Jika saat ini Anda suka membaca website atau blog di Internet, pasti Anda sudah tidak asing dengan istilah artikel. Hampir semua tulisan yang dipublikasikan di Internet adalah artikel, yang membedakan hanya jenis artikelnya saja. Bahkan secara tidak sadar Anda saat ini sedang membaca sebuah artikel bersumber dari blog.

Artikel bisa ditulis oleh siapa saja, karena tidak ada larangan untuk menulis artikel kecuali artikel ilmiah yang tidak bisa ditulis oleh sembarang orang. Kebanyakan yang ada di Internet saat ini artikelnya kurang sesuai terutama pada struktur artikel. Masih banyak orang yang menulis sesuka hatinya sendiri, akibatnya artikel yang dibaca bukannya membuat jelas malah membuat bingung pembaca.

Panduan Menulis Artikel
Panduan Menulis Artikel

Untuk itu pada pembahasan kali ini Kami akan memberikan panduan menulis artikel dengan struktur yang benar. Simak saja pembahasannya berikut ini.

Pengertian Artikel

Artikel adalah karangan dari seorang penulis berisi tentang opini dan fakta secara mendalam dengan panjang tertentu dan dipublikasikan pada media cetak maupun media online. Contoh mudahnya Anda bisa menemui artikel pada media koran, majalah, buletin, website, blog, portal berita, media sosial dan sebagainnya.

Sekarang ini Anda perlu berhati-hati karena banyak bertebaran artikel-artikel yang isinya hoax. Anda jangan percaya sepenuhnya pada artikel yang bersumber dari share sosial media atau website yang kurang kredibel, karena kebanyakan berisi hoax untuk membuat adu domba dan sekedar mencari traffik saja.

Untuk itu Anda perlu mengetahui struktur artikel dengan melihat beberapa ciri-ciri artikel itu baik dan bisa dipertanggung jawabkan.

Ciri Artikel

Untuk mengetahui bahwa suatu tulisan termasuk dalam artikel atau tidak, Anda bisa melihat dari beberapa ciri-ciri berikut ini:

  • Isinya bersumber dari fakta yang sebenarnya
  • Isinya berupa karya tulis yang padat, singkat, jelas, bahasanya tuntas dan tidak berbelit-belit.
  • Artikel hasil tulisan manusia dan original bukan hasil copy paste
  • Bersifat faktual karena sumbernya jelas
  • Isinya bisa berupa pengetahuan, informasi, peristiwa, hasil riset dan hasil penemuan lainnya
  • Sesuai dengan kebutuhan pembaca

Struktur Artikel

Struktur artikel
Struktur artikel

Dalam artikel, ada urutan struktur yang benar mulai dari judul sampai penutup. Nah untuk jelasnya silahkan lihat pembahasan dibawah ini:

  1.   Judul artikel

Struktur penulisan artikel yang pertama adalah judul. Bagian judul menjadi salah satu hal yang krusial, tidak boleh asal dan harus menggambarkan isi keseluruhan dari artikel yang dibuat. Untuk keperluan SEO, judul yang dibuat Anda harus mengandung kata kunci yang ditargetkan.

Biasanya orang akan tertarik membaca suatu artikel berawal dari judul yang menarik. Untuk itu buatlah judul yang menarik dengan mengandung call to action dan hindari menggunakan judul yang clickbait sehingga membuat pembaca kecewa.

  1.   Pembukaan artikel

Struktur artikel kedua adalah bagian pembukaan. Pada bagian pembukaan ini memiliki fungsi sebagai pembahasan awal mendasar sebelum masuk ke struktur lainnya. Biasanya bagian pembuka berada pada paragraf pertama suatu artikel. Pada bagian ini berisi uraian narasi, peristiwa, pernyataan, kutipan dan lainnya.

Ada dua teknik yang bisa Anda gunakan dalam menulis artikel yang baik yaitu secara deduktif dan induktif. Artikel deduktif adalah artikel dengan pembukaan paragraf awal berisi pembahasan yang umum, sebaliknya untuk artikel induktif pada bagian awal paragraf berisi pembahasan secara khusus.

Jika artikel Anda memiliki jumlah kata yang banyak, maka lebih baik menggunakan teknik deduktif, tetapi jika pembahasannya tidak terlalu panjang maka bisa memilih artikel teknik induktif.

  1.   Leher artikel

Struktur artikel nomor 3 adalah bagian leher atau bisa disebut juga bridge atau jembatan. Bagian ini memiliki fungsi yang penting untuk menyambungkan bagian awal pembukaan dengan isi dari artikel.

Jika Anda kurang baik dalam membuat bagian leher ini pembaca akan langsung pergi tidak melanjutkan membaca sehingga terjadi bounce rate. Letak bagian leher berada persis setelah pembukaan artikel.

  1.   Isi artikel

Struktur artikel keempat ini adalah yang paling penting. Bagian isi atau body artikel inilah yang berisi tentang pembahasan dari suatu artikel. Pembahasannya juga lebih detail dan lengkap sesuai dengan kebutuhan pembaca dan tidak boleh keluar dari topik utama. Jika Anda menggunakan website,

Anda bisa mengetahui seberapa bagus artikel tersebut dari durasi membaca pengunjung website, semakin lama berarti artikel Anda berkualitas sehingga efeknya peringkat website bisa meningkat pada hasil pencarian Google.

  1.   Penutup

Nah struktur yang terakhir adalah bagian kesimpulan. Bagian ini isinya kesimpulan dari bahasan inti artikel dan rangkuman artikel secara lengkap. Bagian penutup ini biasanya terletak pada paragraf bagian paling bawah dari artikel.

Penerapan struktur artikel seperti diatas bisa Anda terapkan untuk keperluan artikel apa saja, termasuk artikel untuk keperluan blog. Tinggal dimainkan saja pada kata kunci yang sedang ditarget dengan memasukkannya dalam pembahasan artikel, tetapi ingat cukup mengulanginya beberapa kali saja jangan terlalu banyak memasukan kata kunci.

Perlu diketahui bahwa Qwords saat ini terus berupaya untuk memberikan edukasi kepada semua pembaca setia blog dengan artikel-artikel terbaru. Jangan lupa untuk melakukan subscribe email Anda dan dapatkan potongan cashback ekstra untuk pembelian hosting terbaik dari Kami.

Terima kasih

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *