Pemrograman web berasal dari istilah pemrograman dan web. Sebelum memasuki definisi pemrograman web, alangkah baiknya kita memahami kedua istilah tersebut terlebih dahulu. Pemrograman merupakan proses pembentukan instruksi atau perintah tertulis untuk sebuah program komputer; mulai dari proses menulis, menguji, memperbaiki, dan memelihara instruksi-instruksi tersebut.

Program komputer yang dimaksud di antaranya: Microsoft Word, Microsoft Excel, Paint, dan lain sebagainya. Sedangkan web merupakan media informasi, atau halaman yang dapat diakses dengan bantuan jaringan internet menggunakan perangkat lunak browser. Web ini sendiri mencakup informasi dalam bentuk tulisan, gambar, grafik, video, audio, bahkan animasi.

Baca juga: Pengertian Apa itu Algoritma Pemrograman dan Contohnya

Maka dapat disimpulkan bahwa pengertian pemrograman web ialah proses pembuatan instruksi-instruksi untuk menciptakan program/aplikasi berbasis internet yang dapat diakses melalui browser. Contoh dari pemrograman web itu sendiri yakni: gmail, facebook, tumblr, dll.

Dapat dikatakan bahwa pemrograman web berkaitan dengan pembuatan situs, namun levelnya berada di atas sekedar menyusun kode-kode HTML sederhana.  Pemrograman web mencakup perencanaan, konseptualisasi, pemodelan pengiriman media elektronik melalui internet.

Bahkan pemrograman web yang baik mencakup pembuatan panel kontrol yang efektif sehingga pemilik situs web dapat memilki kontrol terhadap situsnya, terkait konten, aplikasi, dan aspek pendukung lainnya. Untuk mengenal pemrograman web lebih dalam, kita perlu memahami jenis-jenis website.

 

Jenis-Jenis Website

Dasar-Dasar Pemrograman Web [Panduan dan Tips]
Dasar-Dasar Pemrograman Web [Panduan dan Tips]
Berikut ini merupakan jenis-jenis website berdasarkan bentuknya.

1.Website Statis

Website statis merupakan halaman web yang jarang atau bahkan tidak diperbaharui oleh pemilik situs dalam kurun waktu tertentu. Dapat dikatakan, konten yang berada pada website statis akan tetap sama sejak website tersebut dibuat.

Contoh dari web statis seperti: profil perusahaan. Dalam laman ini tidak ada interaksi antara pengelola web dengan pengguna web. Oleh karena itu, jika memang dibutuhkan perubahan pada laman web ini, pengelola website akan menghubungi web designer atau web programmer.

 

2.Website Dinamis

Sedangkan konten pada website dinamis dapat diperbaharui dalam kurun waktu tertentu. Dalam website dinamis, pengelola atau pemilik website menyediakan ruang interaksi antara pengelola dan pengguna website, bisa dalam bentuk kolom komentar, tombol reaksi, dan tombol share.

Sehingga, laman pada website dapat diperbaharui baik oleh pemilik website maupun oleh pengguna website. Contoh platform website dinamis ini diantaranya, Blogger, Tumblr, dan website-website berita. Meskipun platform tersebut sebenarnya juga bisa digunakan untuk membuat website statis.

 

3.Website Interaktif

Website interaktif juga merupakan website yang lamannya dapat diperbaharui, baik oleh pengelola website atau oleh pengguna website. Hal yang membedakannya dengan website dinamis ialah intensitas pembaharuan laman, yang mana website interaktif sangat sering mengalami pembaharuan.

Hal ini juga diakibatkan oleh tingginya intensitas penggunaan website, sehingga interaksi yang terjadi dalam website semakin tinggi. Contoh website interaktif diantaranya: Facebook, Youtube, Twitter, Shopee, dan masih banyak lagi.

 

Bahasa Pemrograman Web

macam-macam bahasa pemrograman
macam-macam bahasa pemrograman

Pemrograman web kini menjadi salah satu cabang besar dalam dunia programming. Oleh karenanya, kini ada banyak sekali bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk membuat atau mengembangkan sebuah website.

Bahasa pemrograman ialah kata-kata yang berperan sebagai instruksi yang dimengerti oleh komputer. Bahasa pemrograman merupakan ilmu yang wajib dikuasai oleh web designer untuk membuat sebuah website atau aplikasi. Berikut ini merupakan beberapa contoh bahasa pemrograman yang lazim digunakan dalam pemrograman web:

  • HTML: HTML merupakan dasar pembuatan setiap website. Untuk membentuk sebuah website, HTML berperan dalam pembentukan struktur halaman website.
  • CSS: CSS merupakan kunci yang membedakan sebuah website dengan website yang lain, karena CSS berfungsi untuk membuat tampilan laman menjad lebih menarik.
  • PHP: PHP merupakan server side scripting yang digunakan untuk memprogram dan mengembangkan sebuah situs, biasanya digunakan bersama HTML. PHP dirancang untuk pembuatan website dinamis.
  • JAVA SCRIPT: Java script berguna bagi kalian yang membutuhkan fitur interaksi pada website kalian, sehingga website dapat secara aktif menjadi media interaktif.

Bahasa pemrograman yang juga populer digunakan dalam dunia programming yaitu PYTHON, JAVA, C, RUBY, dan PERL.

 

Apilkasi Pemrograman Web

pemrograman
pemrograman

Baik buruknya sebuah website tentu dipengaruhi oleh software/aplikasi pembentuknya, sehingga kita harus memilih aplikasi yang akan kita gunakan dalam membuat website sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita. Aplikasi/Software terbaik yang dapat digunakan antara lain:

 

Web Builder Visual

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang mudah digunakan. Kita tidak perlu memahami ilmu-ilmu pemrograman website, karena aplikasi ini menyuguhkan tampilan web secara visual sehingga lebih praktis dan mudah digunakan.

 

Dreamweaver

Software ini memiliki range pengembangan yang sangat luas, sehingga kita dapat mengaplikasikan software ini untuk membuat website sederhana hingga website profesional.

 

Notepad++

Apabila Anda seorang pemula, Notepad++ merupakan aplikasi yang cocok untuk Anda. Anda dapat merancang sebuah website dengan Notepad, sebuah editor teks yang biasa digunakan untuk HTML, CSS, PHP, unsur pemrograman lainnya.

Baca juga: Pengertian PHP dan Fungsinya Dalam Pemrograman Web

CoffeeCup HTML Editor

CoffeeCup HTML Editor merupakan software gratis yang bisa diandalkan dalam pembuatan sebuah website. Meski tidak dilengkapi dengan fitur Image Mapper, Visual Editor, dan CSS Menu Designer, Anda tetap dapat menciptakan tampilan website yang manarik.

Selain beberapa aplikasi di atas, masih ada pula berbagai aplikasi menarik yang dapat Anda coba, seperti: WordPress, PageBreeze, Bluefish Editor, dan XAMPP.

 

Optimalkan Performa Website Anda dengan Paket BCH

 

Nah, jika Anda sudah ahli dalam merancang website, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengunggah website tersebut ke web hosting agar bisa diakses oleh banyak orang.

Salah satu web hosting Indonesia yang bisa Anda coba adalah layanan Business Cloud Hosting dari Qwords.com. Sesuai namanya, paket yang dibanderol mulai dari Rp150 ribu perbulan tersebut sangat cocok dimanfaatkan oleh para pebisnis ataupun profesional yang ingin memiliki website dengan kecepatan dan kapasitas penyimpanan ekstra.

Selain itu, dalam setiap paket web hosting BCH, nantinya Sahabat Qwords juga akan mendapatkan dukungan fitur Ultrafast SSD, Unmetered bandwidth, Sertifikat SSL, hingga bundling gratis domain .COM, Jadi, tunggu apa lagi? Segera optimalkan kinerja website Anda sekarang juga menggunakan paket BCH.

Semoga bermanfaat.

One Reply to “Dasar-Dasar Pemrograman Web [Panduan dan Tips]”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *