah Anda basis sistem yang digunakan menggunakan 32 bit atau 64 bit? Daripada bingung lebih baik kita bahas perbedaan 32 bit dan 64 bit pada Windows.

Perlu sahabat Qwords ketahui saat ini ada dua jenis sistem Windows yaitu 32 bit dan 64 bit. Keduanya jika dilihat sekilas tidak akan nampak perbedaanya, Anda perlu mengeceknya secara langsung terutama dari segi fungsi, hadware, software dan performanya. Menurut data saat ini dari Statcounter.com, market share pengguna OS Desktop seperti gambar berikut ini:

Pengguna Sistem Operasi Desktop
Pengguna Sistem Operasi Desktop

Dari data diatas, pada bulan Februari 2021 Windows memiliki pengguna 76.26%, Mac OS memiliki pengguna 16.91%. Jadi sampai saat ini Windows masih mendominasi pengguna sistem operasi berbasi desktop di dunia.

Nah pada kesempatan kali kita akan membahas mengenai perbedaan Windows 32 bit dan 64 bit beserta dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Silahkan baca sampai akhir artikel agar semuanya jelas.

Perbedaan Windows 32 Bit Dan 64 Bit

1. Performa 32 Bit dan 64 Bit

Perbedaan pertama dan yang paling jelas terasa adalah dari segi performa. Teknologi prosesor yang digunakan keduanya antara 32 bit dengan 64 bit sudah berbeda. Prosesor 32 bit memiliki kemampuan di bawah 64 bit, sehingga cocok untuk kebutuhan komputer desktop dengan pekerjaan ringan saja.

Sebaliknya, untuk prosesor 64 bit lebih cocok untuk pekerjaan berat seperti gaming, desain grafis, edit video dan lainnya. Jadi jika Anda membutuhkan komputer dengan pekerjaan ringan-ringan maka sistem 32 bit sudah cukup, tetapi untuk pekerjaan berat silahkan memilih sistem 64 bit.

2. Jumlah RAM

Untuk Anda yang membutuhkan RAM besar, maka Windows 64 bit adalah yang paling tepat. Windows 32 bit secara default hanya bisa menerima maksimal 4GB saja (sekitar 3,2GB), sedangkan untuk 64 bit bisa membaca RAM lebih besar dari 4GB. 

3. Kemampuan dalam memproses data

Angka yang tertulis antara 32 bit dan 64 bit sebenarnya mewakili dari jumlah data yang dapat diproses oleh sistem. Istilah “bit” adalah nilai satuan data. Jadi dalam satu putaran waktu, komputer 32 bit dapat memproses 232 data sedangkan untuk komputer 64 bit dapar memproses 264 data dalam satu waktu.

4. Kompatibilitas software

Terakhir, perbedaan antara Windows 32 bit dengan 64 bit adalah kompatibilitas software yang digunakan. Software dengan sistem 32 bit tidak bisa dijalankan pada komputer 64 bit. Sedangkan untuk Windows 64 bit bisa menjalankan sistem 32 bit dan juga 64 bit.

Baca juga : Fungsi VPS Windows yang Perlu Anda Ketahui

Kelebihan dan kekurangan

Sejarah Windows
Sejarah Windows

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan Windows 32 bit atau 64 bit, berikut kami berikan pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangannya secara lengkap.

Kelebihan Windows 32 Bit

  • Dapat digunakan untuk menjalankan software dan aplikasi lama dengan basis 16 bit. Tetapi sayangnya untuk software 16 bit sekarang sudah tidak digunakan lagi.
  • Kompatibel dengan penggunaan driver-driver komputer seri lama.
  • Cocok untuk pengguna komputer dan laptop seri lama, biasanya untuk laptop dan komputer baru sering tidak cocok.
  • Dapat berjalan optimal meskipun menggunakan RAM yang tergolong kecil dibawah 4GB.

Kekurangan Windows 32 Bit

  • Software yang kompatibel sekarang ini sudah semakin sedikit, apalagi untuk software baru sudah tidak disupport lagi dari developer.
  • Hanya bisa support RAM dibawah 4GB saja.
  • Tidak bisa digunakan untuk menjalankan software-software kelas berat seperti Adobe dan sejenisnya.

Kelebihan Windows 64 Bit

  • Lebih cepat dan efisien dalam segi performa karena bisa memproses data yang lebih besar.
  • Kinerja prosesor bisa lebih optimal.
  • Bisa menjalankan software berbasis 32 bit, jadi saat install Anda tidak perlu berpikir lagi mau menggunakan 32 bit atau 64 bit, semuanya bisa diinstall.
  • Support untuk menjalankan software-software terbaru.
  • Cocok untuk keperluan kerja berat.
  • Cocok untuk generasi komputer dan laptop generasi terbaru.
  • Tingkat kompatibilitas software lebih lengkap.

Kekurangan Windows 64 Bit

  • Windows 64 bit tidak cocok untuk laptop dan komputer generasi lama.
  • Tidak bisa bekerja secara optimal menggunakan RAM 2 GB, rekomendasinya bisa menggunakan 4 GB keatas.

Baca juga : Panduan Lengkap Menggunakan Windows Defender

Cara cek Windows 32 bit atau 64 bit

Nah agar Anda tidak salah mengetahui tipe sistem yang digunakan, berikut kami berikan cara cek Windows 32 bit dan juga 64 bit pada komputer.

  1. Silahkan Anda masuk pada menu “Control Panel” Windows, Anda bisa mengaksesnya lewat Search pada pojok samping menu. Silahkan Anda tuliskan “Control Panel” kemudian silahkan Anda buka menunya.Control Panel
  2. Jika sudah terbuka menu “Control Panel”, silahkan Anda pilih menu “System and Security”.System and Security
  3. Selanjutnya silahkan Anda pilih menu “System”.Pilih System
  4. Nah disini akan terbuka system type yang digunakan. Pada gambar dibawah ini 64-bit Operating System adalah tipe dari sistem operasi yang digunakan. Sedangkan untuk x64-based processor adalah tipe prosesor yang digunakan, dalam contoh ini menggunakan 64 bit.Tipe Windows

Jadi dari contoh diatas sistem operasi menggunakan 64 bit dan prosesor menggunakan 64 bit juga. Untuk prosesor 32 bit biasanya menggunakan kode x32.

Nah demikian pembahasan mengenai perbedaan 32 bit dan 64 bit pada Windows. Untuk rekomendasi dari kami lebih baik menggunakan versi 64 bit dari sistem operasi dan juga hardwarenya. Karena semakin berkembangnya teknologi sistem 32 bit akan mulai ditinggalkan secara perlahan seperti kasus 16 bit zaman dulu.

Jika ada pertanyaan lain mengenai bahasan 32 bit dan 64 bit bisa Anda tuliskan pada kolom komentar dibawah.

Oiya sebelum diakhiri, untuk sahabat Qwords yang belum memiliki website baik itu untuk keperluan pribadi, bisnis ataupun kantor, kami memiliki rekomendasi penyedia layanan website terbaik dari Qwords. Anda bisa membeli nama domain murah dan juga web hosting murah di Qwords.com. Tunggu apalagi ayo miliki website sekarang juga.

Terima kasih

Eril Obeit Choiri Graduating with an IT degree, Eril falls in love with Digital Marketing especially with Search Engine Optimization and Content Writing.

Termudah, Cara Membuat Subdomain di cPanel

Anda sebagai pengelola website bisnis dengan banyak cabang, tentunya untuk mengelola semua website akan terlalu repot kalau harus membuat website untuk setiap cabangnya. Bagaimana...
Eril Obeit Choiri
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *