Di era seperti saat ini, banyak orang mulai melirik untuk menjalankan bisnis. Mungkin Anda salah satunya karena tertarik dengan keuntungan yang menjanjikan. Pengertian dari bisnis sendiri yaitu proses transaksi produk berupa jasa yang ditawarkan kepada konsumen untuk memperoleh keuntungan. Keberhasilan suatu bisnis tergantung pada model bisnis dan beberapa faktor lainnya.

Lingkungan juga menjadi salah satu faktor yang dianggap sebagai akses utama keberhasilan bisnis yang Anda tekuni, karena dengan begitu Anda bisa mengidentifikasi kebutuhan konsumen. Untuk mengetahui secara lebih jelas tentang model bisnis, simak ulasan berikut ini.

Apa Itu Model Bisnis

Model Bisnis dan Contohnya
Model Bisnis dan Contohnya

Belakangan ini, banyak bermunculan perusahaan rintisan atau yang dikenal dengan sebutan startup yang sudah memberikan banyak bukti kesuksesan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada banyak faktor yang dapat menentukan keberhasilan suatu perusahaan, salah satunya adalah model usaha atau bisnis.

Model bisnis adalah suatu model yang menjelaskan dan menjabarkan bagaimana sebuah perusahaan dapat bergerak dan berkembang untuk memperoleh keuntungan. Menurut ahli, sebuah model atau gambaran suatu bisnis harus ada 3 karakteristik utama, yaitu sesuai dengan tujuan perusahaan, tangguh dan handal, dan mampu memperkuat model itu sendiri.

Replikasi, substitusi, ketidakfokusan terhadap pasar, dan terbacanya kekuatan model usaha yang digunakan oleh perusahaan dapat menjadi faktor penentu keberhasilan sebuah perusahaan. Dengan menyusun dan mendesain model, ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh, yaitu sebagai berikut.

  1. Perusahaan mampu mengetahui kelemahan pesaing, sehingga bisa memanfaatkan peluang dan menutup celah tersebut.
  2. Mampu mengubah pesaing menjadi sekutu (partner).
  3. Membantu perusahaan untuk memperoleh informasi, sehingga memudahkan dalam evaluasi model yang didesain dan bisa bersaing dengan perusahaan lain.

Namun, keuntungan-keuntungan di atas hanya sebagai peningkat reputasi dan daya saing perusahaan saja. Sementara itu, untuk dapat memenangkan kompetisi di pasar, Anda harus tetap memiliki motivasi untuk mendorong perusahaan agar bisa maju dan terus berkembang.

Model Bisnis Untuk Startup

Dengan membuat model usaha, Anda akan mendapatkan gambaran mengenai perusahaan startup yang Anda rintis. Salah satu model usaha dengan metode yang mudah dan menghindarkan Anda dari business plan yang panjang dan rumit adalah bisnis model canvas (BMC).

Secara singkat, BMC merupakan sebuah alat representasi yang digunakan untuk memberikan penggambaran alur suatu bisnis tertentu. BMC sangat cocok bagi pemula yang baru merintis usaha dalam membuat perencanaan. Ada 9 pilar utama dalam BMC yaitu sebagai berikut.

  1. Segmentasi konsumen (customer segment) yaitu sasaran konsumen atau pasar.
  2. Proporsi nilai (value propositions) yaitu nilai atau keunggulan dari bisnis yang dijalankan.
  3. Jalur (channel) yaitu media promosi yang digunakan.
  4. Hubungan dengan pelanggan (customer relationships) yaitu bagaimana cara menjaga hubungan baik dengan konsumen.
  5. Aliran stream (aliran pendapatan) yaitu pendanaan dan pendapatan bisnis.
  6. Kegiatan kunci (key activities) yaitu kegiatan efektif yang mampu meningkatkan nilai bisnis.
  7. Sumber daya utama yaitu catatan asset perusahaan, mulai dari material produk, sarana, hingga prasarana perusahaan.
  8. Mitra kunci (key partnership) yaitu menjalin kemitraan atau kerja sama.
  9. Struktur pembiayaan (cost structure) yaitu keterangan secara detail mengenai kebutuhan pendanaan untuk seluruh aktivitas bisnis.

Contoh Bisnis Model

Model usaha yang dijalankan oleh startup biasanya berupa jasa dan bukan produk yang bisa dinikmati seperti makanan atau pakaian. Ada beberapa pilihan model usaha startup yang cocok untuk zaman milenial seperti saat ini yaitu sebagai berikut.

  1. Affiliate
affiliate marketing
affiliate marketing

Model usaha yang satu ini dijalankan untuk mendatangkan banyak traffic untuk memperoleh pendapatan melalui sistem affiliate atau pemasangan. Model usaha ini mengandalkan link dari produsen yang produknya ingin dibantu pemasarannya dengan biaya atau komisi sesuai kesepakatan.

Baca juga : Plugin Affiliate Marketing Terbaik

  1. On-Demand

Salah satu model usaha startup yang tengah menjadi primadona di Indonesia yaitu on-demand. Model usaha ini menyediakan jasa untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya yang terus meningkat, seperti jasa layanan transportasi online.

  1. Freemium

Seperti namanya, model usaha atau bisnis dari kata free dan premium ini menawarkan produk perusahaan berupa jasa kepada konsumen secara gratis, namun tetap dengan limitasi fitur dan jumlah layanan. Jika ingin menikmati fitur dan pelayanan yang lengkap, maka konsumen harus mengupgrade dari reguler menjadi premium.

  1. Virtual Goods

Model usaha virtual goods ini menawarkan produk virtual yang relevan dengan kebutuhan konsumen dan akses yang terbatas. Untuk menikmati fitur tertentu, konsumen harus membayar produk dengan harga yang sudah ditetapkan. Pembelian unlocking fitur ini sebagai penentu status konsumen dan biasanya digunakan dalam layanan games.

  1. Advertising
iklan Pay Per Click Google Adsense
iklan Pay Per Click Google Adsense

Model usaha yang satu ini menawarkan produk berupa jasa pengiklanan. Belakangan ini, model usaha seperti ini sangat digandrungi sejak maraknya bisnis online. Aliran dana usaha advertising diperoleh dari pemasangan iklan melalui website yang Anda buat. Para pelaku bisnis online akan memasang iklan melalui website Anda untuk meningkatkan dan mendapatkan trafik yang tinggi.

Baca juga : Lokasi Penempatan Iklan Google AdSense Terbaik

Penjelasan mengenai model bisnis dan contohnya dapat dijadikan sebagai panduan dan referensi bagi Anda yang tertarik atau bahkan sudah terjun dalam dunia bisnis. Dengan mengetahui tentang apa itu model kanvas, Anda juga akan dimudahkan dalam menyusun dan memperoleh gambaran bisnis yang dijalankan.

Sebelum ditutup, untuk memaksimalkan bisnis Anda agar semakin mudah ditemukan oleh pengguna Internet, anda perlu memiliki website. Website memungkinkan model bisnis Anda lebih diketahui banyak orang. Silahkan buka website kami di Qwords.com dan temukah harga domain mudah dan layanan hosting murah dari kami.

Terima kasih

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *