Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Email Marketing: Pengertian, Manfaat, & Penerapannya

4 min read

Email Marketing Pengertian, Manfaat, & Penerapannya

Jika sahabat Qwords sedang mencari strategi marketing terbaru untuk bisnis Anda, email marketing bisa menjadi salah satu pilihan terbaik.

Singkatnya, email marketing adalah cara salah satu cara paling efektif untuk berkomunikasi dan membangun koneksi dengan calon maupun pelanggan setia Anda.

Meskipun ada yang menyebut email marketing sebagai strategi yang kurang up to date, sampai sekarang masih banyak brand besar yang menggunakan strategi ini loh sahabat Qwords!

Buktinya sampai sekarang Anda masih juga sering mendapatkan email dan promosi dari banyak brand masuk ke Inbox email bukan?

Nah untuk Anda yang belum tahu cara melakukan email marketing dengan benar, artikel ini akan membahas semua hal yang perlu Anda ketahui tentangnya.

Mulai dari pengertian, manfaat, strategi, sampai cara penerapannya pada bisnis Anda. Yuk langsung saja kita mulai!

Apa Itu Email Marketing?

Email Marketing Channel

Email marketing adalah salah satu teknik promosi melalui surat elektronik (email) yang terbukti lebih efektif untuk membangun koneksi dengan calon dan juga target pelanggan.

Dengan email marketing, Anda juga bisa dengan mudah mengubah pelanggan biasa menjadi pelanggan yang loyal dengan menawarkan berbagai promo dan juga diskon.

Bahkan, penelitian dari The Radicati Group menyebutkan bahwa tahun 2017-2021 lebih dari 34% pengguna internet (sekitar 2.5 miliar) menggunakan surat elektronik/email loh sahabat Qwords.

The Radicati Group juga menyebutkan bahwa setiap harinya ada sekitar 196 miliar email dikirimkan dan dari jumlah tersebut ada sekitar 109 miliar email bisnis.

Tentu ini jumlah yang sangat besar, ini juga menjadi bukti bahwa strategi pemasaran melalui email masih menjadi pilihan channel marketing yang bagus sampai sekarang.

Lebih mudahnya coba Anda cek di inbox email Anda, ada berapa email bisnis dan email pribadi yang masuk setiap hari? 

Pasti presentase terbanyak adalah dari email bisnis kan sahabat Qwords? entah itu penawaran dari toko online, perusahaan, bisnis, produk, promo, diskonan dan sejenisnya.

Baca juga: Cara Membuat Email Bisnis Dengan Domain Sendiri Gratis

Manfaat Email Marketing

Kampanye Email Marketing Statistik

Ada banyak manfaat yang bisa bisnis Anda dapatkan melalui promosi lewat email. Selain menjadi media promosi produk dan jasa, pemasaran melalui email juga mempunyai banyak keunggulan lainnya.

Beberapa diantaranya adalah:

1. Biaya murah

Jika dibandingkan dengan channel marketing lainnya, email marketing terbilang lebih murah dan efektif. Dengan satu klik, Anda bisa menjangkau puluhan ribu email target pelanggan.

Coba bandingkan saat Anda menggunakan iklan digital berbayar, pastinya Anda membutuhkan biaya yang sangat besar untuk menjangkau audiens dengan jumlah yang sama.

Emailmonday.com juga menyatakan budget yang digunakan untuk membeli layanan email marketing untuk sebuah bisnis bisa menghasilkan keuntungan sampai 38 kali lipat loh.

Jadi misalkan Anda mempunyai budget 1 juta untuk pemasaran email, ada peluang budget tersebut naik sampai 3800%  dari modal awal (38 juta). 

Selain itu, 1 dari 5 bisnis yang menggunakan email marketing melaporkan bahwa ROI (return of investment) strategi ini bisa mencapai 1:70 loh. Wah, sangat menarik bukan?

2. Memberikan informasi yang lebih lengkap

Dengan adanya batasan pada penulisan caption, gambar dan video, materi promosi bisnis yang ada di sosial media kadang memang kurang lengkap dan maksimal.

Nah email marketing memecahkan masalah tersebut. Melalui sebuah email, Anda bisa menyampaikan segala informasi dan promosi dengan lebih detail dan lengkap.

Dengan begini calon konsumen bisa memahami apa yang disampaikan dengan lebih jelas dan tingkat konversi dalam bisnis bisa meningkat.

3. Algoritma media sosial sering update

Umumnya, algoritma dari platform sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter dan yang lainnya memang sering diperbarui.

Mungkin saat ini Anda bisa menjalankan marketing dengan social media dengan baik, namun belum tentu teknik yang Anda gunakan masih bisa berjalan dengan lancar di masa depan.

4 Email bersifat lebih personal

Email marketing juga membuat interaksi dan komunikasi dengan pelanggan terasa lebih personal dan menyenangkan pelanggan.

Menurut suatu survey, email yang dimulai dengan sapaan nama pelanggan mempunyai peningkatan open-rate sebesar 18% loh sahabat Qwords!

Kabar baiknya, saat ini sudah banyak tool email marketing yang memungkinkan Anda untuk mengirim email blast dengan nama pelanggan. 

Anda tidak perlu susah-susah mengirim email secara manual dan tetap mendapatkan koneksi yang lebih personal dengan pelanggan. Wah sangat menguntungkan bukan?

Baca juga: 4 Contoh Strategi Digital Marketing Untuk Menarik Pelanggan

Teknik Mendapatkan Email Pelanggan

Untuk bisa mendapatkan email dari pelanggan memang bukanlah hal yang mudah, ada teknik yang harus Anda lakukan agar konsumen tertarik untuk memberikan email kepada Anda. 

Masih banyak orang yang beranggapan bahwa setelah memasukkan email, mereka akan mendapatkan spam email yang tidak berguna.

Nah berikut beberapa teknik untuk meningkatkan mailing list dan mendapatkan email pelanggan:

  • Konten website yang berkualitas
  • Pemberian kupon diskon special
  • Penawaran newsletter gratis
  • Ebook gratis
  • Penawaran download gratis

Kunci utama mendapatkan email pelanggan Anda adalah dengan memberikan value lebih ke pelanggan. Tawarkan sesuatu yang mungkin mereka butuhkan.

Jika hal ini sudah Anda lakukan, maka untuk mendapatkan email dari pelanggan secara sukarela bukanlah hal yang sulit.

Panduan Membuat Email Marketing

Nah untuk Anda yang baru memulai email marketing, kami sudah menyiapkan panduan lengkap email marketing untuk pemula.

Yuk langsung saja lihat cara-cara memulai email marketing dibawah ini!

1. Tentukan Email Marketing Tool

Langkah pertama Anda harus menentukan pilihan email marketing tools karena jika tidak menggunakan tools teknik email marketing tidak bisa dijalankan. 

Tidak mungkin Anda menggunakan Gmail atau Yahoo mail untuk berkirim pesan dengan jumlah ribuan bahkan puluhan ribu secara manual.

Ada banyak email marketing tool yang ada saat ini, contoh saja Mailchimp untuk harga paling murah versi Essentials 9.99$ atau setara 140.000/bulan. 

Tetapi kami tidak merekomendasikan menggunakan Mailchimp, kami memiliki rekomendasi layanan marketing tool untuk Email bernama MailToGo by Qwords.com

Cukup dengan harga 66.000/bulan Anda sudah bisa menggunakan layanan email marketing dengan fitur unlimited contact, smart automation email, detailed email statistic dan sebagainya.

MailToGo
MailToGo

2. Buat Strategi Email Marketing

Menjalankan email marketing juga memerlukan strategi yang tepat loh sahabat Qwords! Selain itu perlu adanya koordinasi yang lengkap antara tim marketing dan juga tim pembuat konten.

Nah berikut ini adalah beberapa strategi terbaik yang bisa Anda terapkan saat melakukan email marketing!

Rangkai sebuah tema

Layaknya penulis yang membuat alur cerita, tim marketing juga bisa menggunakan email untuk menyampaikan sebuah “cerita” berupa informasi hingga promo menarik. kepada customer nya. 

Agar “cerita” ini bisa disampaikan dengan lebih menarik, tentunya Anda perlu merangkai sebuah tema seperti tema liburan, hari raya, tema nasionalis, dan lain sebagainya. 

Gunakan headline persuasif

Pemilihan kata dalam headline email Anda juga bisa mempunyai dampak langsung pada tindakan yang diambil pelanggan penerima email lho sahabat Qwords!

Untuk itu, gunakan kalimat persuasif pada subjek email dan judul/headline. Pilih kalimat seperti “Diskon…”, “Gratis…”, “Tawaran spesial…”, “Hanya hari ini…” dan lain sebagainya. 

Nantinya, kalimat headline ini menjadi sebuah penentu apakah customer akan tertarik untuk membaca isi email lebih lanjut.

Sortir konten dengan informasi penting

Sebelum email dikirimkan kepada customer, baiknya anda melakukan sortir pada konten. 

Jika informasi yang ingin disampaikan cukup banyak, pilih dengan baik dan dahulukan informasi yang lebih diprioritaskan.

Selain itu, potong konten yang dirasa terlalu basa-basi dan kurang penting. Hal ini dilakukan untuk mengurangi tingkat kejenuhan pembaca.

Prime time is the Best Time

Setiap orang memiliki kesibukannya masing-masing. Tidak banyak orang yang mempunyai waktu luang untuk sekedar membaca email promosi. 

Oleh karena itu, pilihlah waktu terbaik untuk mengirim email. Jika salah timing, email marketing Anda bisa diacuhkan begitu saja. 

Waktu terbaik untuk mengirimkan email marketing adalah pagi hari sebelum aktivitas kerja dimulai, pada jam istirahat siang hari, dan malam hari sebelum pukul 20.00. 

Selain itu, jadwalkan email blast dalam jeda satu pekan agar customer tidak menandai Anda sebagai email spam.

3. Buat konten menarik

Untuk membuat konten email menarik, Anda perlu menguasai ilmu copywriting yang bisa meningkatkan peluang email Anda akan dibuka oleh penerima.

Untungnya, kami sudah pernah membahas 10 rahasia teknik copywriting bisnis online untuk meningkatkan omset pada sebuah artikel sebelumnya.

Di Mail ToGo, Anda bisa melihat statistic email yang sudah Anda kirimkan. Jaddi, Anda bisa melakukan evaluasi setiap kampanye apakah berhasil atau tidaknya.

4. Pelihara komunikasi dengan pelanggan

Untuk menjaga komunikasi dengan pelanggan, banyak ide konten yang bisa digunakan untuk menjaga komunikasi dengan pelanggan seperti contoh berikut ini:

  • Memberikan info layanan terbaru
  • Diskon untuk pelanggan lama
  • Promo hari besar dan event
  • Promo spesial ulang tahun

Baca juga: Panduan Lengkap Belajar Digital Marketing Untuk Pemula

Nah demikian pembahasan mengenai panduan lengkap email marketing untuk bisnis yang bisa Anda terapkan pada bisnis Anda sahabat Qwords!

Yuk langsung saja bergabung dengan Mail ToGo dari Qwords dan gunakan email marketing untuk membawa bisnis Anda ke level yang lebih tinggi!

Jika ada pertanyaan maupun informasi penting lainnya mengenai email marketing, langsung saja tambahkan ke kolom komentar dibawah.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *