Sistem informasi dalam bidang IT tidak hanya satu saja, masih terbagi lagi menjadi beberapa jenis. Jenis sistem informasi masih dikategorikan lagi berdasarkan jenis sistem informasi yang digunakan dan juga fungsi dari sistem informasi yang akan digunakan. Kami sudah merangkum ada 7 jenis sistem informasi yang biasa dipakai saat ini.

Pengertian Sistem Informasi

Jenis Sistem Informasi
Jenis Sistem Informasi

Sebelum melanjutkan pembahasan mengenai jenis sistem informasi, alangkah baiknya Anda perlu mengetahui dulu pengertian apa itu sistem informasi. Pengertian sistem informasi adalah suatu sistem yang ada dalam organisasi dengan mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian dan mendukung kegiatan operasi serta bersifat manajerial serta strategi dari organisasi dan tersedia untuk pihak luar organisasi sesuai dengan laporan-laporan yang diperlukan.

Jika diartikan secara terpisah, pengertian sistem adalah sekelompok elemen atau komponen yang digabungkan menjadi satu dengan tujuan untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan pengertian informasi adalah sekumpulan data dan fakta yang telah melalui proses sehingga bisa dimengerti oleh penerimanya.

Berikut ini ada 7 jenis sistem informasi yang paling sering digunakan dalam organisasi:

Jenis Sistem Informasi

1. Sistem Informasi Manajemen

Jenis sistem informasi yang pertama adalah SIM (Sistem Informasi Manajemen). Sesuai dengan namanya sistem ini menyasar untuk kegiatan manajerial. Yang termasuk kedalam manajerial adalah setiap orang yang memiliki kedudukan dalam organisasi dan pekerjaan yang memiliki tanggung jawab untuk manajemen pada suatu divisi atau bagian dalam perusahaan.

Fungsi sistem informasi manajemen ini seperti :

  • Monitoring kinerja karyawan
  • Memberikan penilaian karyawan
  • Menerima laporan dari karyawan
  • Melaksanakan fungsi pengawasan terhadap karyawan
  • Memberikan masukan kepada direksi
  • Dan masih banyak lagi

Baca juga : Penjelasan Lengkap Sistem Informasi Manajemen

2. Sistem Informasi Akuntansi

Jenis yang kedua adalah sistem informasi akuntansi atau disebut SIA. SIA merupakan implementasi sistem informasi yang berhubungan dengan sistem akuntansi dari suatu organisasi atau perusahaan. Akuntansi memiliki fungsi untuk melihat kondisi keuangan suatu organisasi apakah sedang surplus atau minus.

Dengan adanya sistem informasi akuntansi ini akan membantu tugas seorang akuntan untuk melakukan audit kondisi keuangan perusahaan, menampilkan data-data pemasukan dan pengeluaran, melihat keuntungan dan kerugian bisnis, merapikan pencatatan pelaporan keuangan dan masih banyak lainnya.

3. Sistem Informasi Keuangan

Sistem Informasi Keuangan
Sistem Informasi Keuangan

Sistem informasi keuangan merupakan sistem informasi yang berada dibawah manajemen dengan fungsi untuk mengatur keuangan perusahaan. Sistem informasi keuangan ini nantinya akan terintegrasi dengan sistem informasi akuntansi untuk masalah pencocokan datanya. Ada beberapa alasan penting kenapa harus mengimplementasikan sistem informasi keuangan dalam bisnis:

  • Untuk mencatat semua transaksi keuangan dalam waktu tertentu
  • Dapat diintegrasikan dengan sistem informasi akuntansi
  • Sebagai audit dan kroscek terhadap pemasukan dan pengeluaran bisnis
  • Membantu dalam perhitungan pajak
  • Mempercepat auditor dalam melakukan audit keuangan perusahaan.

4. Sistem Informasi Manufaktur

Untuk bisnis Anda yang bergerak dalam bidang manufaktur atau produksi, memiliki sistem informasi manajemen ini adalah hal yang wajib. Ada beberapa manfaat yang akan diperoleh dari sistem informasi manufaktur seperti:

  • Untuk pencatatan produksi dalam bisnis
  • Untuk mencatat hasil produksi yang tidak lulus quality check
  • Mencatat pemesanan barang
  • Mencatat biaya produksi
  • Analisa kebutuhan produksi
  • Memberikan data realtime kegiatan produksi yang berlangsung
  • Dan masih banyak lainnya.

5. Sistem Informasi Sumber Daya Manusia

Sistem Informasi Sumber Daya Manusia
Sistem Informasi Sumber Daya Manusia

Sistem informasi ini sering digunakan pada bagian HRD dan personalia dalam perusahaan untuk menyimpan data diri karyawan, gaji pokok, tunjangan, bonus, masa kerja, jabatan dan lain sebagainnya.

Dengan adanya sistem informasi ini kerjaan dari bagian SDM bisa lebih mudah. Selain itu sistem informasi sumber daya manusia ini juga bisa dikombinasikan dengan sistem informasi manajemen, keuangan dan lain sebagainnya.

Baca juga : Pentingnya Website Untuk Bisnis

6. Sistem Informasi Pemasaran

Sistem informasi pemasaran sangat penting bagi divisi pemasaran dalam perusahaan. Dengan sistem pemasaran ini akan membantu dalam proses pencatatan dan memberikan segala informasi mengenai penjualan yang telah dilakukan dari perusahaan. Manfaat lainnya dari sistem informasi pemasaran ini seperti:

  • Mengetahui jumlah produk yang terjual
  • Mengetahui  produk yang paling laku
  • Mengetahui produk yang jarang peminat
  • Mengetahui  metode pemasaran yang tepat
  • Mengetahui respon pasar terhadap produk

7. Sistem Informasi Eksekutif

Nah yang terakhir adalah sistem informasi eksekutif. Sistem informasi eksekutif dikembangkan dan juga digunakan untuk mereka yang berada di level eksekutif dari suatu perusahaan. Sistem informasi ini akan memberikan kemudahan dalam arus informasi dari divisi di bawahnya kepada mereka.

Lalu siapa saja yang termasuk level eksekutif adalah mereka yang memiliki hak penuh atas perusahaan, CEO, Komisaris, Pimpinan tertinggi, Direksi dan element eksekutif lain yang memiliki kewenangan dalam perusahaan.

Nah demikianlah pembahasan mengenai pengertian sistem informasi dan jenis sistem informasi. Jika Anda ingin mengimplementasikan dalam perusahaan, tenang saja karena semuanya bisa diintegrasikan satu sama dengan lainnya sehingga menjadi sistem informasi yang sempurna. Dimana semua informasi akan terhubung satu sama lain sehingga koordinasi lebih mudah dan cepat.

Untuk Anda yang berencana membangun sistem informasi berbasis web, tentunya akan membutuhkan hosting yang kuat. Kami memiliki rekomendasi Layanan VPS Murah dari Qwords. Tunggu apalagi miliki sistem informasimu sekarang juga bersama kami.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *