Manfaat Pelayanan Online Berbasis Website dan Aplikasi

3 min read

manfaat pelayanan online berbasis website

Seiring dengan perkembangan zaman, pelayanan publik di Indonesia juga turut mengalami kemajuan. Salah satu kemajuan itu adalah dipangkasnya birokrasi yang terlalu panjang dan pelayanan online yang sudah dilakukan banyak lembaga atau kementerian.

Hadirnya layanan yang dilakukan secara daring ini tentu memberikan cukup banyak manfaat bagi masyarakat. Mereka jadi bisa mengurus apa saja dengan bantuan ponsel atau PC. Bahkan, tidak perlu datang ke kantor, semua urusan bisa selesai dengan cepat.

Apa itu Pelayanan Online?

Apa itu Pelayanan Online
Apa itu Pelayanan Online

Pelayanan online adalah layanan yang dilakukan dengan bantuan teknologi internet. Layanan ini memungkinkan berbagai jenis urusan bisa selesai dengan mudah tanpa harus bertatap muka dengan petugas. Semua bisa berjalan dengan cepat dan realtime.

Baca juga: Tips Menjadi Customer Service Yang Baik

Apalagi saat pandemi Covid-19 seperti yang sedang menjangkiti dunia termasuk Indonesia. Layanan yang dilakukan secara daring ini semakin banyak dilakukan. Tidak hanya pada sektor publik saja, tapi layanan jual beli dan jasa juga mulai menerapkannya.

Hadirnya pelayanan daring akan memudahkan proses penyelesaian urusan agar berjalan dengan lancar. Bahkan, meski sedang berada di luar kota atau di luar pulau sekalipun, pelayanan ini bisa didapatkan dan apa yang diinginkan bisa tercapai.

Manfaat Pelayanan Online

manfaat pelayanan online
manfaat pelayanan online

Hadirnya layanan yang dilakukan secara daring ini memberikan cukup banyak manfaat bagi masyarakat. Manfaat itu terdiri dari:

1.Jangkauan Pelanggan atau Pengguna Lebih Besar

Layanan daring akan membebaskan batasan yang selama ini dimiliki oleh pasar tradisional atau layanan publik lain. Meski tidak saling bertemu, transaksi tetap bisa berjalan dan ada peluang untuk menjangkau banyak wilayah di Indonesia.

Apalagi layanan yang diberikan sudah memiliki predikat baik atau sempurna dari pelanggan setiap. Kemungkinan untuk mendatangkan pelanggan baru akan besar. Kekuatan dari ulasan dan komentar positif sangat besar.

2.Proses Transaksi atau Pengurusan Berjalan Cepat

Proses transaksi atau mengurus sesuatu akan berjalan dengan lebih cepat dan juga mudah. Ada banyak birokrasi atau proses yang dipangkas. Misal saat mengurus KTP yang rusak, Anda hanya perlu mengunggah berkas dan semuanya selesai dalam hitungan menit.

Dengan proses yang sederhana dan cepat, Anda tidak perlu buang-buang waktu dan minta izin kantor untuk mengurus ini dan itu. Sayangnya, tidak semua lembaga atau mungkin bisnis menerapkan hal itu. Jadi, masih ada yang mengatur semuanya secara manual.

3.Memudahkan Komunikasi Dua Arah

Layanan online akan memudahkan Anda untuk melakukan komunikasi dua arah. Hal ini sebenarnya juga bisa dilakukan pada layanan standar. Namun, antrinya pasti panjang dan kadang tidak sesuai dengan harapan.

Pelayanan daring mungkin akan ada komunikasi dua arah dan antre. Namun, Anda tetap berada di dalam ruangan sendiri dalam kondisi nyaman. Tidak berdiri dan berdekatan dengan banyak orang. Apalagi pada situasi pandemi, social distancing tetap harus dijalankan.

4.Bisa Diakses dari Mana Saja

Layanan online bisa diakses dari mana saja termasuk dari HP atau PC. Dengan akses yang mudah ini, Anda bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja. Bahkan, ada yang memberikan layanan 24 jam sehingga berbagai kebutuhan yang Anda  miliki bisa diselesaikan dengan tuntas.

Kalaupun ada layanan yang tidak 24 jam, setidaknya mereka membiarkan Anda untuk mengirim pesan. Selanjutnya, saat jam kerja tiba, pesan itu akan mendapatkan respons.

5.Meminimalisir Kesalahan

Kesalahan sering terjadi pada jenis layanan manual. Misal ada berkas yang hilang hingga gangguan lainnya. Pada pelayanan berbasis online, hal seperti ini tidak akan terjadi. Jadi, semua proses bisa berjalan dengan lancar.

Pelayanan Online Berbasis Aplikasi

Pelayanan Online Berbasis Aplikasi
Pelayanan Online Berbasis Aplikasi

Saat ini pelayanan publik mulai mengarah ke digital. Beberapa dinas pemerintahan bahkan sampai membuat aplikasi sederhana untuk memudahkan akses pengurusan layanan yang cukup rumit. Kita ambil contoh saja pada aplikasi JKN yang disediakan BPJS.

Melalui aplikasi tersebut, Anda bisa mengecek berbagai fitur seperti mengecek apakah premi bulanan sudah dibayar, siapa saja anggota yang ditanggung, hingga tersedia kartu virtual. Selain itu, melalui aplikasi ini, Anda juga bisa mengubah data termasuk mengubah faskes.

Baca juga: Customer Service, Kunci Sukses Perusahaan

Pelayanan lain yang bisa didapatkan adalah layanan pelanggan saat ada masalah. Melalui aplikasi, pengguna bisa melakukan chat dengan CS, bahkan melakukan video call. Semua ada dalam satu platform untuk memudahkan semua proses agar tidak ada hambatan.

Pelayanan Online Berbasis Website

Pelayanan Online Berbasis Website
Pelayanan Online Berbasis Website

Website adalah platform yang banyak dikembangkan oleh banyak instansi di Indonesia. Selain itu, sebagian besar layanan jual beli dan jasa juga menggunakan website untuk keperluan promosi dan memberikan pelayanan agar pelanggan tidak mengalami masalah.

Website dipakai untuk mengirimkan keluh kesah dalam bentuk pesan mirip email. Ada juga yang menyediakan layanan live chat sehingga proses konsultasi bisa berjalan dengan baik. Adapun jenis layanan yang sifatnya privat dan spesifik, biasanya akan dibuatkan halaman login agar semua pengguna bisa masuk. Setelah berada di dalamnya, pengguna bisa mengunggah berkas dan melakukan berbagai jenis transaksi.

Selain itu, dewasa ini website juga bisa dimanfaatkan sebagai ujung tombak pemasaran, caranya yakni dengan mengoptimalkan SEO agar produk kita mudah ditemukan oleh calon konsumen.

Bagaimana menurut Anda? Apakah tertarik untuk menggunakan website sebagai media pelayanan online? Jika Anda tertarik untuk membuat website dan merambah bisnis digital, Anda bisa memanfaatkan paket hosting murah gratis domain dari Qwords.com. Layanan ini bisa didapatkan mulai Rp 65 ribuan perbulan, sudah termasuk gratis domain .com serta penyimpanan hingga 25GB berbasis Hybrid SSD yang membuat website cepat diakses di seluruh dunia.

Sangat menarik bukan?

Konektor Jaringan, Pahlawan di Balik Konektivitas…

Dunia digital saat ini sangat bergantung pada jaringan internet.  Mulai dari berselancar di dunia maya, streaming film terbaru, hingga terhubung dengan rekan kerja secara...
Eril Obeit Choiri
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *