Mengenal Pengertian Brainware, Fungsi, dan Contohnya

3 min read

Mengenal Pengertian Brainware, Fungsi, dan Contohnya

Banyak orang yang sebenarnya sudah sangat dekat dengan komputer dalam kehidupan sehari-hari. Namun, masih banyak yang kesulitan memahami tentang brainware, dimana secara  singkat brainware adalah istilah untuk menyebut pengguna perangkat komputer (user).

Untuk mengetahui lebih banyak tentang brainware, mulai dari pengertian, contoh brainware, macam-macam brainware, dan fungsinya, sahabat Qwords bisa menyimak penjelasan singkat tentang brainware dibawah ini!

 

Pengertian Brainware

Mengenal Pengertian Brainware, Fungsi, dan Contohnya
Mengenal Pengertian Brainware, Fungsi, dan Contohnya

Apakah Anda pernah mendengar istilah brainware yang didalamnya terdapat penjelasan tentang hardware, software, brainware? Secara umum brainware memiliki arti sebagai orang yang sedang menggunakan atau mengoperasikan perangkat komputer.

Baca juga: Hardware Dan Software Untuk Bekerja Remote Dari Jarak Jauh

Jadi, pada intinya brainware merupakan seorang manusia yang mampu menjelajah hardware maupun software pada komputer. Dalam sebuah sistem komputer, brainware memang tidak akan pernah bisa dipisahkan dari hardware dan software.

Brainware sendiri sering disebut sebagai perangkat intelektual, karena hardware dan software tidak bisa dijalankan tanpa brainware. Hal ini dikarenakan ketiga komponen brainware, software, dan hardware ini saling melengkapi satu sama lain.

 

Contoh Brainware

contoh brainware
contoh brainware

Sebenarnya brainware memiliki banyak contoh yang sudah sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Adapun beberapa contoh brainware yang menarik untuk diketahui adalah:

 

1.Netter

Sahabat Qwords pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah netter yang merupakan pengguna internet secara aktif untuk mencari informasi. Netter sendiri bisa digolongkan sebagai seorang individu yang memang menggunakan internet, kelompok perusahaan, ataupun organisasi.

 

2.EDP Department

EDP Department merupakan salah satu bagian perusahaan yang dikenal sebagai departemen IT. EDP Department juga dikenal sebagai pengolah data elektronik yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Metode yang digunakan dibuat otomatis untuk mengolah data menggunakan kecanggihan teknologi.

 

3.Network system

Network system merupakan sebuah sistem operasi yang tugasnya untuk menangani sebuah sistem pada jaringan komputer. Sistem operasi ini terdiri dari banyak layanan yang tujuannya untuk memberikan pelayanan maksimal kepada pengguna komputer.

 

Macam-macam Brainware

macam macam brainware
macam macam brainware

Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan brainware sebaiknya Anda juga harus mengenal tentang jenis-jenis brainware:

 

1.Operator Komputer

Operator komputer merupakan brainware yang bertanggung jawab menggunakan sistem pengolah data berhubungan dengan komputer. Operator komputer hanya mengikuti instruksi dari programmer dan tidak boleh merubah apapun yang sudah dikerjakan programer.

2.Teknisi

Teknisi adalah salah satu brainware yang bertugas untuk maintenance semua perangkat komputer ketika terjadi masalah. Jadi, seorang teknisi harus paham betul berbagai permasalahan yang terjadi tentang komputer dan perangkatnya.

3.Trainer

Perlu diketahui, trainer adalah salah satu brainware yang memiliki pengetahuan lebih banyak dan lebih luas. Sehingga trainer memiliki tanggung jawab penuh untuk mendidik atau mengajari orang lain di bidangnya.

4.Konsultan

Konsultan adalah brainware yang memiliki tanggung jawab untuk memberikan konsultasi atau nasehat. Jadi, brainware yang bertugas sebagai konsultan harus paham betul pada bidangnya agar bisa memberikan nasehat secara tepat.

5.Project manager

Project manager adalah seorang brainware yang bertugas sebagai pemimpin pada project tertentu. Menjadi project manager dituntut harus memiliki kemampuan memimpin yang bagus agar project sukses.

6.Programmer

Programmer memiliki tugas dan tanggung jawab untuk membuat program yang tujuannya adalah memudahkan. Dengan bantuan program tersebut membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah memakai program komputer.

Baca juga: Inilah Perbedaan Developer dan Programmer

 

7.Spesialis Jaringan

Apakah Anda sudah pernah mendengar tentang brainware spesialis jaringan? Spesialis jaringan adalah brainware yang sudah ahli dalam dunia jaringan komputer dan bertanggung jawab atas semua itu.

8.Sistem Analis

Sistem analis adalah user yang memiliki tugas cukup penting terutama dalam merancang, membuat, mengawasi dan evaluasi terhadap program. Jadi, analis harus berhati-hati dan jeli dalam membuat program atau aplikasi agar tidak membuat kesalahan fatal.

9.Database Administrator

Pada intinya database administrator adalah brainware yang bertanggung jawab pada semua database. Baik database dalam aplikasi, organisasi maupun database lainnya yang sangat penting.

 

Fungsi Brainware

brain
brain

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang apa itu brainware, maka tidak ada salahnya juga mengetahui fungsinya.

 

1.Programmer

Programmer adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam bahasa pemrograman untuk membuat sebuah program. Program yang dibuat programer biasanya sangat dibutuhkan dalam sistem komputerisasi itu sendiri. Jadi, programer harus mampu dan menguasai tentang berbagai pemrograman pada komputer.

2.Administrator

Administrator bekerja sebagai orang yang mengelola sebuah sistem pada komputer maupun jaringan komputer. Dengan adanya administrator maka sistem yang ada menjadi lebih baik dan jelas rulesnya.

3.Operator

Operator merupakan orang yang menjalankan sebuah sistem atau program dan termasuk merawatnya. Sistem dan program yang dijalankan semua menggunakan perangkat komputer. Contoh tugasnya adalah menyiapkan data yang nantinya bisa diakses baik dalam perusahaan maupun pribadi.

 

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan jika pengertian brainware adalah orang yang mengoperasikan software dan hardware. Peran brainware sangat penting, karena meski perusahaan memiliki dukungan software dan hardware, tapi jika tidak diimbangi dengan sumber daya brainware yang memadai maka akan peruma.

Bicara soal peran brainware, hardware, serta software. Sebagai top 5 provider cloud hosting di Indonesia, Qwords.com sendiri juga selalu berkomitmen dalam menghadirkan layanan terbaiknya.

Salah satunya dengan menghadirkan pilihan server berteknologi masa kini dalam paket Cloud VPS KVM SSD. Cloud VPS tersebut hadir lebih revolusioner dengan teknologi KVM (Kernel-based Virtual Machine). Menjadikan performa website lebih sempurna dibanding paket VPS-K terdahulunya. Selain itu, tersedia pula fitur Easy Install Control Panel & telah mendukung semua OS terbaru. Tak ketinggalan ada pula Enterprise Grade SSD Storage untuk membuat kinerja lebih cepat.

Tertarik mencobanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *