15+ Pekerjaan Bidang IT Paling Dicari & Menjanjikan

4 min read

Rekomendasi Pekerjaan Bidang IT

Bagi Anda yang saat ini masih menempuh kuliah di jurusan IT pasti bertanya-tanya kalau lulus mau jadi apa? Jika Anda tahu dengan berbekal materi kuliah dibidang IT sebenarnya ada banyak sekali pekerjaan bidang IT yang menjanjikan dengan gaji tinggi.

Apalagi sekarang ini semua serba menggunakan teknologi, jadi lulusan IT semakin banyak dibutuhkan di dunia kerja. Untuk itu Anda bisa upgrade skill kemampuan diri agar kelak saat lulus bisa bersaing dengan lulusan IT lain. Perusahaan pastinya memilih kandidat yang sesuai dengan kriteria yang dicarinya, terutama penguasaan skill dalam bidang IT.

Nah bagi Anda yang sampai saat ini masih bingung mau jadi apa, berikut kami sudah merangkum ada 15 lebih pekerjaan bidang IT paling dicari dan menjanjikan terutama untuk gajinya.

Rekomendasi pekerjaan bidang IT

1. Software developer

Rekomendasi profesi bidang IT pertama adalah menjadi seorang software developer. Hampir semua perusahaan dan bisnis saat ini menggunakan software (perangkat lunak) untuk menunjang kegiatan bisnisnya. Contoh saja software absensi, komunikasi, pengelolaan karyawan, inventaris barang, akuntansi dan software custom lainnya.

Untuk menjadi seorang software developer, berikut beberapa skill software developer yang harus dimiliki:

  • Cloud computing skills
  • Struktur data dan algoritma
  • Bahasa pemrograman
  • Git dan Github
  • Containers
  • VIM
  • IDEs
  • Database dan SQL
  • Linux
  • Object Oriented Programming (OOP)
  • Computer network
  • Scripting
  • Dan lainnya

2. Web developer

Web developer memiliki tugas membuat website untuk berbagai keperluan. Dalam web developer sebenarnya masih dibagi lagi menjadi tiga bagian yaitu:

  • Frontend developer

Memiliki tugas untuk membangun interface website dari sisi user agar lebih menarik. Skill frontend developer yang harus dimiliki seperti HTML, CSS dan JavaScript.

  • Backend developer

Back end programer
Back end programer

Backend developer bekerja pada bagian scripting, pengolahan database dan server. Untuk skill backend developer yang harus dimiliki seperti PHP, Framework, Python, Node JS, C#, JavaScript dan bahasa pemrograman lainnya.

  • Full Stack developer

Full Stack Developer adalah gabungan dari frontend dan backend developer, untuk skill yang dimiliki harus menguasai dari sisi frontend dan backend.

3. Mobile apps developer

Sekarang ini smartphone bukan lagi menjadi barang mahal, semua orang memilikinya bahkan ada yang memiliki lebih dari satu. Nah dari sini kebutuhan akan aplikasi smartphone juga semakin meningkat, untuk itu profesi seorang mobile apps developer semakin banyak dicari.

Ada dua sistem operasi yang banyak digunakan untuk pengguna smartphone yaitu Android dan iOS. Keduanya memiliki perbedaan terutama bahasa pemrograman yang digunakan. Untuk android app developer menggunakan pemrograman Java atau Kotlin, sedangkan untuk iOS menggunakan bahasa Objective-C atau Swift. Tinggal pilih Anda mau menjadi mobile apps developer android atau iOS.

4. Game developer

Suka main game? Nah daripada main game lebih baik belajar menjadi seorang game developer saja. Saat ini banyak perusahaan game dev yang membuka lowongan programmer khusus game. Game memang menjadi industri yang menjanjikan dengan target market yang beragam. Untuk skill yang dimiliki harus memiliki pemrograman yang kuat, problem solving, creative dan lainnya.

5. UI/UX designer

Seorang User Interface (UI) adalah memiliki tugas untuk mendesain tampilan yang bisa Anda lihat secara langsung. UI bisa bekerja pada bidang pemrograman manapun sesuai dengan kebutuhan.

Sedangkan untuk User Experience (UX) lebih ke experience pengguna, jadi setiap langkah yang dilakukan tidak membingungkan, berjalan secara logis dan jelas. Seorang UI/UX selain harus memiliki basic skill pemrograman juga harus memiliki jiwa seni dan keindahan. 

6. Database administrator

Hampir semua yang ada hubungannya dengan pemrograman membutuhkan database. Nah database administrator inilah yang memiliki tugas untuk mendesain, memperbaiki dan memelihara database agar tetap berjalan dengan normal saat diakses.

Skill database administrator yang harus dikuasai diantaranya MS Acces, SQL Server, Oracle, FoxPro, Paradox, Linux OS, Windows OS, PHP, HTML dan lainnya.

Baca juga : 7 Bahasa Pemrograman Dengan Pengguna Terbanyak

7. Security engineer

Security departement
Security departement

Keamanan sekarang ini menjadi isu hangat yang sering diperbincangkan. Bagaimana tidak banyak kejahatan yang menyasar bidang-bidang IT terutama pencurian data dan peretasan akun-akun penting. Nah disinilah skill seorang security engineer dibutuhkan.

Untuk skill yang dimiliki harus menguasai tentang keamanan sistem, server configuration, networking, computer forensics, OS computer, ethical hacking dan lain sebagainnya.

8. Hardware engineer

Pekerjaan seorang hardware engineer adalah mengkonfigurasikan dan mendesain perangkat-perangkat elektronika. Untuk menjadi seorang hardware engineer dibutuhkan skill dan jam terbang tinggi dalam penguasaan arsitektur komputer.

9. System analyst

Sistem analis memiliki pekerjaan untuk mendefinisikan kebutuhan seorang user, biasanya seorang system analyst akan melakukan komunikasi dengan user tentang kebutuhan dan permasalahan yang dihadapinya. Setelah itu system analyst akan menyusun solusi yang efektif sesuai dengan kebutuhan user.

Untuk menjadi seorang system analyst Anda diharuskan memiliki analisa yang kuat, memiliki pengetahuan dalam hal teknikal, management, attention to detail dan lainnya. Biasanya untuk bisa menjadi seorang system analyst harus memiliki basic pemrograman yang kuat.

10. Network engineer

Network engineer memiliki jobdesk untuk mengurusi jaringan komputer serta internet dengan mendesain dan membangun infrastruktur pada suatu gedung, organisasi dan perusahaan agar bisa berjalan dengan baik tanpa kendala. Sekarang koneksi internet menjadi salah satu hal yang vital, jika sampai mati maka bisnis juga bisa berhenti sehingga menimbulkan kerugian.

11. Data scientist

Pernah mendengar pekerjaan data scientist dalam bidang IT? nah pekerjaan ini baru muncul beberapa tahun terakhir dan permintaanya cukup tinggi. Tugas seorang data scientist adalah mengumpulkan, mengolah dan melakukan analisa data untuk menghasilkan informasi yang berguna untuk pengambilan suatu keputusan. Untuk gaji data scientist tergolong tinggi jika dibandingkan dengan pekerjaan bidang IT lainnya.

12. SEO specialist

SEO WordPress
SEO WordPress

Search Engine Optimization (SEO) adalah skill yang dibutuhkan untuk optimasi website agar tampil pada halaman pertama pencarian sehingga mendatangkan banyak pengunjung. Skill yang dibutuhkan meliputi pemahaman tentang basic pemrograman, website, analisis dan produksi content.

Selain SEO ada juga pekerjaan bidang IT yang memiliki kemiripan yaitu:

  • SEM (Search Engine Marketing)

Optimasi website pada search engine dengan menggunakan metode berbayar dengan iklan.

  • SMO (Social Media Optimization)

Optimasi social media dengan tujuan untuk meningkatkan kunjungan ke akun social media secara organic.

  • SMM (Social Media Marketing)

SMM mirip dengan SEM yaitu dengan metode berbayar menggunakan iklan.

  • ASO (Apps Store Optimization)

Teknik yang digunakan untuk optimasi aplikasi sehingga muncul paling atas pada pencarian aplikasi pada Google play dan Apps Store.

13. Quality assurance

Quality assurance (QA) adalah seorang yang memiliki tugas untuk melakukan uji coba, testing, monitoring dan memeriksa semua proses development bisa berjalan dengan normal sebelum proyek selesai dikerjakan. Untuk skill utama yang harus dimiliki adalah basic pemrograman, komunikasi dan ketelitian yang tinggi.

14. Pentester

Pentester adalah pekerjaan dalam bidang IT untuk melakukan pengujian dan test terhadap keamanan dan kehandalan jaringan, aplikasi atau software.

15. IT support

Terakhir, pekerjaan bidang IT dengan lowongan kerja yang lumayan banyak adalah IT support. Untuk menjadi seorang IT support Anda hanya perlu memiliki skill problem solving yang tinggi pada hardware komputer, jaringan, dan aplikasi.

Nah bagaimana sudah mendapatkan gambaran pekerjaan bidang IT apa saja yang menarik untuk ditekuni? Jika sudah jangan lupa untuk upgrade skill agar bisa diterima oleh para pemilik perusahaan.

Perlu sahabat Qwords ketahui bahwa Qwords.com selain membahas mengenai bidang IT, Qwords memiliki layanan penjualan domain, hosting, server, email marketing, VPN, jasa pembuatan website untuk keperluan pekerjaan IT Anda semua. Jika tertarik langsung saja buka websitenya di Qwords.com dan temukan promo menariknya.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *