Jenis-Jenis Perangkat Output Komputer

2 min read

Jenis-Jenis Perangkat Output Komputer

Pada sebuah perangkat komputer, terdapat berbagai jenis teknologi yang diintegrasikan menjadi suatu sistem yang terhubung satu sama lain. Jenis-jenis perangkat seperti perangkat masukan atau keluaran (perangkat input maupun perangkat output sudah semakin dikenal masyarakat.

Khusus untuk perangkat keluaran atau perangkat output, jenisnya pun semakin beragam dari waktu ke waktu. Hal ini disesuaikan oleh permintaan kebutuhan masyarakat yang semakin luas. Sebenarnya apa itu perangkat output? Dan apa saja jenis beserta fungsinya? Ketahui jawabannya pada ulasan berikut ini.

 

Pengertian Dari Perangkat Output Secara Luas

Jenis-Jenis Perangkat Output Komputer
Jenis-Jenis Perangkat Output Komputer

Perangkat output dapat diartikan sebagai perangkat keluaran. Fungsi umum dari jenis perangkat yang satu ini adalah perangkat yang berfungsi menyampaikan suatu informasi berupa keluaran. Output yang dihasilkan bisa berupa grafik desain, suara, video, dan lain sebagainya.

Jika Anda berpikiran bahwa perangkat output hanya bisa digunakan pada komputer, faktanya tidak demikian. Perangkat output yang kita bahas bisa cukup luas cakupannya, mencakup perangkat yang bisa tersambung ke koomputer, HP, laptop, dan lain sebagainya.

 

Contoh Dari Perangkat Output Dan Fungsinya

contoh perangkat output
contoh perangkat output

Suatu perangkat diciptakan tidak mungin tanpa fungsi. Begitu juga halnya dengan perangkat keluaran. Anda sebagai orang yang hidup di jaman perkembangan teknologi hendaknya mengenal berbagai jenis perangkat output. Berikut ini diantaranya :

1.Layar monitor

Seperti yang telah kami bilang sebelumnya, pembahasan mengenai perangkat keluaran tidak melulu mengenai komputer ataupun laptop. Begitu juga halnya dengan layar monitor yang termasuk dalam perangkat output yang paling sering kita jumpai.

Jenis-jenis layar monitor adalah CRT (Cathode Ray Tube), Plasma Display, LCD Monitor, dan LED Monitor. Pada umumnya, fungsi dari sebuah monitor adalah untuk menampilkan informasi grafis yang telah diolah sebelumnya oleh perangkat mesin terkait. Keluaran yang dihasilkan bisa berupa gambar, tulisan, hingga video.

2.Speaker atau pengeras suara

Perangkat yag satu ini memang sangat sering kita jumpai di berbagai toko elektronik. Pengeras suara atau speaker termasuk dalam perangkat yang cukup dibutuhkan dan vital keberadaannya. Ada cukup banyak jenis dari pengeras suara, diantaranya adalah :

  • Sub woofer
  • Woofer
  • Midrange
  • Tweeter
  • Full range

Secara umum, fungsi dari pengeras suara adalah mengubah gelombang listrik menjadi gelombang suara yang bisa didengarkan oleh telinga manusia normal.

3.Printer atau pencetak

Perangkat output berupa printer mungkin sudah cukup dikenal kalangan masyarakat. Karena memiliki fungsi yang sangat vital, bahkan banyak orang yang membeli perangkat printer untuk keperluan pribadi.

Jenis-jenis dari printer cukup banyak, diantaranya adalah :

  • Printer Dot-Matrix : jenis printer yang mencetak tinta pada kertas dengan cara menorehkan tinta melalui benturan jarum pada panel yang berbentuk pita.
  • Printer Ink-Jet : jenis printer yang mencetak tinta pada media printing dengan menggunakkan torehan tinta yang diperoleh dari semprotan pada nozzle.
  • Printer Laser : jenis printer yang menggunakan teknologi laser. Printer yang satu ini akan menorehkan tinta pada media printing dengan cara menghasilkan nodes atau titik-titik.
  • Printer Thermal : jenis printer yang menghasilkan tinta pada media printing  dengan cara memanaskan roll  karet dengan pemanas elektronik.  Jenis printer thermal biasanya Anda  temui di kasir supermarket.
  • Printer 3D : jenis printer ini memiliki berbgai kemiripan dengan jenis printer inkjet perbedaannya ada pada jenis plastik yang digunakan untuk mencetak tinta, yaitu plastic molten wax.
  • Printer Multifungsi : jenis printer yang memiliki berbagai fungsi sekaligus. Berbagai fungsi dari jenis printer ini adalah scanning, faximile printing, dan lain sebagainya.

 

4.LCD Projector atau LCD Proyektor

Perangkat keluaran lain yang tidak boleh terlewat adalah LCD Proyektor.  Proyektor memancarkan output pada layar presentasi berupa tampilan grafis. Berbagai jenis LCD yang harus Anda  ketahui adalah :

  • Proyektor LCD
  • Proyektor CRT (Cathode Ray Tube)
  • Digital Proyektor
  • Proyektor LCOS (perpaduan antara LCD dengan DLP)
  • Proyektor DLP (Digital Light Processing)

Fungsi dari LCD proyektor adalah sebagai media informasi, sebagai media presentasi, dan sebagai pemutar video pada layar yang telah tersedia.

5. Headset atau perangkat jemala

Anda  mungkin sering mendengar kata “headset”, tapi pernahkah Anda  mendengar bahwa sinonim kata bahasa tersebut adalah “perangkat jemala?”

Memang cukup aneh terdengar, namun nyatanya perangkat jemala merupakan saah satu perangkat keluaran yang cukup vital. Fungsi umum dari perangkat keluaran yang satu ini adalah mengubah energi listrik menjadi gelombang suara, hampir sama seperti speaker.

Baca juga: 12 Perangkat Keras Jaringan Komputer Beserta Fungsinya

Penutup

Itulah beberapa perangkat output yang sering kita jumpai sehari-hari. Dari sekian banyak jenisnya, mungkin ada beberapa yang telah kita miliki di rumah masing-masing. Selain karena memiliki berbagai fungsi yang cukup penting, perangkat keluaran juga mampu memudahkan berbagai kegiatan kita.

Sebagai informasi, artikel di atas merupakan salah satu bentuk pelayanan Qwords.com cloud hosting Indonesia dalam memberikan edukasi serta pemahaman terkait teknologi yang bisa kita optimalkan dalam aktivitas sehari hari. Jangan lupa untuk klik bagikan atau sekadar meninggalkan jejak di kolom komentar jika ada satu atau dua hal yang ingin ditanyakan.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *