Pengertian Komunikasi Daring Serta Ragam Jenisnya

3 min read

Pengertian Komunikasi Daring Serta Ragam Jenisnya

Sebagai makhluk sosial, kita memiliki kodrat untuk saling berkomunikasi dengan orang lain. Dan selalu ada perkembangan dalam metode komunikasi antar manusia bahkan hingga saat ini. Mulai dari komunikasi mulut ke mulut, hingga metode komunikasi secara daring atau online.

Untuk komunikasi daring sendiri, cukup banyak contohnya dan jenis komunikasi tersebut selalu berkembang dari waktu ke waktu. Lalu apa sih, pengertian dari komunikasi daring? Apa saja jenis dan contohnya? Ketahui jawabannya pada uraian di bawah ini ya.

 

Pengertian Komunikasi Daring

Pengertian Komunikasi Daring Serta Ragam Jenisnya
Pengertian Komunikasi Daring Serta Ragam Jenisnya

Komunikasi daring atau yang biasa disebut sebagai komunikasi online mungkin secara tidak sadar sering kita lakukan sehari-hari. Komunikasi jenis ini terdiri dari dua kata, yaitu “komunikasi” dan “daring”.

Baca juga: Pengertian Komunikasi, Tujuan, Fungsi Dan Macamnya

Kata komunikasi berarti melakukan hal tertentu yang berkaitan dengan penggunaan informasi yang seragam agar bisa menyampaikan maksud kepada orang lain secara jelas. Sedangan daring berarti berada dalam dunia maya atau dunia semu.

Sehingga komunikasi daring berarti sebuah metode hubungan dengan orang lain yang dilakukan melalui dunia maya agar bisa menyampaikan suatu maksud tertentu. Selain itu, juga dapat diartikan sebagai proses pemindahan informasi dari orang satu ke orang lain melalui jaringan internet. Jenis komunikasi yang satu ini juga sering disebut dengan cyberspace.

 

Kelebihan Komunikasi Online

 

Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, tidak heran jika cyberspace lebih diminati terutama bagi kaum millenial. Berbagai kelebihan di bawah ini menjadi latar belakangnya :

  • Sangat menghemat waktu dan biaya
  • Memudahkan proses interaksi jarak jauh
  • Sebagai sarana perdagangan online
  • Sebagai sarana riset bagi para ilmuan
  • Menjadi media hiburan yang cukup interaktif

 

Jenis Komunikasi Daring

Jenis komunikasi daring
Jenis komunikasi daring

Dan masih ada banyak lagi manfaat dari komunikasi online yang terjadi hingga kini. Lalu apa saja jenis komunikasi daring itu?

1.Komunikasi daring secara sinkron

Sinkron adalah istilah yang berkaitan dengan ketepatan antara suatu hal dengan yang lainnya. Komunikasi online yang bersifat sinkron memiliki arti sebagai jenis komunikasi yang real time, bersamaan dengan orang lain.

Jadi, waktu yang digunakan oleh kedua pihak untuk melakukan komunikasi atau pemindahan informasi terjadi bersamaan. Kedua pihak tersebut pun bisa langsung bercakap-cakap dengan atau tanpa bertatap muka.

2. Komunikasi daring secara asinkron

Jika komunikasi online secara sinkron mampu menyuguhkan fasilitas real time, berkebalikan dengan komunikasi online secara asinkron. Pada jenis komunikasi yang satu ini, orang-orang melakukan pemindahan informasi dalam waktu yang berbeda.

Biasanya, informasi akan disimpan terlebih dahulu oleh pemberi informasi pada fasilitas yang disediakan oleh internet sebelum akhirnya diterima oleh penerima informasi.

 

Contoh Komunikasi Daring Yang Perlu Anda Tahu

 

Anda sudah mengetahui jenis-jenis komunikasi daring yang terdiri dari komunikasi sinkron dan asinkron. Namun, walaupun sudah mengetahui berbagai hal tersebut, tidak sah rasanya jika anda tidak mengetahui tentang contoh komunikasi tersebut.

Berikut ini kami berikan contoh dari masing-masing jenis komunikasi online hanya untuk anda :

1. Contoh komunikasi daring sinkron

Jenis komunikasi yang satu ini memiliki kelebihan yaitu real time communication. Contoh dari jenis komunikasi yang satu ini adalah :

  • Text messaging

Chatting atau text messaging adalah salah satu metode komunikasi online yang bisa dilakukan secara bersamaan. Pihak yang satu menuliskan pesan yang ingin disampaikan melalui aplikasi SMS ataupun berbagai aplikasi chatting lainnya. Seperti halnya Inbox Facebook, DM Instagram, Whatsapp, Telegram, dan lainnya.

Pihak lain yan berada dalam line yang sama juga akan menuliskan pesan yang ingin mereka sampaikan walaupun waktunya bersamaan. Dan ketika kedua pesan dari kedua arah tersebut dikirim, mereka tidak akan bertabrakan, dan bahkan akan sampai pada waktu yang sama satu dengan lainnya.

  • Video calling atau video messaging

Sama halnya seperti pesan teks, pesan video atau pun video calling bisa disebut sebagai jenis kommunikasi online sinkron. Pesan video memang hampir sama seperti pesan teks yang dilakukan tanpa bertatap muka langsung.

Namun ketika melakukan video calling kedua pihak akan bertatap muka. Berbagai aplikasi yang bisa digunakan untuk video calling contohnya adalah Whatsapp, Zoom, Google Meet, dan lain sebagainya.

Di masa pandemi corona covid-19 seperti sekarang ini, Anda bisa memanfaatkan video call untuk berinteraksi. Nah, salah satu platform yang banyak direkomendasikan adalah Google Meet dimana secara otomatis sudah tersedia gratis bagi pelanggan G Suite yang dapat dipesan melalui Qwords.com mulai dari Rp95 ribu perbulan.

  • Sound calling atau sound messaging

Panggilan suara merupakan jenis komunikasi yang sinkron, baik dilakukan dengan aplikasi messaging atau menggunakan aplikasi real time. Contohnya, anda bisa melakukan sound calling atau sound messaging  dari fitur telepon ponsel atau melalui Whatsapp dan Telegram.

Baca juga: Mengetahui Informasi Penting Seputar Komunikasi Data

2.Contoh komunikasi daring asinkron

 

Walaupun jenis komunikasi yang satu ini tidak menyuguhkan fitur real time, namun kelebihannya memiliki fitur penundaan dan editing. Berbagai contoh jenis komunikasi secara asinkron adalah e-book yang dapat diunduh gratis di internet dan video yang dibuat oleh Vlogger di Youtube. Anda bisa mendapatkan contoh e-book Jadi Jutawan Dadakan dari Bisnis Fashion di Bulan Ramadan melalui tautan berikut ini.

E-book yang dibuat oleh pembuat konten serta video yang telah diedit habis-habisan oleh Vlogger adalah contoh komunikasi tak langsung. Mereka menyajikan berbagai informasi yang sudah disempurnakan tanpa diketahui prosesnya oleh para pemirsa.

 

Penutup

Nah, bagaimana? Kami telah menjelaskan berbagai hal mengenai pengertian komunikasi daring sesuai dengan yang perlu Anda ketahui. Dan pada kesimpulannya, sinkron maupun asinkron, komunikasi jenis ini selalu dilakukan dengan perantara internet. Semoga bermanfaat ya, jangan lupa beli domain dan cloud hosting Indonesia di Qwords.com untuk menunjang performa website agar semakin optimal.

Sampai jumpa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *