Manajemen merupakan salah satu kegiatan penting yang dibutuhkan oleh banyak orang dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya orang saja, mulai dari bisnis skala kecil sampai besar pun membutuhkan manajemen yang benar untuk memastikan semua kegiatan agar terkontrol dan terlaksana dengan baik.

Untuk Anda yang memiliki peran mengawasi semua kegiatan dalam suatu bisnis, pasti dituntut untuk bisa mengelola semuanya dengan baik dan benar mulai dari awal sampai proses pelaporan. Oleh karena itu untuk bisa mengolah semua data-data yang ada, Anda perlu menggunakan sistem informasi manajemen. Laluapa itu sistem informasi manajemen?

Sistem Informasi Manajemen

Mengenal Sistem Informasi Manajemen
Mengenal Sistem Informasi Manajemen

SIM atau Sistem informasi manajemen adalah suatu sistem berbasis computer yang terintegrasi antara manusia dengan mesin sehingga mampu menghasilkan informasi yang menunjang jalannya operasional, manajemen dan pengambilan keputusan dalam bisnis. Singkatnya, Sistem Informasi Manajemen adalah data diperoleh kemudian dianalisa dan ditampilkan dalam bentuk report untuk menunjang keputusan bisnis.

Sistem informasi manajemen biasanya berbasis computer dengan menggunakan web-based sehingga bisa diakses oleh banyak user yang memiliki username dan password. Informasi dan data yang masuk dari berbagai sumber akan dianalisa oleh sistem dengan menggunakan rule-rule yang sudah dibuat sebelumnya. Untuk bisa membuat website SIM ini Anda perlu menggunakan server hosting yang mumpuni, karena sistem informasi manajemen terbilang kompleks dan membutuhkan spesifikasi sistem dan space yang besar. Kami memiliki rekomendasi menggunakan layanan VPS Murah dari Qwords.com dengan harga mulai dari 100.000/bulan saja.

Tujuan Sistem Informasi Manajemen

Sistem informasi manajemen dibuat pasti memiliki tujuan, secara simpelnya tujuan utamanya adalah menghasilkan suatu informasi. Perlu diperjelas lagi informasi yang bagaimana, untuk siapa dan untuk apa informasi tersebut dihasilkan? Secara umum sistem informasi manajemen bertujuan menghasilkan informasi yang dibutuhkan oleh berbagai pihak yang berkepentingan dalam suatu bisnis sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.

Contoh Sistem Informasi Manajemen
Contoh Sistem Informasi Manajemen

Secara teknis, sistem informasi manajemen memiliki 3 tujuan utama, berikut pembahasannya:

  • Pengumpulan data

SIM dibuat bertujuan untuk mengumpulkan semua data-data yang memiliki pengaruh pada suatu bisnis. Semua data dari kegiatan internal dan eksternal bisnis seperti pemasukan, pengeluaran, transaksi, operasional, kegiatan dan semua yang ada kaitannya dengan bisnis.

  • Pengolahan data

Semua data yang diperoleh dari internal maupun eksternal kemudian diproses menjadi informasi. Data yang diolah setelah terkumpul dilakukan seleksi data, pengelompokan data dan perhitungan data sehingga muncul data akhir yang nantinya menjadi informasi yang berguna untuk kepentingan bisnis.

  • Penyajian informasi

Informasi yang dihasilkan dari proses awal pengumpulan data kemudian pengolahan data harus diberikan kepada orang yang membutuhkan data tersebut untuk kepentingan bisnisnya. Dalam penyampaian informasi juga harus disajikan dengan baik dan mudah difahami agar semua informasi tersampaikan dengan jelas.

Baca juga : Contoh Bisnis Plan

Manfaat Sistem Informasi Manajemen

Jika saat ini bisnis Anda belum memiliki sistem informasi manajemen, maka Anda akan kehilangan beberapa manfaat yang dimiliki sistem informasi manajemen. Lalu apa saja manfaat yang dimiliki dari sistem informasi manajemen? Berikut pembahasannya:

  • Meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam bisnis
  • Memudahkan kepada pihak manajemen untuk melakukan tugas perencanaan, pengarahan, pengawasan, pendelegasian kerja kepada semua bagian dalam suatu bisnis.
  • Meningkatkan sumber daya manusia (SDM) karena secara sistem sudah berjalan dengan baik.
  • Menekan pengeluaran biaya dalam bisnis.
  • Meningkatkan produktivitas dalam bekerja.

Contoh Sistem Informasi Manajemen

Beberapa dari Anda mungkin ada yang belum tahu contoh penerapan sistem informasi manajemen seperti apa saja. Agar lebih jelasnya kami akan memberikan beberapa contoh sistem informasi manajemen yang sering dipakai dalam bisnis, berikut contohnya :

1. Decision Support System (DSS)

Decision Support System
Decision Support System

Sistem ini akan membantu seorang atasan dalam mengambil suatu keputusan. Yang perlu diketahui bahwa DSS ini tidak mengantikan tugas seorang atasan, hanya menjadi salah satu tool penunjang saja untuk pemgambilan keputusan.

2. Informatic Management System (IMS)

IMS adalah suatu aplikasi berbasis komputer yang menyajikan informasi dengan mengambil informasi bersumber dari beberapa database. Informasi yang dihasilkan dari IMS ini lebih lengkap dengan merangkum semua data serta informasi yang sudah dipilih sehingga bisa dijadikan dalam membantu pengambilan keputusan.

3. Transaction Processing System (TPS)

TPS adalah sistem informasi yang dikembangkan untuk melakukan pemrosesan data-data dengan jumlah transaksi yang besar. Contoh penerapan sistem TPS ini adalah inventaris bisnis, transaksi pembelian, pembayaran gaji karyawan dan transaksi lainnya.

Kesimpulan

Dalam dunia bisnis saat ini, penerapan sistem informasi manajemen adalah suatu hal yang penting. Dalam prakteknya semua sistem informasi manajemen sudah berbasis computer dan ada juga yang sudah support web based. Untuk Anda yang membutuhkan domain hosting untuk keperluan website bisnis Anda, kami memiliki rekomendasi layanan Web Hosting Indonesia Terbaik dari Qwords. Tunggu apalagi, pesan sekarang dan onlinekan bisnis Anda dengan website.  

Terima kasih

2 Replies to “Mengenal Sistem Informasi Manajemen Dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *