Apakah Anda pernah mengunjungi sebuah website e-commerce yang tidak dapat diakses? Meskipun website e-commerce berskala besar  yang menjamin pelayanannya sehari penuh, itu pun tidak luput dari sebuah kegagalan sistem. Atau yang lebih sering disebut dengan server down.

Apakah yang dimaksud dengan server yang down? Apa itu server? Di sini akan diulas semua hal yang berkaitan dengan penyebab website down, yang bisa disebabkan oleh internet down atau jaringan down.

Pengertian Server

8 Penyebab Server Down

Apa arti dari server? Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan dalam sebuah jaringan komputer. Server juga menjalankan perangkat lunak yang mengontrol jaringan di dalamnya dan memberikan akses kepada workstation kepada anggota jaringan.

Baca juga: 10 Kekurangan Mengurus Server Sendiri Yang Perlu Anda Tahu

Jika saat mengakses mengalami kegagalan biasanya lebih populer disebut dengan server sedang down. Server down adalah kegagalan sebuah sistem, dimana server mengalami sebuah kegagalan, Yang menyebabkan server tidak bisa di akses.

 

Penyebab Server Down

 

Banyak kemungkinan sistem mengalami kegagalan, biasanya juga terjadi pada website yang sangat lama. Berikut adalah kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi.

1. DNS Bermasalah

 

DNS adalah sebuah sistem yang mengubah URL website ke dalam bentuk IP Address. Pastikan DNS Anda sudah terpasang di hosting dengan benar atau tidak, jika DNS Anda bermasalah maka server tidak ditemukan, menyebabkan website tidak dapat ditemukan sama sekali.

2. Kebanjiran Pengunjung

 

Kebanjiran pengunjung atau biasa disebut traffic membludak, dapat menyebabkan down pada website yang diakses. Bagi para pemilik website Anda hanya tinggal menaikkan kapasitas dari web hosting. Atau bisa juga dengan cara memfilter sejumlah IP yang dicurigai menjadi penyebab traffic membludak.

3. Single Point Of Failure (SPOF)

 

SPOF adalah salah satu kelemahan dalam sistem. akan terjadi failed, error dan gagal berjan, ini akan menjadikan seluruh sistem berhenti berfungsi. Cara menghilangkan SPOF dengan merancang desain yang baik dan juga perencanaan pemilihan hardware dan monitoring yang disiplin pada sistem yang berjalan.

4. Aplikasi Bajakan

 

Aplikasi bajakan bisa mempengaruhi kinerja hosting lainnya. Maka dari itu Anda harus berhati-hati menginstal aplikasi yang belum memiliki kejelasan dalam hosting website Anda.

5. Bencana Alam

 

Bencana alam atau natural disaster tidak bisa diprediksi sebelumnya, langkah tepat yang harus Anda lakukan adalah dengan perencanaan recovery. Dengan disaster recovery plan bagi penyedia layanan, maka kerugian dari matinya layanan dapat diminimalisasi.

6. Pemadaman Listrik

 

Pemadaman listrik juga menjadi sebuah faktor terjadinya kegagalan sistem, mati listrik bisa menjadi alasan mengapa layanan tidak dapat diakses, atau sementara waktu.

7. Hacker

 

Hacker merupakan orang yang dengan sengaja membobol dan mengambil alih sistem, atau bahkan mematikan sistem. Hacker sering menyerang kepada sistem yang memiliki celah keamanan.

8. DDOS

 

DDOS adalah usaha seseorang dengan sengaja membuat proses menyerang sistem secara bersamaan, serangan ini mengakibatkan sistem tidak berjalan  efisien bahkan sampai mematikan sistem.

Baca juga: 6 Keuntungan Mengggunakan Layanan Dedicated Server

 

Cara Cek Server Down

penyebab website down paing sering

Setelah membaca pembahasan di atas, ternyata banyak juga hal-hal yang bisa membuat server mengalami down. Untuk mengetahui kejadian tersebut Anda bisa menggunakan  tools di internet. Ada beberapa tools yang bisa Anda gunakan. Di sini akan kita berikan referensi untuk memudahkan Anda mengecek server yang sedang down dan mungkin juga cara mengatasi server down.

 

1. Isitdownrightnow.com

Untuk yang pertama Anda bisa mencoba tools ini, cara penggunaannya cukup mudah. Anda cukup memasukkan website Anda dan tekan tombol “check”,tunggu sampai selesai setelah itu, Anda akan mengetahui server Anda bermasalah atau tidak.

2. Downforeveryoneorjustme.com

Cara menggunakan tools ini bisa dibilang cukup mudah, Anda hanya tinggal membuka alamat websitenya. Website ini menerapkan captcha untuk menjaga keamanan dan berfungsi memastikan pengunjung adalah manusia atau robot. Setelah melewati tahap ini Anda bisa memasukkan website yang akan Anda cek.

3. Isitdown.us

Selanjutnya Anda bisa menggunakan layanan iisitdown.us untuk mengatasi masalah galat. Website ini memiliki tampilan yang paling simpel diantara tools yang lain. Anda tinggal memasukkan nama domain dan tinggal menunggu hasilnya.

4. Down.com

Tools ini menyediakan tampilan yang lebih modern, tidak hanya itu tools ini juga memiliki user interface yang bagus. Cara pengaplikasianya cukup mudah Anda tinggal memasukkan domain Anda dan tinggal menunggu hasilnya. Tools ini juga terdapat review tentang layanan web hosting, walaupun isinya masih penyedia layanan web hosting di luar negeri.

5. Just-ping.com

Just-ping.com adalah layanan yang memberikan informasi status server hosting aktif atau tidak. Jadi jika Anda tidak bisa mengakses website maka bisa dipastikan website tersebut sedang mengalami galat.

6. Site24x7.com

Cara pengaplikasiannya cukup mudah, Anda tinggal memasukkan domain dan klik “test now”. Setelah itu Anda tinggal menunggu proses sampai selesai, setelah selesai akan muncul status “ok” maka server Anda normal, namun jika muncul “host unavailable” maka server Anda sedang mengalami kendala.

Nah, itulah ulasan tentang cara mengetahui server yang sedang down. Jika Anda memiliki masalah dengan server, maka sebaiknya Anda melakukan pengecekan dengan menggunakan tools di atas.

Terlepas dari itu, jika saat ini Anda sedang mencari server berkualitas untuk mengakomodir kebutuhan website, jangan ragu untuk memilih Qwords.com yang menyajikan beragam paket web hosting berkualitas dengan performa handal.

Gunakan kode voucher Host2020 jika Anda ingin mendapatkan potongan harga promo sebesar 20 persen untuk pembelian berbagai macam layanan hosting murah di Qwords.com. Sangat menarik bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *