Eril Obeit Choiri Graduating with an IT degree, Eril falls in love with Digital Marketing especially with Search Engine Optimization and Content Writing.

15 Rekomendasi Penyedia Layanan Email Gratis Terbaik

4 min read

Layanan Email Gratis Terbaik

Era berkirim surat sekarang sudah mulai ditinggalkan dengan adanya layanan email. Dulunya untuk bisa berkirim surat Anda diharuskan membeli perangko sebagai pengganti biaya pengiriman surat. Layanan electronic mail (email) pertama kali muncul pada tahun 1960, baru pada tahun 1980an layanan email bisa dinikmati oleh khalayak umum secara gratis tidak perlu biaya, hanya membutuhkan koneksi internet saja.

Di Indonesia, pada awalnya layanan email yang paling banyak digunakan adalah Yahoo Mail. Era ini banyak dijumpai pada tahun 2000an saat perusahaan Yahoo masih berjaya. Setelah kemunculan Google layanan email dari Yahoo mulai kalah bersaing, dan puncaknya sekarang ini Google menjadi penyedia email dengan pengguna terbesar di dunia.

Jika saat ini Anda tau kalau email gratis hanya Google dan Yahoo, maka Anda perlu membaca artikel tentang rekomendasi layanan email gratis terbaik dari kami. Kami sudah merangkum ada 15 layanan email gratis terbaik yang bisa menjadi alternatif selain Google. Lalu apa saja layanan emailnya? Silahkan simak penjelasannya dibawah ini.

Layanan email gratis

1. Gmail

Rekomendasi layanan email gratis pertama adalah Gmail. Memang Gmail lahir setelah kemunculan Yahoo Mail, tetapi sekarang ini Gmail memiliki pengguna paling besar dibandingkan dengan layanan email lainnya.

Membuat ccount Gmail
Membuat ccount Gmail

Layanan email Google banyak dipilih para pengguna karena saat ini semua terhubung dengan layanan dari Google seperti Android, Google Maps, Goole Drive, Google Docs, Sheets, Slides, Form, Youtube, Google Calendar dan lainnya. Selain itu email Google juga paling mudah dalam hal sinkronisasi dengan berbagai aplikasi. Untuk pengguna email gratis dari Google akan mendapatkan storage penyimpanan online sebesar 15GB.

Jika tertarik Anda bisa langsung mendaftar di Google Mail dan pilih menu “Buat akun”.

2. iCloud Mail

Rekomendasi email gratis yang kedua adalah iCloud. Layanan iCloud ini khusus untuk pengguna product Apple. Aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk perangkat Apple seperti iPhone, iPad dan Mac. Aplikasi email ini memang eksklusif untuk pengguna Apple, yang paling menonjol adalah layanan sinkronisasi dengan berbagai perangkat Apple.

Selain sinkronisasi, layanan iCloud memiliki keunggulan lain seperti:

  • Setiap pengguna mendapatkan storage iCloud Drive gratis 5GB
  • Tersedianya layanan backup untuk semua perangkat Apple
  • Fitur otomatis upload foto dari galeri ke iCloud Photo Library
  • Fitur find my phone untuk melacak iPhone, iPad dan Mac yang hilang agar tidak bisa dibuka oleh orang.

3. Yahoo Mail

Yahoo Mail
Yahoo Mail

Siapa yang tidak mengenal Yahoo Mail? Pasti diantara sahabat Qwords masih ada yang menggunakan layanan email dari Yahoo sampai sekarang. Sampai sekarang memang layanan email Yahoo masih bisa digunakan, tetapi fiturnya memang sedikit kalah dengan layanan email lain.

Ada beberapa fitur terbaru dari Yahoo mail seperti desain tampilan antar muka yang lebih intuitif dan user friendly, foto dan file berada dalam satu tempat, tersedianya layanan manajemen email, hadirnya banyak pilihan tema menarik dan aksesibilitas yang lebih lengkap.

4. Outlook

Jika Anda belum tahu bahwa Outlook adalah layanan email milik Microsoft. Layanan email gratis dari Microsoft ini bisa Anda gunakan untuk mengakses semua produk Microsoft dengan mudah. Fitur yang menarik dimiliki Outlook adalah adanya pengelompokan email berdasarkan kategori. Jadi pengguna tidak perlu melakukan sortir email yang banyak jumlahnya.

Tertarik menggunakan email gratis Outlook? Silahkan daftar lewat link berikut ini https://outlook.live.com/owa/ .

5. Zoho Mail

Zoho Mail

Rekomendasi layanan email gratis kelima adalah Zoho Mail. Layanan Zoho ini sebenarnya dikhususkan untuk keperluan bisnis, untuk fitur juga sudah disesuaikan untuk bisnis. Dari segi tampilan Zoho ini memiliki tampilan yang clean, modern dan simple.

Untuk urusan keamanan sudah terjamin dengan enkripsi keamanan, anti spam email  dan Zoho berani memberikan garansi. Menariknya Zoho ini tersedia juga secara gratis, Anda bisa mencobanya langsung dengan mengunjungi websitenya di Zoho.com.

6. AOL Mail

AOL Mail termasuk penyedia email yang sudah ada sejak lama yaitu tahun 1993 sebelum Gmail dan Yahoo Mail ada. Saat itu AOL menjadi layanan email dengan pengguna terbesar, hingga saat ini mulai tergeser kemunculan layanan email yang lebih canggih. Tetapi pengguna AOL masih ada sampai sekarang ini.

AOL memiliki layanan untuk terhubung dengan layanan email lain seperti Gmail dan Outlook dari Microsoft. Fitur lainnya seperti perlindungan dari ancaman spam dan virus dan juga penyimpanan yang besar. Jika tertarik langsung buat saja akunnya melalui websitenya di https://login.aol.com/ kemudian pilih “Create an account”.

7. Yandex Mail

Yandex mail juga tidak kalah menarik, email dari negara Rusia ini memiliki fitur yang menarik untuk dicoba. Salah satunya adalah hadirnya fitur login menggunakan sidik jari dan juga pin number. Fitur lainnya Anda bisa mengatur tampilan antar muka dari kotak masuk sesuai dengan keperluan sehingga memudahkan Anda dalam memilah email penting yang masuk.

Tertarik mencobanya? langsung saja buka di alamat berikut https://mail.yandex.com/.

Baca juga : Tips Menentukan Nama Email Untuk Perusahaan 

8. Mail.com

Mail.com
Mail.com

 

Mail.com termasuk penyedia layanan email sebelum Yahoo muncul yaitu pada tahun 1995. Mail memiliki konsep seperti Yahoo.com yaitu menjadi website portal yang menyediakan layanan email gratis. Fitur unggulan yang dimiliki Mail.com dan tidak ada pada layanan email lain seperti mail collector yang memungkinkan Anda untuk menggabungkan email penting dari akun lainnya.

Ada juga fitur untuk mencegah email spam dan juga antivirus untuk mencegah malware yang dikirimkan via email. Jika Anda tertarik langsung saja buka websitenya di Mail.com dan pilih pada pojok atas menu “Sign up”.

9. Lycos Mail

Lycos adalah layanan email klasik yang sudah ada sejak tahun 1990 an. Awalnya Lycos ini menjadi website portal sekaligus mesin pencari. Sampai sekarang ini Lycos masih bisa Anda gunakan tetapi dari segi fitur memang minim. Untuk penyimpanan layanan email gratisnya saja Anda cuma bisa mendapatkan storage 500MB. Jika tertarik mencoba langsung saja buka websitenya di https://www.mail.lycos.com/.

10. ProtonMail

ProtonMail
ProtonMail

Protonmail menjadi layanan email gratis yang menawarkan fitur keamanan yang tinggi dengan enkripsi. Jadi hanya pengirim dan penerima yang bisa mengetahui isi dari email, selain itu tidak bisa. Beberapa fitur dari ProtonMail diantaranya :

  • Enkripsi yang kuat dan canggih
  • Expiration untuk email sehingga otomatis bisa menghapus email yang sudah diterima.
  • Adanya fitur link confirmation untuk mencegah virus/malware yang dikirimkan via pesan email.

11. Tutanota

Tutanota bisa menjadi rekomendasi untuk Anda yang mencari layanan email gratis dengan fitur unggulan layanan keamanan email. Tutanota memiliki standar keamanan yang tinggi untuk password, email Anda bisa diterima setelah password Anda sudah sesuai dengan standar aman dari Tutanota. Karena banyak penyebab email yang dibobol karena penggunaan password yang lemah.

12. Unseen.is

Unseen.is adalah layanan komunikasi berbasi single web untuk enkripsi file, instant messenger, discussion board dan email. Unseen menjadi solusi untuk akun social media yang tidak aman dan layanan email populer yang dirasa kurang aman terutama dari pencurian data.

Unseen memiliki metode enkripsi sendiri dan memiliki homebase di Islandia sehingga aman dari kejahatan dunia maya. 

Baca juga : Tips Melamar Pekerjaan Lewat Email

13. FastMail

FastMail
FastMail

Sesuai namanya, FastMail menawarkan layanan email yang super cepat untuk pengiriman pesan kepada alamat tujuan. Untuk urusan keamanan, data pada layanan FastMail semuanya sudah private, hanya pengirim dan penerima saja yang mengetahui isi dari emailnya.

Sayangnya FastMail hanya tersedia gratis untuk 30 hari setelah itu untuk perpanjangan Anda diharuskan membayar sejumlah uang.

14. GMX Email

GMX Email menawarkan layanan email gratis dengan tampilan antar muka yang menarik dengan penyimpanan email tidak terbatas. GMX Mail juga Anda bisa gunakan untuk menerima email dari layanan lain.

Terdapat fitur keamanan dengan adanya perlindungan spam dan virus. Jika Anda memiliki janji untuk meeting bisa menggunakan GMX Organizer untuk reminder agar tidak terlewat.

15. 10 Minute Mail

10 Minute Mail
10 Minute Mail

Terakhir, layanan email ini memiliki masa aktif hanya 10 menit sesuai namanya. Email ini berguna ketika Anda membutuhkan alamat email untuk konfirmasi atau kurang yakin dengan website yang meminta Anda memasukan username dan email. Dengan 10 Minute Mail ini Anda bisa menjaga keamanan data Anda sehingga aman dari kejahatan dunia maya.

Nah demikian pembahasan mengenai rekomendasi penyedia layanan email terbaik yang bisa Anda pilih. Jika Anda tidak mau repot maka Gmail menjadi pilihan yang paling bagus dibandingkan yang lainnya.

Untuk Anda yang membutuhkan fitur lebih bisa melakukan upgrade ke layanan email premium dari Gmail bernama Google Workspace yang bisa Anda beli melalui website Qwords.com. Untuk harganya cukup dengan 96.000/bulan saja untuk paket termurahnya.

Terima kasih

Eril Obeit Choiri Graduating with an IT degree, Eril falls in love with Digital Marketing especially with Search Engine Optimization and Content Writing.

4 Replies to “15 Rekomendasi Penyedia Layanan Email Gratis…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *