Memilih OS Server Terbaik Sesuai Kebutuhan

3 min read

OS server Terbaik

Saat akan membangun sebuah server, tentunya Anda ingin menggunakan OS server terbaik. Karena bagaimanapun OS itu akan memberikan banyak pengaruh pada server yang sedang Anda bangun. Jadi, memang harus dipertimbangkan dengan baik dan matang sesuai kebutuhan.

Apa Itu Web Server?

OS server terbaik
OS server terbaik

Jika Anda belum terjun ke dunia server lebih dalam maka akan bingung mencari pengertian apa itu web server. Sebenarnya web server merupakan sebuah perangkat lunak atau software yang memiliki fungsi sebagai penerima permintaan yang dikirim lewat browser seperti Mozilla atau Chrome.

Baca juga: Kumpulan Istilah Dalam Web Hosting Untuk Pemula

Kemudian software tersebut akan memberikan respon atas permintaan dengan bentuk sebuah halaman website atau sebuah dokumen HTML. Web server yang baik akan membuat proses akses menjadi lebih cepat dan menghindari down ketika trafik sangat tinggi.

Fungsi OS Server

OS server memiliki fungsi yang sangat penting sekali dengan komputer server dan juga perangkat client. Sebenarnya OS server ini layaknya OS yang Anda gunakan untuk menjalankan komputer sehari-hari. Namun ada beberapa fungsi khusus. Berikut beberapa fungsinya:

  1. OS server memiliki fungsi untuk membantu proses pemasangan aplikasi, pemasangan bisnis dan juga pemasangan aplikasi web.
  2. Kemudian fungsi lainnya adalah akan membantu proses manajemen dan melakukan monitoring pada komputer server atau client yang sedang terhubung ke sistem jaringan.
  3. OS server akan melakukan konfigurasi pada layanan sistem jaringan lebih lanjut dari software dan juga hardware.
  4. Membantu user untuk mengakses server dengan GUI dan juga CLI
  5. Memberi interface yang terpusat dan bisa membantu pengguna seperti pelaksana keamanan dan juga admin dalam menjalankan banyak proses termasuk diantaranya proses administrasi umum.

OS Server Terbaik

web server
web server

Untuk bisa menjalankan sebuah komputer server yang baik dan tanpa kendala, Anda harus bisa memilih OS server terbaik. Jika tidak, maka pengoperasian akan terjadi masalah karena bisa saja OS tersebut bukan khusus untuk server.

Secara umum rata-rata OS yang digunakan untuk server adalah Linux. Meskipun ada beberapa OS lain yang juga cocok untuk server. Berikut ini beberapa OS server terbaik yang bisa Anda pilih.

1.CentOS

Pertama ada CentOS atau singkatan dari Community Enterprise OS. Ini merupakan OS yang bisa Anda dapatkan dengan gratis yang asalnya dari Red Hat Enterprise Linux. Jika Anda menggunakan OS server ini maka sudah cukup mendukung banyak layanan Control Panel.

Khususnya bisa Anda gunakan dengan baik untuk manajemen web seperti ISP Manager, cPanel, DirectAdmin dan masih banyak lagi. Kemudian untuk setup OS CentOS termasuk konservatif. Hal ini membuat Anda bisa menggunakan arsitektur sama untuk jangka panjang.

Bagi sebagian pengguna itu akan membuat penggunaan menjadi jauh lebih nyaman. Sebab lebih stabil, tangguh dan juga kesalahan sistem bisa diprediksi dengan mudah.

2.Debian

Debian juga menjadi salah satu OS terbaik untuk web server yang datang dari Linux. Keunggulan OS ini adalah memiliki konfigurasi yang tergolong sangat mudah. Debian memiliki banyak perbedaan dibandingkan OS dengan basis RHEL seperti sebelumnya.

Baca juga: Pengertian Debian & Contoh Perintah Dasar Linux Debian

Pendekatan pada arsitektur juga konservatif layaknya pada CentOS. Namun mungkin untuk pembaruan paket yang diaplikasikan akan jauh lebih sering lagi, jumlah yang banyak dan lebih tinggi lagi.

Jadi, membuat OS Debian memiliki tingkat dukungan yang lebih luas untuk basis Linux.

3.Windows Server

Windows Server menjadi rekomendasi OS untuk server selanjutnya. Jika project web Anda menggunakan MSSQL, kode pada ASP.NET dan juga visual basic, maka Windows Server sangat cocok.

Selain itu Windows Server juga memiliki banyak sekali jenisnya dan bisa Anda pilih sesuai keinginan.

 

OS Linux Terbaik Untuk Server

OS Linux Terbaik Untuk Server
OS Linux Terbaik Untuk Server

1.Fedora Server

Sebenarnya untuk OS Fedora ini tidak memiliki banyak perbedaan dengan CentOS. Sebab keduanya adalah produk pengembangan dengan basis RHEL. Tapi untuk Fedora Server ini ternyata memiliki proses yang lebih baik dan juga cepat.

Pembaruan yang diberikan oleh pihak pengembang pada Fedora Server ini juga termasuk sangat sering sekali. Jadi Anda akan bisa menemukan banyak sekali versi dari OS Fedora. Tapi tenang saja, beberapa repository yang dipasang memiliki banyak kesamaan.

Jadi tetap bisa Anda pasang pada versi-versi Fedora tanpa melakukan perubahan.

2.OpenSUSE

OpenSUSE dikenal sebagai OS yang khusus digunakan bagi para pengembang yang ingin menjalankan servernya secara mandiri. OpenSUSE mempunya installer yang sangat mudah sekali dan Anda bisa melakukan konfigurasi dengan Text Mode.

3.Ubuntu

Ubuntu menjadi salah satu OS berbasis Linux yang sangat umum digunakan. Sebenarnya Ubuntu sendiri dibagi menjadi dua yaitu versi server dan versi Desktop. Untuk versi Desktop khusus digunakan untuk aktivitas perkantoran sehari-hari.

Kemudian versi server digunakan untuk membangun sebuah server. Namun, Anda harus melakukan perintah dengan cara manual yaitu mengetik. Tujuannya adalah agar resource bisa lebih hemat ketika sedang menjalankan OS tersebut.

Baca juga: Mengenal Ubuntu dan Keuntungan Menggunakannya

Untuk dukungan layanan, Ubuntu sangat bisa diandalkan dan tidak kalah dengan OS server Linux lainnya. Selain itu, Anda juga bisa memilihnya sebagai OS untuk server jaringan.

Kelola Server Lebih Mudah dengan Manage The Box

Itulah pembahasan seputar OS server terbaik yang bisa dipilih untuk mengakomodir berbagai kebutuhan. Bagi sebagian orang, mengelola server untuk kebutuhan website atau aplikasi toko online memang sangat merepotkan. Apalagi jika Anda belum terlalu familiar dengan cara kerja serta berbagai istilah yang digunakan.

Maka dari itu, agar semakin memudahkan pengguna, Qwords.com saat ini juga memiliki layanan Manage The Box, sebuah solusi bagi perusahaan ataupun perorangan yang menyewa server di Qwords agar tidak perlu melakukan maintenance secara langsung.

Layanan Server Management ini berguna untuk membantu Anda yang ingin lebih fokus kepada pengembangan usaha tanpa perlu memikirkan cara mengatur dan melakukan administrasi server.

Teknisi kami akan melakukan Audit dan juga Security Patch secara berkala, serta memberikan saran kepada penyewa server apabila harus upgrade layanan, atau mengupgrade program yang digunakan.

Jadi, mulai sekarang Anda tidak perlu khawatir mengalami kendala ketika menyewa server di Qwords.com.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *