Sering kali dalam menjalankan pekerjaan, Anda merasa disibukkan namun pekerjaan yang dikerjakan seakan-akan tidak kunjung selesai. Jika mengalami hal tersebut, mungkin Anda belum produktif. Untuk mengetahui mengenai produktivitas kerja, indikator, dan bagaimana cara meningkatkannya, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

Pengertian Produktivitas Kerja

Bekerja team
Bekerja team

Produktivitas dalam pekerjaan mengacu pada kemampuan seseorang dalam menghasilkan lebih banyak tugas atau pekerjaan daripada ukuran normal atau standarnya. Secara teknis, pengertian mengenai produktivitas yaitu suatu perbandingan antara sumber daya yang dibutuhkan (input) dengan hasil yang diperoleh atau dicapai (output).

Ada dua dimensi produktivitas kerja yaitu efektivitas dan efisiensi. Efektivitas kerja mengarah pada pencapaian cara kerja yang maksimal, baik secara ketepatan waktu, kualitas, dan kuantitas. Sementara itu, efisiensi mengarah pada upaya membandingkan antara input dengan realisasi pekerjaan yang dilakukan.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja seperti pengetahuan, keterampilan, tingkat penghasilan, sikap dan etika kerja, motivasi, tingkat sosial (iklim kerja), teknologi, jaminan sosial, kesehatan, produksi, dan hubungan individu itu sendiri.

Indikator Produktivitas Kerja

Seseorang dapat dikatakan sebagai individu yang produktif jika menunjukkan beberapa hal yaitu sebagai berikut.

  • Memiliki tindakan yang membangun (konstruktif) dan bertanggung jawab.
  • Memiliki rasa percaya diri yang baik.
  • Mencintai pekerjaan, dedikasi, dan loyalitas.
  • Memiliki visi atau tujuan ke depan.
  • Mampu dan mudah menyesuaikan diri (beradaptasi) dengan lingkungan pekerjaan yang berubah-ubah
  • Memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah (problem solver) yang baik.
  • Memiliki tekad dan kekuatan untuk mewujudkan potensi yang dimiliki sehingga mampu mengembangkan diri.
  • Memiliki kontribusi yang positif (kreatif, inovatif, dan imajinatif) terhadap lingkungannya.

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

Produktivitas Kerja
Produktivitas Kerja

Cara mengukur produktivitas kerja yaitu apabila seseorang mampu menghasilkan suatu barang atau jasa dalam waktu yang tepat atau terbilang singkat. Ada 3 tolok ukur yang digunakan untuk mengukur produktivitas yaitu kuantitas (hasil yang dicapai), kualitas (mutu produk yang dihasilkan oleh karyawan), dan ketepatan waktu.

Pengukuran produktivitas pada pekerja juga memiliki beberapa manfaat yaitu sebagai evaluasi. Dengan adanya evaluasi, perusahaan dapat melakukan perbaikan secara efektif seperti perbaikan dan pembaharuan cara kerja, serta memberikan informasi bagi perusahaan terkait perkembangan produktivitas dari waktu ke waktu.

Jika Anda merasa kurang produktif dibanding rekan kerja, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini untuk meningkatkan produktivitas dalam bekerja.

  1.   Menyusun Rencana Kerja

Jika selama ini Anda tidak pernah menyusun rencana dalam menjalankan pekerjaan, mulai sekarang biasakan diri untuk merencanakan agenda pekerjaan. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh gambaran pekerjaan apa saja yang akan dan harus dikerjakan selama seminggu ke depan, sehingga membantu Anda untuk lebih produktif.

Baca juga : Tips Kerja Remote

  1.   Memperkirakan Waktu

Tujuan dari penyusunan rencana kerja adalah Anda dapat memperkirakan waktu dan menyusun strategi untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Sebagai contoh, Anda memerlukan waktu sekitar 3 jam untuk menyelesaikan tugas A dan 1 jam untuk menyelesaikan tugas B. Anda bisa menyusun strategi untuk menyelesaikan kedua tugas tersebut dalam waktu kurang dari 4 jam.

  1.   Fokus pada Tugas Terpenting

Sebagai pekerja atau karyawan, Anda tentu memiliki banyak pekerjaan yang harus diselesaikan setiap harinya. Anda mungkin akan merasa stress dan bingung harus menyelesaikan pekerjaan yang mana dulu. Agar Anda tidak terbebani dan bisa lebih produktif, mulai sekarang fokuslah pada penyelesaian pekerjaan dengan mengelompokkan pekerjaan berdasarkan tingkat kepentingannya terlebih dahulu,

Setelah itu, Anda bisa mulai mengerjakan 3 tugas terpenting seawal mungkin, mulai pukul 08.00 hingga pukul 11.30. Pada jam tersebut, konsentrasi dan stamina Anda masih baik, sehingga tugas yang sangat penting dapat segera terselesaikan. Jika sudah selesai, Anda bisa fokus untuk melanjutkan pekerjaan lainnya.

  1.   Menghilangkan Gangguan

Sering kali Anda merasa tidak produktif karena adanya beberapa gangguan yang bisa membuat Anda kurang fokus dan berkonsentrasi. Anda bisa melakukan beberapa cara untuk meminimalisir gangguan seperti mematikan koneksi internet ke PC atau laptop yang Anda gunakan, mematikan dering ponsel (silent), dan menjadwal ulang rapat atau kegiatan yang kurang penting.

Anda juga bisa menghindari rekan kerja yang malas, karena biasanya rasa malas akan menular. Rekan kerja yang malas biasanya banyak mengajak bicara hal-hal yang kurang penting, sehingga mengacaukan konsentrasi dan fokus.

  1.   Melakukan Evaluasi Mingguan

Untuk meningkatkan produktivitas, Anda juga bisa melakukan evaluasi atau kaji ulang mingguan (weekly review) yang bertujuan untuk membandingkan pekerjaan yang sudah terselesaikan dengan target atau rencana pekerjaan. Dengan melakukan evaluasi, Anda bisa mengetahui penyebab target pekerjaan belum bisa terselesaikan atau tercapai.

  1.   Olahraga Teratur

Stamina yang baik akan membantu meningkatkan produktivitas Anda dalam menyelesaikan pekerjaan. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk melakukan olahraga secara rutin dan teratur. Dengan berolahraga, tubuh yang lelah akibat tekanan pekerjaan dapat terpulihkan. Tidak perlu olahraga yang berat, Anda bisa melakukan aktivitas olahraga ringan seperti jogging atau jalan kaki minimal 30 menit.

Baca juga : Ide Kerja Dari Rumah Tanpa Modal

Penjelasan di atas dapat Anda jadikan sebagai referensi dan tambahan pengetahuan untuk membantu Anda lebih produktif. Anda juga memerlukan strategi tertentu untuk meningkatkan produktivitas kerja, maka tidak ada salahnya Anda mencoba cara-cara tersebut.

Jika pekerjaan Anda berhubungan dengan Internet, jangan lupa untuk selalu menjaga keamanan semua data pekerjaan. Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan VPN (Virtual Private Network). VPN memungkinkan pengiriman data secara secara aman dengan enkripsi khusus, sehingga hacker tidak akan bisa membobolnya.

Nah bagaimana tertarik dengan VPN? Langsung saja membuka website Qwords dan temukan layanan VPN Indonesia Murah dari kami.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *