Pengertian Mailing List Beserta Fungsi dan Jenisnya

2 min read

Pengertian Mailing List

Yang dimaksud dengan Mailing List adalah sebuah alamat email yang difungsikan oleh para pengguna internet untuk melakukan kegiatan saling berbagai atau tukar menukar informasi dalam berbagai macam hal. Mailing List merupakan salah satu penemuan yang menarik dalam bidang ilmu teknologi dan komunikasi.

Salah satu fungsi yang didapat oleh pengguna Mailing List yakni kemudahan dalam berkomunikasi dengan seseorang yang dilakukan melalui dunia maya, internet. Dengan menggunakan produk ini, seseorang dapat melakukan komunikasi tanpa harus bertatap muka langsung antara satu orang dengan lainnya.

Pengertian Mailing List

Pengertian Mailing List
Pengertian Mailing List

Seperti yang telah sedikit dijelaskan di atas, Mailing List merupakan alamat email yang digunakan oleh para pengguna internet, fungsinya untuk melakukan kegiatan saling berbagai dan tukar menukar banyak macam informasi.

Pesan yang dikirim pada suatu alamat email secara otomatis ke satu alamat, nantinya pesan tersebut selanjutnya akan diteruskan ke alamat email lain yang berstatus sebagai anggota. Para pengguna Mailing List di Indonesia kerap menyebut proses ini dengan sebutan Milis.
Pengelompokkan alamat email dalam mailing list dapat diibaratkan seperti sebuah pesan yang dikirim ke satu alamat kemudian secara otomatis, pesan ini juga menuju ke alamat email lain. Akan tetapi, proses ini dapat berjalan jika alamat email didaftarkan ke dalam database mesin tersebut.

Kelebihan Mailing List terdapat pada fungsi yang dimiliki, Milis dapat membuat surat yang dikirim ke banyak alamat email hanya dengan mengirim ke daftar mailing list saja. Cara pengiriman pesan email ini juga bisa diatur mengenai siapa saja yang dapat menerima pesannya.

Baca juga : Panduan Email Marketing Untuk Pemula

Fungsi Mailing List

Email Marketing
Email Marketing

Setidaknya terdapat dua fungsi vital atau utama dari Mailing List, karena kemudahan yang ditawarkan dalam berbagi informasi, fitur ini biasanya digunakan oleh para pelajar dan mahasiswa untuk mengerjakan tugas serta pekerja kantoran. Dua fungsi Mailing List adalah sebagai berikut ini.

1. Kemudahan Komunikasi

Para pengguna dapat menggunakan mailing list sebagai alat komunikasi alternatif, meskipun hanya dengan menggunakan tekonologi minimalis. Para anggota Mailing List dapat menerima pesan email yang sebelumnya dikirim oleh salah satu anggota, dan tidak perlu melakukan pengiriman satu persatu terhadap para anggota.

2. Grup

Para pengguna group juga dapat melakukan interaksi dalam sebuah grup dengan banyak kemudahan, misalnya grup keluarga, teman atau yang lainnya. Tentunya fitur ini digunakan jika Anda tengah berada pada jarak yang cukup jauh dengan saudara atau teman Anda. Selain itu, Miling List bisa digunakan untuk menambah relasi.
Dalam sebuah produk, tidak ada kelebihan tanpa kekurangan, termasuk di dalam Miling List. Kekurangan Mailing List yakni tidak simple dan tidak sederhana karena diperlukan proses membuka email setiap hari guna menghindari terjadinya penumpukkan pesan.
Selain itu, para pengguna akan dikenakan pemakaian kuota ketika akan membalas pesan yang dikirimkan ke alamat emailnya. Kuota space email yang digunakan cukup besar karena dalam pengiriman harus disertakan pesan kiriman sebelumnya yang telah lebih dulu diterima.

Jenis-jenis Mailing List

Berdasarkan dengan pengertian apa itu Mailing List, produk ini muncul dalam beberapa jenis pilihan atau tipe. Seperti yang diketahui bahwa Mailing List adalah email yang dapat dipakai untuk mengirimkan pesan dalam jumlah penerima atau anggota yang banyak, berikut beberapa jenisnya.

1. Announcement-type List

Merupakan sebuah proses komunikasi di dalam Mailing List yang dilakukan dengan hanya satu arah, dalam artian para anggota yang terdapat di dalam Mailing List tidak memiliki wewenang untuk membalas, hanya dapat menerima pesan saja.

2. Discussion-type List

Merupakan tipe Mailing List dimana para anggota dapat melakukan komunikasi secara dua arah, singkatnya para anggota dapat menerima pesan yang dikirim oleh anggota lain dan dapat membalas pesan tersebut di waktu yang bersamaan.

Baca juga : Pentingnya Email Marketing Untuk Bisnis

Manfaat Mailing List

email marketing strategi
email marketing strategi

Manfaat yang dimiliki oleh Mailing List atau Milis Adalah menjadi sebuah sumber yang dipakai untuk memperoleh banyak informasi dan berbagai jenis informasi. Misalnya saja, ketika Anda membutuhkan pekerjaan, Anda bisa mencari lowongan pekerjaan dengan menggunakan Mailing List ini.

Selain itu, dengan menggunakan Mailing List para penggunanya tak perlu susah-susah bertemu di suatu tempat demi membagikan atau memberikan sebuah informasi. Dengan memakai Mailing List, banyak orang dimungkinkan untuk berbagi informasi kapanpun dan dimanapun.

Manfaat lain Mailing List adalah sebagai alat yang memungkinkan komunikasi antarsesama pengguna menjadi lebih mudah, bahkan dapat dimanfaatkan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih mudah.

Mailing list bisa disebut sebagai fasilitas grup yang memungkinkan para pengguna untuk saling berkomunikasi, bertukar informasi dan lain sebagainya. Fasilitas ini layaknya seperti tempat bagi banyak orang untuk memecahkan masalah atau diskusi guna mendapat jawaban yang telah disetujui.

Para anggota dapat bertanya sesuai dengan keinginan dan kemudian mengirimnya ke dalam grup, pertanyaan tersebut nantinya akan diterima oleh semua anggota grup di dalam Mailing List tersebut yang kemudian didiskusikan guna mencari jawaban yang benar.

Sekarang ini ada teknologi terbaru yang lebih lengkap daripada Mailing List yaitu Email Marketing. Email marketing merupakan layanan yang memungkinkan Anda untuk berkirim pesan email kepada ribuan bahkan jutaan email dalam sekali klik saja. Kami memiliki rekomendasi tools email marketing Indonesia dari MailToGo untuk kebutuhan Anda, cukup dengan biaya 66.000/bulan saja Anda sudah bisa menikmati layanan ini.
Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *