Jika Anda saat ini sedang mencari channel marketing yang bagus, email marketing bisa masuk kedalam list channel marketing yang perlu Anda pertimbangkan. Email marketing sampai sekarang ini masih tetap eksis untuk dijalankan untuk channel marketing yang efektif, terbukti brand-brand besar sampai saat ini masih sering mengirimkan email marketing yang masuk ke inbox email kita.

Untuk Anda yang belum tahu bagaimana menggunakan layanan email marketing yang benar, kami sudah menyiapkan panduan lengkap email marketing untuk bisnis. Tetapi sebelum melanjutkan bahasan mengenai panduan email marketing, Anda nampaknya perlu mengetahui apa itu email marketing dan beberapa penjelasan penting tentang email markering.

Apa Itu Email Marketing?

Panduan Lengkap Email Marketing Untuk Bisnis
Panduan Lengkap Email Marketing Untuk Bisnis

Email marketing adalah salah satu teknik promosi menggunakan email yang terbukti lebih efektif untuk terhubung dengan calon pelanggan yang lebih tertarget. Dengan email marketing ini Anda juga bisa mengubah calon pelanggan menjadi pelanggan yang loyal.

Menurut penelitian dari TheRadicatiGroup menyebutkan bahwa tahun 2017-2021 lebih dari 34% pengguna internet menggunakan surat elektronik/email dengan jumlah total 2.5 miliar pengguna. Jumlah ini diprediksi naik sekitar 2.8 miliar pengguna pada tahun depan. TheRadicatiGroup menyebutkan bahwa dalam satu hari ada sekitar 196 miliar email dikirimkan dan faktanya dari jumlah tersebut sekitar 109 miliar adalah email bisnis. Tentu ini jumlah yang sangat besar, ini juga menjadi bukti bahwa email marketing masih menjadi pilihan channel marketing yang bagus.

Lebih mudahnya coba Anda cek di inbox email Anda, ada berapa email bisnis dan email pribadi yang masuk setiap hari? Pasti prosentase terbanyak adalah dari email bisnis entah itu penawaran dari toko online, perusahaan, bisnis, produk, promo, diskonan dan sejenisnya.

Alasan Menggunakan Email Marketing

Ada banyak alasan untuk menggunakan layanan email marketing untuk bisnis dan ada beberapa data serta fakta email marketing masih menjadi paling efektif untuk teknik marketing hingga saat ini, berikut pembahasannya :

1. Biaya murah

Email marketing jika dibandingkan channel marketing lain terbilang lebih murah dan efektif. Bayangkan saja dalam sekali klik Anda bisa menjangkau ribuan hingga puluhan ribu email pelanggan yang sudah sesuai target, jika menggunakan iklan akan berapa banyak biaya yang akan dikeluarkan untuk menjangkau audiens yang sama?

Survey dari Emailmonday.com menyebutkan biaya yang diinvestasikan untuk membeli layanan email marketing untuk bisnis bisa menghasilkan keuntungan 38 kali lebih besar dari dana investasi awal, contoh saja jika Anda menginvestasikan 1 juta untuk email marketing maka Anda bisa mendapatkan 38 juta, artinya ada kenaikan sebesar 3800% dari modal awal. Contoh lain satu dari 5 bisnis yang menggunakan email marketing melaporkan bahwa ROI (Return On Investment) mencapai 1:70 kali dari modal bisnis awal.

2. Konsumen lebih suka email marketing

Email Marketing Channel
Email Marketing Channel

Materi promosi yang ada di social media bagi konsumen dirasa kurang lengkap dan maksimal, karena social media memberikan batasan pada penulisan caption, gambar dan video. Berbeda dengan email marketing yang bisa membuat promosi lebih detail dan lengkap sehingga calon konsumen bisa memahami apa yang disampaikan dengan jelas, jadi untuk tingkat konversi dalam bisnis bisa meningkat.

3. Algoritma mesin pencari selalu berubah

Google menyebutkan bahwa setiap hari selalu ada update algoritma terbaru, tetapi perubahannya sebatas minor update saja, untuk update algoritma secara besar biasanya dilakukan pihak google rutin setiap tahunnya. Nah inilah yang menjadikan email marketing channel terbaik untuk promosi karena tidak terpengaruh oleh update algoritma dari mesin pencari.

4. Algoritma media social sering update

Algoritma Social Media
Algoritma Social Media

Jika sebelumnya mesin pencari google, algoritma social media seperti Facebook, Instagram, Twitter dan social media lainnya juga sering update setiap waktu. Mungkin saat ini Anda bisa menjalankan marketing dengan social media dengan baik, belum tentu teknik yang Anda gunakan saat ini besok atau lusa masih bisa berjalan seperti diawal.

5. Email bersifat lebih personal

Email marketing memiliki kelebihan dalam berkomunikasi bisa lebih persolan seperti menyapa dengan nama panggilan. Di fitur email marketing tools memungkinkan Anda memulai percakapan dengan sapaan pelanggan. Anda tinggal melakukan setting pada template email marketing saja dan menurut survey bahwa email marketing dengan sapaan nama pelanggan meningkatkan open rate email sebesar 18%.

6. Menjangkau konsumen perangkat mobile

Prosentase pengguna internet melalui perangkat mobile dalam mengakses email mencapai 52%. Untuk layanan email marketing tools menurut penelitian sebanyak 42% dibuka melalui perangkat mobile. Tentu ini menjadi kesempatan untuk Anda dalam mempromosikan bisnis dan apalagi setiap tahunnya pengguna smartphone semakin meningkat.

Teknik Mendapatkan Email Pelanggan

Untuk bisa mendapatkan email dari pelanggan memang bukanlah hal yang mudah, ada teknik yang harus Anda lakukan agar konsumen tertarik untuk memberikan email kepada Anda. Mereka masih beranggapan bahwa nantinya takut terkena spam email, nah berikut beberapa teknik untuk mendapatkan email pelanggan:

  • Konten website yang berkualitas
  • Pemberian kupon diskon special
  • Penawaran newsletter gratis
  • Ebook gratis
  • Penawaran download gratis

Kunci utama mendapatkan email pelanggan adalah Anda memberikan value lebih ke pelanggan, jika ini sudah Anda lakukan maka untuk mendapatkan email dari pelanggan secara sukarela bukanlah hal yang sulit.

Panduan Membuat Email Marketing

Untuk Anda yang masih pemula dalam email marketing, kami sudah menyiapkan paduan email marketing untuk pemula. Silahkan ikuti pembahasannya dibawah ini :

1. Tentukan Email Marekting Tools

MailToGo
MailToGo

Langkah pertama Anda harus menentukan pilihan email marketing tools, karena jika tidak menggunakan tools teknik email marketing tidak bisa dijalankan. Tidak mungkin Anda menggunakan Gmail atau Yahoo mail untuk berkirim pesan dengan jumlah ribuan bahkan puluhan ribu secara manual.

Ada banyak email marketing tools yang ada saat ini, contoh saja Mailchimp untuk harga paling murah versi Essentials 9.99$ atau setara 140.000/bulan. Tetapi kami tidak merekomendasikan menggunakan Mailchimp, kami memiliki rekomendasi layanan email marketing tools bernama MailToGo by Qwords.com. Cukup dengan harga 66.000/bulan Anda sudah bisa menggunakan layanan email marketing dengan fitur unlimited contact, powerfull template email engine, smart automation email, detailed email statistic dan sebagainnya.

2. Buat Strategi Email Marketing

Template Email Marketing
Template Email Marketing

Sepeti yang sudah dijelaskan diawal, Anda bisa menggunakan teknik untuk mendapatkan email pelanggan secara sukarela seperti dengan konten yang berkualitas, newsletter, diskon, promo, ebook dan download gratis. Untuk pembuatan formnya jangan khawatir karena MailToGo sudah tersedia template email marketing tinggal drag and drop saja.

Baca juga : Memilih Platform Email Blast

3. Buat konten menarik

Kampanye Email Marketing Statistik
Kampanye Email Marketing Statistik

Untuk membuat konten menarik ini Anda perlu menguasai ilmu copywriting yang bisa meningkatkan prosentase email marketing dibuka dan di klik. Di MailToGo Anda bisa melihat statistis email maketing yang sudah Anda kirimkan, jadi bisa dievaluasi setiap kampanye apakah berhasil atau tidaknya.

4. Pelihara komunikasi dengan pelanggan

Untuk menjaga komunikasi dengan pelanggan, banyak ide konten yang bisa digunakan untuk menjaga komunikasi dengan pelanggan seperti contoh berikut ini:

  • Memberikan info layanan terbaru
  • Diskon untuk pelanggan lama
  • Promo hari besar dan event
  • Promo special ulang tahun

Nah demikian pembahasan mengenai panduan lengkap email marketing untuk bisnis yang bisa Anda tiru. Segeralah miliki email marketing untuk bisnis Anda sekarang juga. Jika ada tambahan atau informasi penting lainnya mengenail email marketing bisa Anda tambahkan pada kolom komentar dibawah.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *